Kemewahan motor vintage era perang yang tidak pudar oleh zaman

Sentuhan warna kekinian untuk motor vintage rupanya memberikan kesan tersendiri pada sebuah motor. Hal ini terbukti pada custom vintage asal Bandung ini. Motor ini adalah salah satu modifikasi yang mengadopsi gaya motor era perang ke dalam konsep desainnya.

 

Desain motor klasik tak henti hentinya menginspirasi para penggemar otomotif, khususnya para pencinta motor custom. Desain dari motor motor era 50an tampaknya meninggalkan kesan yang begitu kuat dan mendalam di benak para bikers

 

Pak Ilas, desainer motor custom asal Bandung, yang sehari harinya bergelut dengan usahanya dibidang modifikasi motor ini mengungkapkan kemajuan dan perkembangan yang menggembirakan berkenaan dengan pasar motor modifikasi di tanah air.

 

Motor motor hasil modifikasinya dipesan khusus oleh peminat dari seluruh wilayah tanah air. Rupanya penggemar motor pentagin tidak hanya  berada di pulau Jawa. Bali jadi primadona, dimana industri pariwisata yang berkembang juga menjadi pendorong meningkatnya permintaan masyarakat terhadap fully function motor vintage

 

Banyak hotel hotel atau objek objek pariwisata yang memesan motor vintage atau custom untuk menjadi pajangan yang menarik. Selain itu banyak pula motor motor custom yang disewakan pada pengunjung atau turis yang datang. Kabarnya orang asing sangat tertarik pada motor-motor antik ini. Motor motor semacam ini biasanya hanya dapat mereka saksikan di musium

 

Sekilas kuda besi dari era perang ini sungguh menarik perhatian dan mengajak kita untuk melihat lebih dekat. Bentuknya yang panjang mungkin adalah hal yang paling menonjol dari konstruksi motor ini. Kenalpot chrome sebagai aksen horizontal tampak dominan dan mengesankan kemewahan masa silam yang tidak pernah pudar.

 

Mesin scorpio dengan warna hitam tampak menyatu dengan body vintage dari motor ini. Garis garis merah dengan manis seolah menjadi outline dari bentuk-bentuk elegan penuh detail yang unik. Lampu set custom  sekaligus juga menjadi detail ornamen yang saling melengkapi. Tempat duduk pengemudi dan penumpang yang terpisah agak jauh mungkin adalah hal yang paling unik dan menjadi ciri penanda dari gaya vintage yang romantis ini

 

Di bawah ini adalah spesifikasi pabrik dari motor scorpio yang mesinnya dipakai pada motor vintage era perang ini.

 

Mesin ·     Tipe Mesin : 4 Langkah,2 Valve, berpendingin udara, SOHC

·     Silinder : Silinder Tunggal / Tegak

·     Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 mm

·     Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1

·     Daya : 13,4 kw/8000rpm

·     Torsi : 17,5Nm/6500rpm

·     Strarter : Elektrik starter & kickstarter

·     Sistem Pelumasan : Basah

·     Tipe Kopling : Basah , Kopling manual, multiplate

·     Sistem Pembakaran : Karburator BS30

·     Tipe transmsisi :Return, 5 kecepatan

·     pola transmsisi : 1-N-2-3-4-5

·     Kapasitas oli mesin :Total :1,4 Liter/penggantian berkala :1,2 liter

Dimensi ·     Dimensi: 2030 mm x 750 mm x 1095 mm

·     Berat isi: 142 kg

·     Jarak Sumbu Roda : 1.295 mm

·     Jarak terendah ke tanah : 165 mm

·     Tinggi Tempat Duduk : 770 mm

·     Kapasitas tangki : 13 Liter, Cadangan : 2,5 Liter

Rangka ·     Tipe Rangka : Double Cradle

·     Suspensi Depan : Teleskopik

·     Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross

·     Ban Depan : 80/100-18M/C 47P

·     Ban Belakang : 100/90-18M/C 56P

·     Rem Depan : Cakram

·     Rem Belakang : Tromol

Kelistrikan ·     Sistem Pengapian : CDI

·     Battery : GM7B, YB7-B

·     Tipe Busi : NGK/D8EA-9

 

Dengan bekal pendidikan seni rupa dan minat yang tinggi pada dunia otomotif dan kerja kerasnya pak Ilas, seorang desainer modifikasi dari menekuni profesinya. Dengan tekun ia mempelajari jenis jenis motor custom antik untuk kemudian mewujudkannya menjadi nyata. Bagaikan arsitek yang mewujudkan sebuah bangunan, dia mendesain dan merencanakan modifikasi motor rekaannya.

