Modifikasi Vario 110, skutik racing hi-tech yang cantik mempesona.

Konsep dari variasi dan desain modifikasi Vario 110 ini tampak direncanakan dengan matang dari berbagai segi nya.  Modifikasi yang tidak hanya memperhatikan tampilan luar ,tetapi juga performa mesin nya,  Logo honda yang dipasang terlihat begitu pas dengan desain bentuk motor secara keseluruhan. Ini menunjukan kecermatan dalam konsep. Tema merah putih yang hidup dan memberikan kesan hi-tech menjadikan motor ini tampil menonjol dibandingkan dengan skuter matik yang sering kita jumpai sehari-hari.

 

Proporsi bentuk yang baik dan seimbang tampak menjadi kelebihan utama dari konsep modifikasi nya. Keserasian proporsi ini menampilkan bentuk yang tampak benar-benar  meyatu dengan balance estetik yang jempolan. Selain itu Setiap komponen motor tampak benar-benar diperhatikan keserasian nya satu sama lain dan juga dengan bentuk akhir secara keseluruhan. Modifikasi jok double seater juga terlihat pas dan serasi serta  memberikan nilai estetik yang  pasti akan menarik perhatian para peminat otomotif, khususnya modifikasi dan variasi skutik di tanah air.

 

Meskipun dengan kapasitas mesin yang relatif kecil, motor ini tampil dengan bentuk aerodinamis dan menjanjikan  dalam hal performa sekaligus kenyamanan yang berkendara yang tinggi. Terlebih lagi dengan desain body cover dan foot step nya yang tampak menunjukan  kesan hi-end. Skutik memang akan cenderung mengadopsi desain hi-tech atau skutik racing yang berbeda dengan motor manual.

 

Skutik racing dan sekaligus touring tamkpaknya cocok disebut sebagai konsep desain dari modifikasi ini. Terlihat dari bentuknya yang sangat aerodinamis dan diperhitungkan setiap sudutnya. Stang jepit yang dipasang selain bentuknya yang sangat unik juga memberi poin lebih ketika manuver menghindari rintangan atau hambatan di jalanan.

 

Ukuran roda depan dan belakang, baik itu ukuran ring maupun lebar nya terlihat sangat pas dengan body motor sehingga enak dipandang dan tidak menunjukkan kesan yang berlebihan. Selain itu ban tapak lebar juga memberikan grip yang baik dan memberi keleluasaan untuk manuver- manuver sulit.

 

Warna merah putih tampak sangat serasi dengan dimensi dan desain bentuk motor ini terlihat diperhitungkan dengan matang dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan modifikasi skutik ini.

 

Berikut ini adalah spesifikasi pabrik dari Vario 110 yang menjadi pelopor untuk skutik dengan sistem pendinginan mesin liquid.

Mesin 4 stroke, SOHC
Sistem pendinginan Liquid (cairan)
Kapasitas silinder 108 cc
Jumlah silinder Tunggal
Bore x stroke 50 x 55 mm
Rasio kompresi 10,7:1
Power maksimal 8,99 PS / 8,000 rpm
Torsi maksimal 0,86 kgf.m / 6,500
Starter Elektrik dan kick starter
Kapasitas oli mesin 0,7 liter
Sistem bahan bakar Karburator (VK22x1)
Kopling Otomatis.
Transmisi Otomatis, V-belt
Dimensi 189,7 x 68 x 108,3 cm
Jarak sumbu roda 127,3 cm
Jarak terendah ke tanah 13,25 cm
Tinggi tempat duduk 75,8 cm
Berat kendaraan 99,9 kg (SW), 99,3 kg (CW)
Kapasitas tangki 3,6 liter
Tipe rangka Backbone
Suspensi Teleskopik swingarm dengan  Monoshock
Ukuran ban 80/90-14 40P (depan),

90/90-14 46P (belakang)

Rem Cakram hidrolik 190 mm,

tromol (belakang)

Sistem pengapian DC-CDI
Accu 12V-3.5 Ah
Busi ND U22FER9 / NGK CR7EH9

 

Mesin standard vario 110 yang relatif kecil ternyata tidak menjadi penghalang bagi sebuah modifikasi yang berhasil. Terbukti dengan variasi dan modifikasi skutik ini. Memang keberhasilan suatu modifikasi tidak tergantung pada besar kecilnya kapasitas mesin tetapi lebih ditentukan oleh konsep desain dari modifikasi nya.

