Yamaha R25 Facelift modifikasi by Abbys performance tuning

Sekilas penampilan racing yang meyakinkan terpancar dari motor ini. Dan bila dicermati ternyata bukan hanya penampilan nya yang racing. Performa mesin dan kelengkapan motor ini memang benar-benar dipersiapkan untuk balap oleh Abbys performance tuning.

 

Modifikasi motor-motor balap memang berbeda sifat dan tujuan nya dari modifikasi motor-motor custom. Pada motor balap tujuan akhir dari modifikasi adalah meningkatkan dan memaksimalkan performa mesin dengan seluruh kelengkapan penunjang nya.

 

Hal pertama yang akan sangat mendapat perhatian setelah performa mesin adalah performa rem yang harus benar-benar dapat diandalkan. Untuk itu hampir semua yang berkaitan dengan sistem rem termasuk suspensi dan ban akan sangat mempengaruhi performa motor secara keseluruhan.

 

Selain itu throtle dan clutch sistem juga tidak kalah pentingnya. Dalam sebuah balapan kecepatan akselerasi dan perpindahan gigi akan mengumpulkan detik demi detik waktu dalam balapan yang pada akhirnya akan membedakan antar pemenang dan yang tertinggal.

 

Hal lain lagi yang mendapat perhatian utama tentu saja adalah segi aerodinamis dari motor balap. Fairing yang dipasang disini sama sekali bukan untuk keindahan bentuk semata. Setiap lekuknya telah diperhitungkan untuk dapat mengurangi hambatan udara bagi laju motor ini di sirkuit. Intinya, setelah performa mesin yang termasuk didalamnya daya, maping fuel dan exhaust sistem yang optimal didapatkan, maka langkah selanjutnya adalah mensiasati hambatan dari luar yaitu udara sehingga motor ini dapat melesat dengan lebih cepat lagi.

 

Yang juga harus diperhatikan adalah sistem keamanan atau safety untuk hal hal yang tidak terduga yang mungkin saja dapat terjadi selama balapan seperti misalnya bahaya akibat bersenggolan ataupun jatuh disirkuit. Berbagai aksesoris dipasang untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi ketika balapan.

 

Berbeda dengan motor custom yang terutama ditujukan untuk mendapatkan penampilan bentuk dan kesan yang diinginkan, modifikasi motor balap khusus ditujukan untuk mendapatkan performa dan kecepatan yang maksimal yang mungkin dicapai dengan daya mesin yang dimiliki.

 

Meskipun demikian kecepatan tidak hanya tergantung dari daya mesin yang dimiliki, tetapi banyak faktor-faktor lain yang harus dipehatikan dan akan sangat berpengaruh pada kecepatan motor-motor racing ini di sirkuit balap.

 

Posisi dalam sebuah balapan akan juga ditentukan oleh akselerasi yang tergantung pada semua sistem penunjang performa. Sistem yang dimaksud termasuk didalamnya adalah sistem throtle, kopling, exhaust, brake, dan aerodinamis. Tidak lupa juga posisi duduk pengendara yang berbeda untuk setiap pembalap karena berkaitan dengan titik berat dan kenyamanan pembalap sehingga ia dapat melewati semua hambatan dan tantangan di sirkuit ketika balapan.

 

Spesifikasi Pabrik dari Yamah R25 adalah sebagai berikut

 

Tipe Liquid cooled

4-stroke, DOHC, Inline

2-cylinder

Kapasitas 250 cc
Daya Maksimum 26,5 kW / 12000 rpm
Torsi Maksimum 22.6 Nm / 10000 rpm
Bore × Stroke 60,0 x 44,1 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Starter Elektrik
Tipe Transmsi 6-speed

 

Panjang 2090 mm
Lebar 720 mm
Tinggi 1135 mm
Berat 166 kg
Kapasitas Tangki 14 liter
Tinggi  Tempat Duduk 780 mm
Jarak Sumbu Roda 1380 mm
Ground Clearance 160 mm

 

Electrical
Indicator Light Yes
Adjustable Headlights Yes
Battery Voltage 12 V
Head Lamp LED
Tail Lamp LED
Accessory Outlet No

 

Chassis & Suspension
Side Wings Yes
Seat Type Dual Stepped
Body Frame Type Diamond
Chrome Garnish No

 

