Suzuki GS 500 black gold yang gagah dan jantan tampil dengan gaya klasik kekinian.

Modifikasi yang dilakukan pada Jok dan body cover mampu mengembalikan motor modern ini ke gaya klasik yang sudah sangat populer dikalangan para pencinta motor custom tanah air. Rangka mesin yang jadi ciri khas suzuki ini tetap dipertahankan dan tampak sangat serasi dengan tangki bensin yang menjadi ciri khas motor ini.

 

Fork dengan warna gold memberi kesan muscular pada kuda besi bertenaga besar ini. Warna yang disesuaikan dengan tangki bensin dan body cover samping nya kontras dengan jok yang berwarna khas retro. Perpaduan warna gold, hitam dan coklat tampak berpadu dengan baik dan menunjukan desain yang matang.

 

Ban yang siap off road dan stang lebar menjadikan motor ini cocok untuk digolongkan menjadi motor segala medan, demikian pula cover body samping nya. Rantai body berwarna keemasan menjadi aksen cantik dibagian bawah dari motor ini.

 

Modifikasi yang satu ini punya kekhasan unik yang tidak dimiliki motor custom lain. Hal ini menjadikan nya menonjol diantara motor-motor custom lainnya. Pertama sekali mesin 500 cc yang jadi penggerak motor ini  memberikan dimensi yang relatif besar dan menjadikannya tampil berbeda. Selain itu jok Japs style nya dengan cepat akan menarik perhatian kita dan tampak kontras dengan tangki bensin nya yang tampil dengan desain modern.

 

Memandang ke bawah kita akan terpesona oleh ban tapak lebar of road yang memberikan kesan gagah dan sporty. Ban belakang yang dominan tidak dapat dipisahkan dari konsep desain modifikasi motor ini secara keseluruhan.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Suzuki Gs 500.

 

 Manufacturer    Suzuki    
 Model Year    2009    
 Model    GS500F    
   
DIMENSI    
 Length    81.9 in. (2,080 mm)    
 Height    45.3 in. (1,150 mm)    
 Width    31.5 in. (800 mm)    
 Weight    439 lbs. (199 kg)    
 Ground Clearance    4.7 in. (120 mm)    
 
 Wheelbase    55.3 in. (1,405 mm)    
 Seat Height    31.1 in. (790 mm)    
 
MESIN    
 Engine    4-stroke, DOHC    
 Displacement    487 cc (29.7 ci)    
 Bore x Stroke    2.91 x 2.23 in. (74 x 56.6 mm)    
 Compression Ratio    9:1    
 Fuel System    BSR34, twin    
 Fuel Capacity    5.3 gal. (20 l)    
 Ignition    Electronic, transistorized    
 
 Cooling    Air    
 Lubrication    Wet sump    
 
 DRIVETRAIN    
 Transmission    6-speed constant mesh    
 Final Drive    D.I.D. 520VM, 110 links    
 Brakes    Front & Rear: Disc    
 Tires    Front: 110/70-17M/C (54H) tubeless
Rear: 130/70-17M/C (62H) tubeless
   
 
OPERASIONAL    
 Suspension    Front: Telescopic, coil spring, oil damped
Rear: Link type, coil spring, oil damped
   
LAIN LAIN    
 Colors    Two-tone Blue / Black, Black  

 

 

Mesin Suzuki GS 500 dengan warna hitam yang tampil bersahaja tapi penuh pesona. Warna mesin yang dibuat sama dengan rangka, dan ban menjadi base atau bagian bawah dari konsep black gold. Untuk rangka body, tetap orisinil dengan sedikit perubahan pada bagian jok dan body cover samping.

 

Setang lebar yang berkesan scrambler sesuai dengan medan off road yang akan ditempuhnya. Setang lebar juga akan sangat membantu pada saat motor ini menghindari kepadatan lalu lintas di jalan raya maupun rintangan off road.

 

Grip setang dengan warna coklat sesuai dengan jok bernuansa klasik juga menjadi aksen tersendiri pada motor ini. Grip setang yang nyaman selain akan langsung terasa di telapak tangan kita juga menjadi komponen penting dan tidak bisa disepelekan.

