Tingkatkan daya dengan tukar engine, body MT dengan engine R3

Sekilas Yamaha MT25 yang satu ini tidak berbeda jauh  dengan MT25 pada umumnya, tetapi sebenarnya ada perubahan besar yang sudah dilakukan pada motor ini. Yamaha ini memakai engine R3 300 cc sebagai penggeraknya. Selain itu ECU independent, gas spontan dan exhaust racing juga dipasangkan pada motor ini. Hasilnya adalah sebuah motor racing yang dapat diandalkan, baik di sirkuit maupun di jalan raya.

 

Naked bike ini setelah modifikasi berubah menjadi racing bike dengan tenaga yang tidak bisa dianggap enteng. Meskipun demikian pemiliknya, Ari asal bandung, lebih sering memakai motor ini untuk aktifitas touring. Sudah biasa, demikian komentarnya ketika ditanya kenapa motor racing dipakai touring.

 

Memang motor, khususnya naked bike, mempunyai fungsi yang serbaguna dan cocok untuk jelajah on road di kota-kota di Indonesia pada umumnya. Konfigurasi desain yang memungkinkan gerakan lincah dan akselerasi yang spontan membuat motor ini terasa nyaman untuk digunakan dalam kota maupun perjalanan antar kota.

 

Sesuai dengan Desain MT25 yaitu naked bike yang cenderung ke arah racing, maka pemiliknya memutuskan untuk menjadikan motor ini menjadi motor balap yang cukup tangguh di kelas nya. Dengan warna putih yang hampir polos, penampilan motor ini tampak berkelas dengan mesin 300 cc yang tertutup full fairing nya. Winshield yang menambah gagah tidak lupa pula dipasangkan pada motor ini.

 

Mekipun berpenampilan motor balap, pemiliknya mengaku bahwa motor ini tidak kalah nyaman ketika dipakai untuk turing. Tenaga yang besar juga akan terasa sangat menguntungkan untuk touring, terutama ke daerah berbukit dengan tanjakan curam yang ramai kendaraan. Tenaga dan akselerasi yang baik akan sangat membantu dalam mengemudikan motor ini dalam kondisi kondisi yang menantang.

 

Berikut ini adalah spesifikasi MT25 keluaran pabrik sebelum modifikasi.

 

Mesin

Tipe mesin 4 langkah berpendingin cairan, DOHC
Jumlah/posisi silinder 2 silinder/tegak
Diameter x Langkah 60,0 x 44,1 mm
Perbandingan kompresi 11,6 : 1
Daya maksimum 26,5 kW/12.000 rpm
Torsi maksimum 22,6 Nm/10.000 rpm
Sistem starter elektrik starter
Sistem pelumasan basah
Kapasitas oli mesin total = 2,40L : berkala = 1,80L ; ganti filter oli = 2,10L
Sistem bahan bakar Fuel Injection

Dimensi

P x L x T 2.090 mm x 745 mm x 1.035 mm
Jarak sumbu roda 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah 160 mm
Tinggi tempat duduk 780 mm
Berat Isi 165 Kg
Kapasitas tangki besin 14 Liter

Rangka

Tipe rangka Diamond
SUSPENSI DEPAN Teleskopik
SUSPENSI BELAKANG Swing Arm
BAN DEPAN 110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG 140/70-17M/C (66S)
REM DEPAN Single disc brake
REM BELAKANG Single disc brake

Kelistrikan

Sistem pengapian TCl
Battery GTZ8V
Tipe Busi NGK/CR9E

 

Modifikasi  yang dilakukan pada motor ini adalah mengganti mesin nya dengan mesin Yamaha R3 300 cc

dengan spesifikasi seperti dibahwa ini. Berbeda dengan MT25, R3 memang dari sono nya mempunyai spec racing.

