Modifikasi harmonis yang memadukan Japs style dan brat bobber

Japs Brat bobber, nama cukup panjang yang diberikan pada modifikasi scorpio Sx ini. Tetapi ternyata nama yang panjang ini bukan nama kosong belaka. Modifikasi yang dilakukan  merupakan ramuan kombinasi dari style modifikasi yang sedang trend sejak beberapa tahun terakhir ini. Tampilan hasil akhirnya adalah motor yang berkesan ramah bersahabat, nyaman dipakai dan dan mencerminkan happy life style serta jiwa bebas pengendara nya.

 

Konsep desain modifikasi yang matang terlihat dalam tampilan motor ini. Setiap komponen dibuat dan dipasang dengan pertimbangan estetika yang pas, proporsi yang terjaga dan sama sekali tidak ketinggalan jaman. Tidak berlebihan bila suatu modifikasi sebenarnya adalah sebuah karya yang menggabungkan aspek engineering dengan seni estetika. Tujuan bentuk estetika yang diinginkan dicapai dengan solusi-solusi engineering yang cerdas.

 

Japs style lahir di Jepang setelah perang dunia kedua dimana banyak dilakukan modifikasi pada motor-motor peninggalan perang yang masih dapat berfungsi dengan baik. Modifikasi dilakukan dengan memakai komponen-komponen hasil modifikasi atau dikenal dengan sebutan custom. Gaya ini kemudian populer kembali di tahun-tahun terakhir ini sebagai gaya retro yang sangat digemari dan mempunyai tempat tersendiri dihati para penggemar otomotif.

 

Brat boober style juga lahir di jepang yang terinspirasi oleh bobber style america yang kemudian diberi sentuhan -sentuhan khas yang unik dan menjadi populer ke berbagai penjuru dunia. Boober style ditandai dengan pengurangan atau pemotongan komponen-komponen sehingga motor terlihat lebih ringan dan praktis untuk dipakai sehari-hari.

 

Kedua hal tadi dicoba untuk digabungkan dalam modifikasi motor ini, dan ternyata berhasil melahirkan suatu tampilan yang secara umum berkesan retro yang mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Ciri khas dan keunikan yang membuatnya tampil berbeda dari motor custom lainnya. Konsep desainnya adalah memadukan unsur unsur khas dan menonjol dari masing-masing style dan menggabungkan nya dalam suatu modifikasi yang utuh.

 

Dibawah ini adalah spesifikasi Scorpio Sx keluaran pabrik

 

Mesin  
Mesin 4 langkah, SOHC pendingin udara
Volume 223 cc
Daya 19 PS/8.000 RPM
Torsi 1.86 kgf.m/6.500 RPM
Pengkabutan Karburator MIKUNI BS30 x 1
Transmisi Kopling manual, 5 speed
Dimensi  
PxlxT 2020 x 770 x 1090 mm
Jarak Sumbu 1295 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm
Berat Isi 141 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 – 14 liter
Rangka  
Rangka Double Cradle
Susp. Depan Teleskopik
Susp. Belakang Monocross
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/100-18-47 P
Ban Belakang 100/90-18-56 P
Kelistrikan  
Baterai GM7B-4B
Busi NGK / DP8EA-9
Sistem Pengapian DC-CDI

 

 

Motor ini diperlengkapi dengan dual starter ( kick dan elektrik ) memberi kemudahan bagi pengendaranya sehingga motor ini tidak kalah dengan motor-motor keluaran pabrik. Berbeda dengan motor-motor custom lainnya yan biasanya hanya mengandalkan kick starter. Hal ini menunjukan konsep desain yang matang dan memikirkan berbagai aspeknya selain wujud fisiknya semata.

 

Mesin Scorpio Sx dengan daya yang cukup besar memberikan ketenangan dan kepercayaan diri yang besar bagi pengendara motor ini. Tenaga yang besar ini menjadi nilai tambah yang sangat berarti. Alat transportasi roda dua di daerah-daerah berbukit sangat membutuhkan  kapasitas mesin yang bisa membuatnya leluasa untuk dipakai dalam aktifitas sehari-hari.

