Inazuma retro gagah dengan penampilan muscle bike dan sentuhan retro yang spoty.

Suzuki inazuma keluaran pabrik tahun 2013 ini adalah motor  naked bike 250 cc yang sporty. Motor yang bisa tergolong keluaran lama ini tapak segar dan diremajakkan kembali melalui modifikasi yang bernuansa retro muscle bike, modifikasi ini dilakukan tanpa menghilangkan kesan sportynya. Selain sporty penampilan motor ini juga tampak kekar dan gagah ala muscle bike yang sesuai dengan tenaganya yang juga sangat boleh dibilang lumayan.

 

Muscle bike tampaknya menjadi konsep dominan modifikasi motor ini. Tangki bensin yang berukuran besar tampak menonjol dan diimbangi oleh head lamp dan rear lamp klasik vintage. Winshield custom carbon yang memberikan kesan modern hi-tech dan galak memberikan nilai tambah dan kesegaran tersendiri pada tampilannya. Dibagian belakang, knalpot kiri dan kanan semakin memperkuat kesan muscle bike yang ditampilkan.

 

Kapasitas mesin yang besar begitu pula ukuran nya menjadikan konsep desain sebuah muscle bike yang kekar dan gagah memang terasa paling sesuai untuk modifikasi motor ini. Kenalpot bobokan di kiri kanan menambah kesan kekar nya karena motor ini tampil dengan perbandingan lebar dan tinggi yang besar. Warna yang dominan hitam yang dipilih sangat sesuai dengan konsep desain modifikasi nya. Aksen abu-abu tidak lupa ditambahkan pula pada tangki motor ini untuk memberikan nuansa segar pada penampilan nya. Secara keseluruhan motor ini tampak tidak monoton dan mempunyai desain yang dinamis dan mengikuti zaman.

 

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Inazuma keluaran pabrik tahun 2013

 

Bike Type: Sports
Start Type: Kick, Self
Stroke (mm): 55
Engine Displacement (cc): 248
Ignition: Electronic Ignition (Transistorized)
No of Cylinders: 2
Max Power: 24 bhp @ 8500 rpm
Maximum Torque: 22 Nm @ 6500 rpm
Fuel Type: Petrol
Fuel Tank Capacity (litres): 13.3
No of Gears: 6
Gearbox Type: Manual
Clutch: multi-plate, Wet
Brake Type: Disc
Front Brake: 290
Rear Brake: 240
Front Suspension: coil spring, oil damped, Telescopic
Rear Suspension: coil spring, oil damped, Swingarm type
Wheel Size (inches): 17
Wheelbase (mm): 1430
Front Tyre: 110/80-17M/C 57H
Rear Tyre: 140/70-17M/C 66H, tubeless
Dimensions(WxLxH)mm: 760 X 2145 X 1075
Weight: 183
Cooling System: Liquid Cooled
Wheel Type: Alloy
Color: Black, Red
Transmission Type: Chain Drive

 

Mesin  Suzuki 250 cc 2 silinder dengan pendingin cair memberi tenaga yang cukup untuk berkendara dan bermanuver dengan leluasa di tanjakan atau jalan yang berbukit. Jap style caffe racer biasanya mempunyai cc yang lebih kecil. Tidak banyak motor yang memakai dan mengadopsi konsep jap style dengan kapasitas mesin yang cukup besar seperti motor ini.

 

Rangka body bagian belakang mengalami perubahan dan disesuaikan dengan konsep modifikasi nya terutama dibagian jok. Modifikasi rangka di kiri kanan motor sebagai variasi menjadikan motor ini tampak berotot. Karakternya sebagai naked bike yang sporty tidak hilang dan tetap dipertahankan.

 

Setang memakai setang custom yang cukup lebar dan mengadopsi gaya caffee racer yang dinamis dan lincah untuk manuver dalam lalu lintas ramai perkotaan. Setang lebar dengan posisi berkendara yang membungkuk juga  banyak dijumpai pada desain motor-motor klasik dan vintage. Namun demikian, motor ini tampil dengan nuansa retro dengan tanpa meninggalkan karakternya sebagai naked bike masa kini.