 

Spesifikasi Yamaha R3

Mesin ·     Tipe Mesin : DOHC, 4 valve, berpendingin cairan

·     Volume Silinder : 321 cc

·     Silinder :  2 silinder

·     Diameter x Langkah :  68 mm x 44,1 mm

·     Perbandingan Kompresi : 11,2 : 1

·     Daya Maksimum : 42 Hp / 10.750 rpm

·     TorsiMaksimum : 29,6 Nm / 9.000 rpm

·     Sistem Strarter : Electric starter

·     Sistem Pelumasan : Basah

·     Sistem Pembakaran : Electronic Fuel Injection dengan teknologi YCC-T dan YCC-I

·     Tipe Kopling : Multiplate Slipper Clucth

·     Sistem Transmisi : 6 speed

·     Final Transmision : Chain

 

Rangka dan body set dan lamp set tidak mengalami modifikasi dan masih menggunakan body dan lamp set orisinil. Yang ditambahkan hanyalah full fairing dan win shield saja, sesuai dengan konsep racing nya.

 

Exhaust yang baik akan berpengaruh besar pada performa mesin. Untuk itu dalam modifikasi nya digunakan kenalpot sakura. Dalam dunia balap di Indonesia, khususnnya Yamaha, kenalpot sakura sudah sangat dikenal dan memang hampir selalu menjadi pilihan dari motor-motor Yamaha. Merk sakura tampaknya sudah menjadi partner Yamaha sejak lama. Ini disebabkan karena ada kesesuaian dalam standard mutu yang dipakai brand tersebut. Selain kualitasnya yang sudah dikenal, harga kenalpot sakura yang cukup bersaing juga menjadi faktor penting yang menyebabkan brand ini menjadi pilihan untuk modifikasi.

 

Ban Pireli supercorsa dianggap lebih cocok dan mempunyai daya cengkram lebih baik dibandingkan dengan ban MT25 keluaran pabrik nya. Merk yang sangat dikenal dalam dunia racing ini memang mempunyai keunggulan yang menonjol untuk grip yang kuat dan meyakinkan. Hal ini menjadi sangat penting pada motor-motor balap segala kelas. Setiap tikungan dalam sebuah balapan adalah faktor yang menentukan keunggulan dalam sebuah lomba.

 

Warna dan full fairing dan win shield memakai warna putih dengan stripe merah sebagai aksen. Warna ini juga selain memberi kesan dimensi yang lebih besar pada motor ini, juga menjadikan motor ini terlihatlebih formil dan berwibawa.

 

Elektronic Control Unit memakai DAYTONA PRO yang independent. Artinya ECU ini dapat diatur setting nya sesuai dengan keinginan melalui sebuah laptop dan software tertentu. Dengan begitu pemilik dapat bereksperimen dan mencari setting map ECU yang optimal untuk motornya dan sesuai seta terasa cocok dengan gaya berkendara nya

 

Untuk mengoptimalkan akselerasi dan horse power yang dimiliki maka digunakan gas spontan ktc. Dengan gas spontan ini maka dengan sedikit gerakan pada grip perubahan kecepatan atau akselerasi akan terasa lebih responsif. Hal ini tentu saja sangat berguna ketika berpacu di sirkuit sehingga pengemudi dapat lebih fokus. Dengan gas spontan maka pergelangan tangan tidak perlu melakukan gerakan yang berlebihan untuk mencapai top speed nya.

 

Modifikasi untuk motor racing memang biasanya ditujukan pada peningkatan daya dan performa mesin termasuk sistem exhaust, karena itulah yang akan menentukan posisi motor ini di arena balap. Konsekuensi dari bertambahnya tenaga dan kecepatan adalah modifikasi pada sistem rem, suspensi dan ban yang harus memadai terutama dari sisi keamanan. Selain itu penambahan full fairing juga menjadi hal yang lazim dilakukan untuk efek aero dinamis yang lebih baik sehingga pada akhirnya akan berpengaruh pada kecepatan motor ini di sirkuit.

 

Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengganti dengan ECU independent yang menjadi otak untuk motor-motor keluaran baru, dimana performa mesin akan sangat dipengaruhi oleh ECU nya. Dengan ECU independent maka dapat dicari setting terbaik sesuai dengan keinginan. Hanya dengan bekal laptop dan software tertentu dapat dicari setting yg sesuai untuk menghasilkan tenaga yang optimal. Hanya saja untuk melakukan setting ini lebih baik memakai jasa seseorang yang cukup paham karena salah salah dapat berakibat buruk pada perfoma mesinnya.