Modifikasi Scorpio 250 gaya vintage yang penuh nostalgia

Yang dimaksudkan dengan modifikasi motor adalah suatu perubahan yang dibuat berbeda dengan motor asli keluaran pabriknya. Tetapi bila perubahannya bersifat total dan menyeluruh seperti scorpio ini, mungkin lebih tepat disebut dengan istilah transformasi. Atau dapat juga disebut membuat motor baru, yang dikenal dengan custom bike.

 

Kebetulan gaya vintage rupanya menjadi pilihan. Modifikasi dengan desain sepeda motor tahun 50an ini tampak dilakukan dengan cermat dan berhasil. Motor yang terinspirasi oleh desain royal enfield ini diselesaikan dalam waktu kurang lebih dua bulan.

 

Untuk keperluan modifikasi ini, desainernya memilih mesin yamaha scorpio yang rupanya memang banyak disukai sebagai bahan modifikasi custom semacam ini. Motor custom vintage bergaya enfield mempunyai rangka dan body yang cukup besar dan berat. Untuk itu dibutuhkan mesin dengan kapasitas yang cukup besar. Scorpio 250 terasa cukup dan memadai untuk menjadi penggerak motor custom bergaya enfield ini. Alasan lain mengapa scorpio banyak dipilih sebagai bahan modifikasi adalah harganya yang relatif bersaing. Mesin yamaha scorpio terasa ideal sebagai mesin untuk motor motor kustom yang berukuran besar.

 

Warna merah menyala juga memberikn kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Motor dengan desain ini biasanya  berwarna hitam atau hijau army. Motor custom ini bukanlah replika, artinya tidak dibuat persis seperti aslinya. Banyak detail detail yang dibuat adalah rekaan dan dirancang oleh desainernya. Baik itu dengan pertimbangan estetis maupun dengan pertimbangan teknis.

 

Gaya ini pertama kali diluncurkan sekitar tahun 1931 dan bertahan selama lebih dari 50 tahun. Dengan mesin single cylinder 350 ccnya, motor ini digunakan oleh angkatan bersenjata Inggris. Royal enfield adalah motor dengan desain sederhana, praktis, dan berkualitas selain juga indah dan elegan. Mungkin alasan itulah yang menjadikan motor ini banyak menjadi pilihan para kolektor maupun penggemar modifikasi pada umumnya.

 

Dimensi motor ini lebih panjang dari banyak motor yang kita temui sekarang. Memang bentuk motor yang kecil barulah mulai populer dekade belakangan ini ketika Jepang mulai memproduksi motor yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan motor-motor Eropa yang menjadi pendahulunya.

 

Secara keseluruhan desainnya berkesan sederhana dan elegan. Desain motor ini tampak masih sangat terpengaruh oleh desain bentuk sepeda biasa. Istilah sepeda motor sangat cocok untuknya. Jok pengemudi dan penumpang terlihat sangat dipengaruhi oleh desain sepeda.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari yamaha scorpio

 

Mesin ·     Tipe Mesin : 4 Langkah,2 Valve, berpendingin udara, SOHC

·     Silinder : Silinder Tunggal / Tegak

·     Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 mm

·     Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1

·     Daya : 13,4 kw/8000rpm

·     Torsi : 17,5Nm/6500rpm

·     Strarter : Elektrik starter & kickstarter

·     Sistem Pelumasan : Basah

·     Tipe Kopling : Basah , Kopling manual, multiplate

·     Sistem Pembakaran : Karburator BS30

·     Tipe transmsisi :Return, 5 kecepatan

·     pola transmsisi : 1-N-2-3-4-5

·     Kapasitas oli mesin :Total :1,4 Liter/penggantian berkala :1,2 liter

Dimensi ·     Dimensi: 2030 mm x 750 mm x 1095 mm

·     Berat isi: 142 kg

·     Jarak Sumbu Roda : 1.295 mm

·     Jarak terendah ke tanah : 165 mm

·     Tinggi Tempat Duduk : 770 mm

·     Kapasitas tangki : 13 Liter, Cadangan : 2,5 Liter

Rangka ·     Tipe Rangka : Double Cradle

·     Suspensi Depan : Teleskopik

·     Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross

·     Ban Depan : 80/100-18M/C 47P

·     Ban Belakang : 100/90-18M/C 56P

·     Rem Depan : Cakram

·     Rem Belakang : Tromol

Kelistrikan ·     Sistem Pengapian : CDI

·     Battery : GM7B, YB7-B

·     Tipe Busi : NGK/D8EA-9

 