 

Rangka body masih tetap standard dan tidak mengalami perubahan. Modifikasi hanya dilakukan pada body cover. Modifikasi full body cover dengan konsep desain yang utuh dan tampak clean and clear dan mewah.

 

Setang lebar custom jepit selain memberikan kemudahan dalam manuver-manuver sulit di jalanan, juga mempunyai desain yang tampilan yang canggih. Selain itu setang ini juga dilengkapi dengan grip setang Monster yang nyaman dan terasa enak di telapak tangan.

 

Untuk set lampu, dipasang custom projie led yang selain mempunyai desain yang modern dan berkelas, juga memberikan penerangan yang sangat layak dan memberikan keamanan maksimal untuk mereka yang sering berkendara dimalam hari.

 

Fork combiz dengan suspensi prima menambah kemewahan yang ditawarkan motor ini pada pengendara nya. Untuk suspensi belakang digunakan custom monoshock yang menambah kenyamanan pengendara khususnya penumpang. Sebagai catatan system suspensi yang baik akan sangat mendukung fungsi rem sehingga akan memberikan efek rem yang lebih sempurna.

 

Spedometer Koso tampil simpel dan sederhana, meskipun demikian disain minimalis nya tampak berkelas dengan tangki custom kotak alum dibuat menyatu dengan body. Selain itu jok custom double seater yang dibuat split level memberikan detail yang menambah daya tarik dari motor ini. Tak lupa pula footstep custom acrilic mewah yang menyatu tampil dengan kesan tersendiri

 

Kenalpot custom double trap memberikan system exhaust yang maksimal sehingga gas buang akan lebih cepat dan mudah untuk dikeluarkan. Hal ini pada akhirnya akan sangat berpengaruh untuk  mengoptimalkan performa dan akselerasi mesin vario ini.

 

Front dan rear mud guard custom fiber minimalis selain berfungsi dengan maksimal juga mempunyai bentuk satu sama lain dengan harmonis.

 

Velg custom yang lebar memberikan tampilan visual yang kokoh dan meyakinkan. Velg ini dipasangkan dengan ban swallow 160/60 dn 150/60 r 14 yang mempunyai grip maksimal untuk keamanan dan kenyamanan dalam manuver skutik ini. Grip yang baik menjadi hal yang sangat penting ketika menikung dengan kecepatan tinggi.

 

Kecepatan yang tinggi mutlak didukung oleh system rem yang dapat diandalkan. Untuk itu rem depan djouble cakram dan rem belakang custom cakram dipasang untuk menjamin keamanan dan standard safety yang tinggi pada motor ini.

 

Warna putih dengan cat striping merah yang menonjolkan merk honda berhasil ditampilkan dengan sederhana tapi memberikan efek yang maksimal. Selain itu audio video yang disediakan pada  motor ini menampilkan kemewahan tersendiri yang tidak dijumpai pada motor-motor lain,

 

Meskipun bergaya racing, skutik ini akan terasa nyaman pula untuk aktifitas turing. Posisi duduk yang tegak dan rileks akan memberikan kenyamanan berkendara yang tidak melelahkan sehingga cocok untuk perjalanan jauh. Jok penumpang yang lebih tinggi memberikan pandangan yang lebih luas dan leluasa.

 

Skutik matik awalnya memang di desain sebagai alat transportasi sehari-hari yang praktis dipakai untuk aktifitas dalam kota.  Namun konsep desain dari modifikasi ini tampak memberikan keunggulan tersendiri  pada motor Vario 110 ini. Hasil akhirnya adalah sebuah skutik dengan performa maksimal dengan penampilan yang memukau. Selain itu modifikasi ini juga mempersiapkan Vario 110 ini  untuk sebuah touring yang menyenangkan. Modifikasi dari Andre Joker, workshop variasi dan modifikasi di Bandung  ini memang layak mendapat acungan jempol.