Penampilan Bajay garang dari modifikasi sederhana yang berhasil memukau.

Bajay 200 ini tampaknya tak ingin ketinggalan untuk mengadopsi gaya retro dengan memasang jok tipis single seater bergaya klasik dengan tambahan sarang tawon di belakangnya. Cukup unik karena biasanya jok seperti ini adalah untuk double seater

 

Naked bike bergaya touring ini tampak gagah dan kokoh, ditambah dengan ban lebar yang siap untuk melibas jalan tanah perkampungan menjadikan motor ini cocok sebagai motor lelaki. Jok baru yang dipasang memberikan sentuhan klasik pada motor masa kini. Demikian juga lampu kustom yang dipasang dengan manis. Lampu yang  dipasang mengadopsi model Harley.

 

Tangki bensin tetap keluaran pabrik dan jelas terlihat sentuhan futuristiknya yang gagah dari tangki bensinnya. Di sisi lain lampu dan joknya membuat penampilan motor mendapat sentuhan gaya klasik. Tampak bahwa pemiliknya menginginkan motor touring keluaran baru ini mengesankan gaya klasik.

 

Hasilnya adalah motor baru yang punya penampilan berbeda dengan yang lain. Gaya maskulin yang menonjol dari tankinya dilawan oleh lampu dan jok yang bergaya feminin. Menariknya motor ini malah jadi berkesan garang dan “nakal”.

 

Dengan unik motor ini menampilkan style baru yang berbeda dengan bentuk asli keluaran pabriknya. Dengan hanya mengganti jok dan lampu saja tampak penampilan kuda besi ini jadi semakin garang. Perpaduan antara gaya futuristik dan klasik yang ada pada motor ini mengesankan sesuatu yang terasa lain dari yang lain.

 

Secara visual juga ada gaya racing terpancar dari motor ini. Kalau kita perhatikan body set samping motor ini punya warna racing yang kuat dengan sudut-sudut tajam dan bentuk aerodinamis. Monoshock yang dimilikinya tampak memperkuat kesan racing futuristik yang ada. Sedangkan lampu dan jok jelas memberi warna klasik.

 

Cukup lain dari yang  lain karena naked bike touring ini memiliki tiga kesan berbeda yang digabungkan menjadi satu dengan seimbang. Kesan berbeda tersebut adalah : Racing aerodinamis, futuristik dan klasik yang berani. Hal ini agak jarang kita jumpai dalam konsep modifikasi pada umumnya.

 

Pada umumnya konsep modifikasi dilakukan dengan hanya mengadopsi satu gaya saja. Gaya yang dimaksud  bisa klasik (masa lampau), modern, (masa kini) atau futuristik, (masa depan). Ketiga gaya tersebut kemudian digabungkan dengan aspek fungsional motor seperti : Touring, cruiser, racing. Lebih jauh lagi dapat di tambahkan hal yang berkaitan dengan medan yang dilalui yaitu off road atau on road.

 

Berikut ini adalah spesifikasi pabrik dari bajay 200

 

FRAME

Suspensi Depan: 37mm telescopic fork

Suspensi Belakang: mono shock

Rem Depan: single 280mm petal disc

Rem Belakang: single 230mm petal disc

Ban Depan: 100/80-17m/c 52p (tubeles)

Ban Belakang: 130/70-17m/c 62p (tubeles)

Panjang x Lebar x Tinggi: 1,965 mm x 810 mm x 1,055 mm

Jarak Poros Roda: 1,360mm

Jarak ke Tanah: 805 mm

Berat: 145kg

Kapasitas Bensin: 12 litres

Trail: 85mm

ENGINE

Tipe: Pendingin cair, 4-tak tunggal

Maksimum Power: 17kW(23.1ps)/9,500rpm

Torsi Maksimum: 18.3n.m(1.8kgf.m)/8,000rpm

Karburator: UCAL UCD33

Diameter x Langkah: 72x49mm

Sistem Pengapian: CDI

Perbandingan Kompresi: 11.0 : 1

 

Garasi 81 adalah bengkel dimana modifikasi motor ini dilakukan. Lokasinya terletak di jalan Cikutra. Di bengkelnya yang cukup sederhana pak Cepy mengerjakan proyek-proyek modifikasinya bersama-sama dengan kakaknya. Mereka berdua mengerjakan sendiri semua bagian-bagian komponen dari modifikasinya, Mereka tidak beli barang dari luar, demikian komentarnya.