Safety & Security
ABS No
Pass Switch Yes
Riding Modes Sport, Road
Engine Check Warning Yes

 

Console
Odometer Digital
Fuel Gauge Digital
Tachometer Yes
Tripmeter Yes
Speedometer Digital
Navigator No

 

Brake
Front Brake Disc
Rear Brake Disc

 

Mesin Yamaha R25 Facelift modifikasi by Abbys performance tuning

 

Brembo master pump. Brembo 4p1p caliper, dan Brembo smoke recervoir, Accossato cluth perch dipasang pada sistem  rem dan kopling nya, juga Project one by HEL brake hose. Komponen ini dipasang untuk mendapatkan konfigurasi kopling dan rem yang dapat mengimbang daya dan kecepatan dari motor racing ini.

 

Active EVO2 throtle kit atau biasa kita kenal dengan gas spontan tentu saja menjadi faktor penting bagi sebuah motor balap. Akselerasi yang responsif adalah hal yang menjadi andalan para pembalap dalam menunjukan kebolehan nya di sirkuit.

 

Acerbis X-road lever guard atau cover handle rem dan kopling berfungsi melindungi ketika bersenggolan atau terjatuh. Karena akan sangat berbahaya jika akibat bersenggolan terjadi pengereman mendadak yang tidak diinginkan. Komponen ini meskipun tidak langsung berhubungan dengan performa mesin tetapi sangat berguna dari segi safety yang sudah barang tentu sama sekali tidak dapat disepelekan.

 

Lightech bar end slider berfungsi menahan body dan melindungi fairing ketika motor tejatuh. Komponen ini juga terutama berfungsi sebagai safety yang tidak dapat diabaikan dalam sebuah balap.

 

Ohlin steering damper dengan fungsi sebagai stabilizer pada roda-roda, menjamin kestabilan dari motor dalam kecepatan tinggi. Bekerja seperti suspensi horizontal sehingga getaran yang terjadi ketika menikung atau manuver dalam kecepatan tinggi dapat diredam.

 

Lightech sign lamp dipasang sebagai pelengkap.

 

Untuk winshield dipakai Yamaha genuine Acc visor yang sudah terbukti fungsi dan segi aerodinamisnya oleh Yamaha.

 

R&G rearset  yang dipasang bersifat adjustable sehingga dapat diatur ground clearance dari motor ini. Suatu fitur penting, karena setiap pembalap pada dasarnya berbeda dan mempunyai kecenderungan nya masing masing. Dengan komponen ini dapat dicarikan konfigurasi yang paling optimal dengan postur pembalapnya.

 

Sebagai komponen yang berkaitan dengan safety bagi pembalap digunakan EL coast custom axle slider yang akan melindungi body pembalap maupun motor pada saat terjatuh.

 

Velg motor ini memakai OZ Piega forged wheel,  dan ban depan belakang memakai ban Pirelli Diablo Supercosa 110/70 & 150/60

 

XAM sprocket yang berhubungan langsung dengan rantai  harus terbuat dari bahan yang durable dan tahan gesekan, terutama untuk motor-motor racing.

 

EK SRX Chain dengan kualitas yang tinggi memungkinkan penyaluran gaya ke side plate dengan baik sehingga tegangan rantai dapat terjaga stabil dalam kecepatan tinggi dan perpindahan gigi.

 

Driven Sprocket nut berfungsi melindungi sproket dari benturan saat terjatuh.

 

Abbys performance custom exhaust header menjamin header yang dapat meningkatkan performa mesin dengan maksimal. Mengingat bahwa exhaust header mempunyai pengaruh yang sangat besar pada performa mesin.

 

Dynojet power Comander V memungkinkan untuk melakukan fuel tuning, sehingga dapat dilakukan penyesuaian pada fuel map. Karena modifikasi yang dilakukan yang berkaikaitan dengan tuning mesin pada akhir nya akan menuntut fuel map yang berbeda.

 

Traxx D rear shock menjamin suspensi prima untuk roda belakang.

 

Penampilan dari motor balap full racing ini tampak meyakinkan dan hampir semua komponen nya di sesuaikan untuk mendapatkan kecepatan tertinggi yang mungkin didapatkan untuk motor kelas 250 cc. Untuk performa mesin pun tampaknya motor ini telah mendapat tuning terbaik dari Abbyis untuk siap berlomba di sirkuit.