 

Dari kreatifitas dan ketekunannya lah puluhan motor telah diproduksi dan dia pasarkan ke berbagai penjuru wilayah  tanah air. Pak Ilas memulai kariernya dengan menerima jasa modifikasi motor dari teman-teman dan orang di sekelilingnya. Usahanya itu kemudian berkembang dan menyebar dari mulut ke mulut. Setelah terkumpul cukup modal dan keahlian, kemudian ia mulai berinisiatif untuk memproduksi sendiri motor motor hasil desainnya, untuk kemudian mulai memasarkan motor motor tersebut.

 

Usahanya ini juga berkembang berkat kemajuan industri otomotif di tanah air yang sedemikian pesat. Motor sebagai kendaraan pribadi yang praktis, dalam dekade terakhir ini tampaknya menjadi pilihan. Dewasa ini jumlah motor di hampir setiap pelosok kota meningkat berlipat-lipat dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu.

 

Modifikasi yang dilakukan dapat disebutkan menyeluruh. Tidak berlebihan bila disebutkan di sini bahwa pak Ilas sudah menghasilkan motor yang benar benar baru. Memadukan antara mesin canggih dari motor yamaha scorpio masa kini dengan penampilan yang terinspirasi gaya klasik tahun 50an.

 

Pak Ilas menjelaskan bahwa pada dasarnya pekerjaan modifikasi terbagi dalam beberapa bagian. Pertama tama adalah konstruksi rangka dan roda termasuk didalamnya sistem suspensi. Setelah itu pemasangan mesin

 

termasuk kenalpot dan kelistrikan dan lampu. Dan yang terakhir adalah pemasangan jok dan ornamen estetis. Barulah kemudian ia melakukan test drive sebagai evaluasi atas motor yang dia konstruksikan. Dari test drive dan pengetesan ia kemudian mempunyai masukan-masukan berharga sebagai bahan untuk melakukan penyempurnaan. Hasil akhirnya dapat kita saksikan adalah sebuah motor vintage dengan  performa mesin dan penampilan yang membanggakan .

 

Dalam desain dari modifikasinya terlihat bahwa pak Ilas tidaklah meniru atau sekadar membuat replika, melainkan justru melakukan pengembangan dari desain yang ada. Tujuan utamanya adalah untuk membuat motor motor yang unik dan indah. Hasil akhir yang enak dilihat dan tampak berbeda dari yang lain selalu ada dalam benaknya ketika dia mendesain motor motor ini.

Mungkin latar belakang pendidikan senirupa yang dimilikinyalah yang mendorong dia untuk selalu membuahkan desain yang tidak hanya bernilai komersial saja, tetapi  juga sebagai  sebuah karya yang mempunyai nilai seni. Tidak berlebihan bila disebutkan bahwa motor motor hasil modifikasinya dapat dianggap sebagai karya hand made yang bernilai artistik.

 

Motor ciptaan pak Ilas telah memenuhi faktor faktor yang disyaratkan untuk menjadi kendaraan pribadi yang secara fungsional dapat memenuhi kebutuhan dari pemiliknya. Faktor performa mesin yang memadai, kenyamanan fisik saat berkendara dengan tanpa melupakan faktor keamanan. Lebih dari itu motor seperti ini memberikan ciri dan identitas tertentu pada pengendaranya. Hal terakhir ini lah yang menjadi nilai tambah utama ketika kita berkendara. Singkat kata dengan motor ini jangan heran bila sepanjang jalan bakal banyak orang yang melirik atau bahkan mencoba menawar.