 

Grip setang memakai variasi yang dengan mudah dapat kita dijumpai di pasar. Yang unik dari handle stang ini adalah lampu spion yang dipasang di ujung handle nya, memberikan tampilan berbeda dengan spion pada umumnya. Konfigurasi spion seperti ini tentu mempunyai kelebihannya sendiri, yaitu pandangan kemuka menjadi terasa lebih leluasa.

 

Set Lampu custom klasik depan dan belakang jadi pemanis. Head lamp, lampi sein dan brake lamp khas vintage tampak cocok dan serasi dalam desain muscle car ini. Lamp set ini pun banyak tersedia dan mudah dijumpai di pasaran komponen variasi dan sangat umum dipakai untuk modifikasi motor klasik atau vintage dan juga retro. Head lamp bulat besar akhir akhir ini sangat diminati dan bahkan menjadi trend baru pada motor-motor keluaran pabrik tahun terakhir ini.

 

Swing arm suspensi belakang masih orisinil dan memperlihatkan bahwa motor ini adalah motor modern. Swing arm menyalurkan getaran dari roda ke suspensi belakang motor.

 

Tangki custom diganti dengan gaya muscle retro., Ukurannya yang cukup besar berbentuk cenderung persegi sesuai dan proporsi dengan dimensi motor. Selain itu jok custom yang jadi ciri khas jap style memberi kesan retro pada motor ini. Jok ini terlihat sederhana tetapi tetap menampilkan kesan retro yang kuat pada motor bergaya modern yang kekar ini.

 

Sistem exhaust disalurkan melalui kenalpot modifikasi di kiri dan kanan memperkuat karakter motor ini sebagai muscle bike. Tidak lupa pula front mud guard  dan tail custom khas vintage yang menambah nuansa klasik sebagai pemanis dari muscle bike ini. Tail dan mud guard depan tampil serasi dengan lamp set dan jok nya.

 

Ban tapak lebar dengan grip yang meyakinkan untuk manuver lincah ketika menaklukkan tikungan. Untuk motor-motor besar grip ban memegang peranan yang sangat penting dan memberikan perasaan aman dan nyaman ketika berkendara. Tanpa ban yang memadai maka kapasitas mesin besar yang dimiliki motor keluaran tahun 2013 ini akan terasa percuma dan tidak akan memberikan performa yang maksimal.

 

Warna dan striping hitam dengan aksen abu-abu yang jantan memang terlihat cocok dengan konsep desain nya. Warna hitam memberikan kesan kalem yang menenangkan bagi mereka yang melihat kuda besi bertenaga besar ini. Warna abu-abu menghilangkan kesan monoton dan statis bila dibandingkan dengan warna hitam polos.

 

Winshield custom menjadi komponen yang sangat penting dalam konsep desain modifikasi motor ini, karena bentuk dan tampilan winshield yang memberikan aksen kuat dan seolah menjadi klimaks dari modifikasi bagian depan motor ini.

 

Dengan cepat dan sekilas pandang akan langsung terlihat pada kita bahwa modifikasi konsep muscle bike sangat kuat pada motor ini. Motor berukuran besar memang cocok untuk jadi muscle bike. Selain itu nuansa klasik Jap style yang ditambahkan sebagai unsur pemanis, memberikan ke khas an dan nuansa tersendiri dalam penampilan akhir nya. Memasukkan unsur feminin pada desain maskulin memang biasa dilakukan dan akan menciptakan balance atau keseimbangan harmoni visual yang sedap dilihat pada hasil akhir modifikasi  secara keseluruhan.

 

Perpaduan konsep modern dan klasik dalam sebuah motor tampak masih agak jarang dilakukan. Konsep desain semacam ini memang tidak mudah dilakukan dan memerlukan kematangan konsep desainnya. Karena bisa jadi motor akan terlihat janggal dan tidak mempunyai karakter yang kuat.