Pak Ilas, demikian panggilan dari desainer otomotif asal Bandung ini, adalah orang yang menjadi arsitek dari modifikasi ini. Pria lulusan seni rupa ini memilih desain otomotif sebagai media kreatifitas seninya. Latar belakang seni yang dimilikinya membawa dia untuk meng eksplorasi gaya gaya motor dinilainya indah.

 

Menurutnya Kendaraan pribadi adalah alat ekspresi yang juga dapat mencerminkan identitas pemiliknya. Ekspresi selera dan kepribadian seseorang memang sengaja ditampilkan melalui desain dan sentuhan pribadi pada kendaraan. Lebih jauh lagi pak Ilas menjelaskan, bahwa apresiasi terhadap kendaraan pribadi kita, dalam hal ini motor, adalah sesuatu yang tidak ternilai dan menjadi sumber kegembiraan dan kebahagiaan tersendiri. Apresiasi dan pengakuan dari lingkungan seseorang tentang penampilan seseorang memang akan menentukan tingkat dan kualitas hidup orang yang bersangkutan.

 

Motor custom yang dibuat bukanlah replika dari enfield merkipun sekilas tampak sama namun banyak detil detil yang ditambahkan atau dibuat dengan pertimbangan estetika pribadi.

 

Kalau kita perhatikan, posisi pengemudi adalah tegak agak condong ke depan. Posisi ini khas untuk motor motor cepat. Motor ini memang dijuluki the Bulet di zamannya, cepat bagai peluru. Setang rendah dan lebar dilengkapi dengan lampu sein yang unik. Lampu bulat besar yang menjadi icon serasi dengan bentuk spakbor depan dan belakang yang besar dan melengkung dengan elegan. Spakbor seperti ini selain indah juga secara fungsional dengan maksimal dapat melindungi
pengendara dari cipratan kotoran.

 

Kotak segitiga di samping kanan berfungsi untuk tempat kelistrikan motor, sedangkan yang disebelah kiri dipakai sebagai bagasi. Selain fungsional boks ini secara visual juga mengisi kekosongan dan menjadi aksen pada body motor. Fork dan shock custom yang dipasang menambahkan kesan gagah dan elegan pada motor ini.

 

Pasar motor custom sudah berkembang sedemikian rupa di Indonesia. Selain terkenal dengan keramahannya, orang Indonesia juga terkenal dengan kreatifitas dan cita rasa seninya yang tinggi.

Motor custom yang telah punya pasar tersendiri dikalangan penggemarnya diantaranya adalah motor vintage royal enfield motor yang sangat terkenal dan dipakai oleh British army ini memang mempunyai desain yang gagah dan elegan.

 

Ciri khasnya adalah ukurannya yang relartif besar dan juga joknya yang menyerupai jok sepeda yang dipisahkan antara pengemudi dan penumpang. Satu hal yang menunjukkan bahwa motor ini dibuat pada masa kini adalah warna merahnya. Pilihan warna yang berani dan menunjukkan kekinian seperti menghidupkan kembali nostalgia yang dibawa oleh motor ini.

 

Pak Ilas berhasil menghidupkan kembali nostalgia lama motor ini dengan berhasil. Kecintaan dan dedikasinya pada dunia otomotif adalah menjadi modal utama untuk keberhasilannya dalam menekuni profesinya ini.

 

Lebih jauh lagi pak Ilas menjelaskan bahwa tugas utamanya adalah sebagai designer yang menggabungkan pengetahuan teknis otomotif nya dengan segi estetis dari penampilan visual motor-motor yang didesainnya. Latar belakang pendidikannya di seni rupa tampaknya memberikan sumbangan yang besar.