 

Sudah sekitar 5 tahun Pak Cepy yang adalah seorang mekanik autodidak telah melakukan usahanya ini dengan modal keahlian dan minatnya pada dunia otomotif. Kini bengkel ini sudah in house memproduksi semua kebutuhan komponen yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek-proyeknya.

 

Plat dan rangka dudukan jok yang dirancangnya sendiri memakai plat 1.5 mm dan 3 mm. Kemampuannya ini memberikan dia ke leluasaan untuk kreatifitasnya, karena ia tidak tergantung pada ketersediaan komponen di tempat lain. Demikian juga body set lampu set, semua dibuatnya sendiri di bengkelnya ini.

 

Konsep modifikasi dari motor ini tampak memperhatikan karakteristik dari bentuk asli dari motor dan kemudian menambahkan komponen komponen yang mengubah tampilannya secara keseluruhan dengan berhasil. Seperti telah disebutkan di atas, motor ini memasukkan unsur-unsur gaya klasik pada modifikasinya. Karakteristik desain keluaran pabriknya adalah racing futuristik, Yang mana touring dan racing sebenarnya adalah kombinasi yang jarang kita temui.

 

Perbedaan gaya touring dan racing adalah pada posisi duduk pengendara, stang racing biasa memasang posisi stang yang lebih rendah. Meskipun demikian pada motor ini tangki dan fairing  samping yang dipasang tampak menggabungkan gaya racing. Kombinasi touring dan racing ini saja sudah memberikan ciri khas tersendiri.

 

Penambahan jok dan lampu bergaya klasik menimbulkan kesan yang lain lagi yaitu gaya klasik. Mungkin dapat disebutkan di sini bahwa konsep desain modifikasi motor ini adalah klasik race touring segala medan. Mud guard depan belakang pun diganti untuk menyesuaikan dengan jok baru hasil modifikasi. Kesan off road pun terlihat disini.

 

Secara umum dapat kita kategorikan trend modifikasi visual dengan gaya klasik yg elegan dan lembut dengan detail dan ornamen detail yang menarik dan berkesan hand made. Selain itu kita lihat juga trend modifikasi yang bergaya modern futuristik high tech yang canggih dengan garis garis tegas yang aerodinamis, gagah dan maskulin.

 

Walaupun demikian gaya klasik seringkali tidak kalah jantan, bahkan mulai tahun 2018 dapat kita saksikan pabrik yang mengeluarkan motor motor bergaya klasik. Memang seperti fashion, trend berjalan seperti siklus yang sering mengulang atau menghidupkan kembali model-model klasik walaupun demikian bajay ini tampak berhasil menggabungkan beberapa gaya dan style dengan seimbang.

 

Modifikasi yg dapat dilakukan tidak terbatas hanya pada  modifikasi bodi. Penampilan visual sampai modifikasi performa mesin pun dapat dilakukan. Menggali kreatifitas memang memberikan kenikmatan tersendiri terlebih bila hasil kreasi kita mendapat tanggapan yang baik dari yang melihatnya. Tak jarang hasil modifikasi dapat menambah kepercayaan diri pengendara. Sadar atau tidak, tampil keren dan nyaman memang menjadi kebutuhan kita.

 

Meskipun demikian bagi kebanyakan orang biaya masih menjadi kendala utama dalam melakukan modifikasi. Karena itu cukup bijaksana kalau sebelum melakukan kustom dengan kreasi kita, pertama tama harus menentukan anggaran biaya yang akan kita keluarkan.

 

Dengan demikian kita dapat merencanakan dan berhitung dari awal. Dengan cara itu hasil yang akan didapatkan akan menjadi lebih maksimal pula. Kita akan terhindar dari kemungkinan modifikasi yang macet di tengah jalan gara gara soal biaya.