 

Fork menjamin suspensi depan yang nyaman, dengan tampilan kekar yang meyakinkan. Monoshock yang menjadi ciri khas motor-motor modern juga mengesankan perpaduan serasi antara gaya klasik dan modern yang dipadukan dengan baik

 

Set Lampu dipilih set lampu bergaya vintage yang memang menjadi tema dari modifikasi yang dilakukan. Head lamp bulat dengan led nya menjadikan lampu ini seperti sebuah perpaduan antara gaya klasik dan modern yang menyatu. Demikian pula Spedometer bernuansa retro digital menampilkan nuansa hi-tech yang mengesankan.

 

Tangki orisinil Suzuki Gs 500 yang mempertahankan bentuk asli motor ini tampil beda dengan warna gold yang berkesan mewah kekinian. Tangki bensin, fork dan body cover menjadi bagian atas dan depan dalam konfigurasi bentuk motor secara keseluruhan. Dengan demikian akan terlihat pemisahan yang tegas antara gold di bagian atas dan black di bagian bawahnya. Footstep kombinasi chrome dan hitam juga terlihat memberikan kemewahan tersendiri pada penampilannya

 

Jok tipis press waterproof dengan warna khas retro menjadi juga komponen penting dan sangat menentukan dalam konsep desain modifikasi motor ini.

 

Muffler knalpot yang pendek horizontal terlihat menerus dengan garis diagonal tangki dan side guard yang dominan. Komponen dominan ini diberi warna hitam untuk tetap menonjolkan bentuk tangki bensin yang memang khas Suzuki

 

Mud guard depan yang tampil minimalis berkesan sedikit bobber terbuat dari plat tebal sehingga tampak kokoh meyakinkan dan sama sekali tidak ketinggalan jaman. Mud guard ini dipadukan dengan tidy tail yang sifatnya hanya dekoratif dan menjadi tampat plat nomer tapi tetap menunjukan sentuhan tersendiri.

 

Velg dan ban belakang dibuat lebih besar dari velg dan ban depan. Tampak ada sentuhan gaya racing di situ. Sentuhan yang tidak berlebihan dan bahkan meningkatkan penampilan motor secara keseluruhan. Sentuhan racing ini juga menunjang tampilan caffe racer yang terlihat dari jok motor ini.

 

Rem cakram depan belakang menjamin keamanan berkendara diatas mesin bertenaga. Rem ini tampak menjadi tuntutan aspek safety yang sama sekali tidak dapat dianggap remeh.

 

Warna yang dipilih benar-benar menunjang penampilan motor dan mendudukannya pada kelas tersendiri. Warna gold memberi kesan mewah dan modern yang kontras dengan warna hitam. Black gold kekar yang jantan dan gagah memberikan kharisma tersendiri pada motor ini.

 

Warna memang merupakan sentuhan akhir yang menentukan dalam suatu modifikasi dan sebaiknya dipertimbangkan sejak awal pengerjaan suatu proyek modifikasi. Warna yang dibuat selaras dengan konfigurasi bentuk keseluruhan akan memberikan efek dan nuansa yang akan sangat terasa pada hasil akhir nya. Kesan yang tampil akan terasa menyatu dan memang menjadi bagian yang utuh dari sebuah konsep desain yang matang. Seperti contohnya pada motor ini, pemisahan yang tegas antara bagian atas yang berwarna gold dan bagian bawah yang berwarna hitam.

 

Konsep desain modifikasi nya sendiri terlihat memadukan unsur-unsur retro dengan desain awal Suzuki yang modern dan menonjolkan segi hi tech dalam konsepnya. Lebih jauh lagi perpaduan unsur-unsur modern dengan klasik memerlukan kecermatan dan pemahaman desain yang tinggi. Dengan kata lain dapat disebutkan bahwa konsep desain modifikasi segi engineering sejak awal sudah mempertimbangkan segi estetik termasuk komposisi warna yang akan dipakai.

 

Hasil akhirnya tampak sebagai modifikasi yang utuh dan merupakan kesatuan yang telah memikirkan secara mendetail segala sesuatunya. Konsep desain yang matang dan terencana dengan baik memang akan memberikan hasil yang memuaskan dan bernilai ekonomis tinggi.