 

Rangka body mengalami modifikasi untuk memfasilitasi perubahan-perubahan yang dilakukan pada motor ini. Cover samping custom yang menjadi ciri khas motor gaya retro di desain dengan manis tampak ciamik. Setang ninja hitam hitam lebar dengan posisi diatas membuat motor ini ideal pula untuk touring. Posisi ini akan membuat pengendara  merasa lebih rileks dan santai ketika menempuh perjalanan jauh dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan posisi membungkuk yang umum kita jumpai pada retro style yang terasa kurang menguntungkan untuk berkendara jarak jauh atau untuk dikendarai dalam waktu yang panjang.

 

Grip setang custom bitwell dengan warna yang sama dengan jok menambah keserasian dan terlihat sentuhan detail yang seksama. Tacho meter led hitam berkesan hi-tech menjadi karakter tersendiri pula. Terasa ada sentuhan hi-tech yang seperti memberikan kesegaran pada desain retro ini.

 

Head lamp led 5.75” day maker. Head lamp bulat memang mengikuti pakem dari modifikasi-modifikasi gaya klasik. Stop lamp custom di rear mud guard tampak manis dan secara visual menambah nilai pada tampak belakang motor ini. Demikian pula lampu sein custom acipi yang serasi dengan head lamp dan stop lamp nya.

 

Rem tromol depan belakang vixion chrome memberi keamanan yang memadai. Selain itu penampilan chrome nya tampak sangat baik dan menambah nilai visual yang sangat menonjol pada modifikasi motor ini. Fork orisinil dengan cover custom untuk mengesankan suspensi spring yang mencirikan suspensi motor-motor retro.

 

Schock belakang tabung 340 mm, menjamin suspensi yang nyaman untuk berkendara. Suatu modifikasi yang berhasil memang seharusnya tidak hanya memperhatikan aspek keindahan visual saja, tetapi juga mempertimbangkan faktor kenyamanan bagi pengendara. Selain indah dipandang, motor ini juga memberikan kenyamanan tinggi. Swing arm custom dual shock juga memberikan kenyamanan suspensi yang akan memanjakan pengendara.

 

Tangki custom yang dominan namun harmonis dengan komponen-komponen lainnya. Dimensinya yang besar tidak menjadikan nya terlalu menonjol secara visual, tetapi tampak menyatu dengan baik dalam tampilan keseluruhan motor.

 

jok custom press (waterproof) yang menjadi ciri khas motor-motor Japs style juga terasa nyaman dan comfy. Warna pastel yang dipilihnya juga bernuansa klasik.

 

kenalpot super trap dipasang dengan cukup bersahaja dan tampak manis dan tidak terlalu tampil menonjol. Warna hitam agak menyamarkan nya dengan warna body motor ini.

 

Spakbor dan tail Custom yang minimalis jadi ciri khas gaya bobber. Dengan bahan plat tebal Rear dan front mudguard motor ini tampak kokoh dan bergaya.

 

Velg tapak lebar dengan diameter 17” sengaja diberi warna hitam sehingga roda-roda akan terlihat lebih besar dan menyatu dengan ban nya seperti bobber pada umumnya. Ban depan 400 dan ban belakang 450.

 

Warna dan striping yang dipadukan dengan sederhana dan mempunyai kombinasi yang lembut. Warna hitam yang digabungkan dengan putih dan warna-warna pastel memberi kesan ringan pada motor ini. Kesan ramah bersahabat dan cerah juga terpancar jelas dalam penampilan nya.

 

Penutup

Keunggulan dari modifikasi ini adalah kemampuannya meramu dan menggabungkan style-style yang sedang in dan trending dikalangan pencinta otomotif. Berbagai style yang sudah populer itu kemudian dipadukan dalam sebuah konsep desain yang utuh. Kemampuan memadu padan kan ciri-ciri khas dari style-style yang berbeda memerlukan kreatifitas yang tinggi dan sebenarnya adalah modal utama dalam melahirkan motor-motor custom yang boleh dibilang berhasil.

 

Tentu saja proses kreatif tidak berakhir sampai disini, dan pencarian serta kemungkinan berbagai variasi bentuk akan terus terbuka lebar dan tak akan ada habisnya. Para penggemar motor-motor custom terus mengasah dan menyempurnakan karya-karya nya

 

Foto 5