Garasi Skuter Bandung: Dari Sekadar Gaya, hingga Kejar Performa

Secara estetika, tidak ada yang salah dengan sosok Vespa matic keluaran Piaggio yang mulai 2011 lalu mulai menginvasi Indonesia. Estetika desainnya sangat bersahaja, enak dilihat dari segala sisi. Meski berteknologi modern, namun penampilannya tidak meninggalkan jati dirinya sebagai salah satu motor ikonik dari masa lampau. Namun bagi sebagian orang, tampilan standar saja tidaklah cukup. Wajib terlihat lebih mencolok atau laju mesin lebih kencang agar beda dengan yang lain. Mereka pun berlomba-lomba untuk merombak Vespa matic miliknya, entah itu sebatas kosmetik ataupun mengacu ke sektor dapur pacu.Jika kebetulan tinggal di Bandung, salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk melampiaskan hasrat modifikasimu adalah Garasi Skuter Bandung milik Admy Garcia atau yang lebih akrab disapa Kang Admy. Memulai usahanya dari bawah, kini Garasi Skuter Bandung selalu dipenuhi konsumen yang tak sabar ingin dioprek olehnya. Berikut obrolan tim Otoraja bersama Kang Admy mengenai sepak terjangnya.

 

Makin ramai saja nih bengkelnya. Apa sih rahasianya?

Kita sebenarnya pemain baru. Garasi Skuter Bandung hadir sejak 13 Mei 2018 lalu.  Meski baru, tapi sudah bisa bersaing dengan 11 bengkel Vespa matic lainnya di Bandung. Rahasia kita ada pada pelayanan, mekanik, dan spare part harus lengkap, terutama yang orisinil. Sudah jadi standar kita untuk seramah mungkin dengan konsumen. Kan ada tuh bengkel lain yang konsumennya dicuekin. Di sini, semua konsumen kita kita ajak ngobrol ataupun sharing, entah dengan saya atau mekanik. Kemudian mereka juga kita beri edukasi soal Vespa, terutama untuk konsumen yang baru saja beli Vespa, dan asing dengan segala hal soal motor ini.

             

Dalam sehari bisa berapa vespa yang masuk?

Minimal paling sepi lima Vespa yang datang. Soal hari tidak ada patokan. Terkadang weekend ramai, tapi hari biasa bisa juga penuh.

 

Garasi Skuter Bandung punya kelas malam, maksudnya gimana?

Bisa dibilang ini salah satu layanan plus dari kita yang tidak dimiliki bengkel lain. Jika biasanya bengkel tutup jam 5 atau maksimal jam 6, kita bisa sampai jam 20.30. Tujuannya untuk memfasilitasi mereka yang tidak bisa datang di jam reguler karena sibuk kerja atau kuliah. Sebagai solusi kita kasih jam operasional lebih yang kita beri nama kelas malam. Tapi untuk kelas malam ini, konsumen harus ada pemberitahuan dulu. Bisa lewat WA atau DM di akun IG kita.

 

Cukup luas juga bengkelnya, bisa muat berapa Vespa?

Sekitar 20 motor bisa masuk. Sebentar lagi kita mau renovasi, rencananya akan ada pembagian area untuk servis berat sama yang fast moving. Jadi fokus pengerjaan akan lebih mudah dan konsumen juga lebih nyaman.

 

Layanan apa saja yang ditawarkan?

Layanan kita terbilang lengkap, mulai service ringan atau berat. Kemudian ada bore up untuk menambah kapasitas mesin. Untuk ini, peminatnya cukup banyak, karena bagi mereka kapasitas mesin yang hanya 150cc masih kurang untuk dibuat ngacir. Akhirnya dinaikkan jadi 183cc atau bahkan 200cc.

Selanjutnya kita juga melayani tune up, penjualan berbagai spare part dan aksesori. Yang juga jadi andalan kita adalah repaint, powder coating, sama wax. Pemilik Vespa yang motornya rusak akibat jatuh atau kecelakaan juga bisa kita bantu untuk perbaikan tampilannya agar bisa normal seperti sedia kala.

Ke depannya kita mau menyediakan layanan towing. Jadi vespa yang mogok di tengah jalan bisa kita bantu. Atau yang tidak sempat ke bengkel, bisa kita jemput Vespa-nya.

 

Selain bore up, untuk penambahan performa bisa dilakukan dengan cara apa saja?

Ada banyak alternatif. Mulai pergantian part CVT dengan merek after market seperti Malosi atau Polini. Atau yang lain tren pakai Accent Wire alias kabel setan. Kabel ini memaksimalkan fungsi koil dan membuat api di ruang mesin lebih besar. Singkatnya, membuat setrum lebih teratur dan tidak acak-acakan masuk ke koil. Efeknya ada sedikit peningkatan pada putaran bawah, kalau kecepatan maksimal tidak berbeda jauh. Kemudian kampas kopling terus roller sama per CVT. Pemakaian kampas kompling ini mempengaruhi tarikan si motor. Kalau yang original, biasanya setelah satu tahun tarikan motor getar di bawah 20km/jam.

 

Sampai seberapa parah level repair yang bisa ditangani?

Mulai body penyok atau panel-panel yang sudah hancur bisa kita tangani. Untuk layanan ini harganya bervariasi, tergantung dari berat kerusakannya. Bisa mulai Rp 500 ribu untuk yang ringan dan Rp 5 juta kalau rusaknya parah. Waktu penggarapan juga relatif ya, makin parah dan banyak titik kerusakan, bisa lebih lama.

 

Apakah ada pelatihan khusus untuk semua mekanik di sini?

Kita sekarang ada tiga mekanik dan satu asisten mekanik. Ada yang sudah punya pengalaman kerja di bengkel Vespa matic mulai 2004 satu lagi 2011. Jadi untuk semua seluk beluk Vespa mulai mesin hingga kelistrikan sudah sangat mumpuni.

             

Apakah cuman Vespa atau bisa tipe lain yang bisa mampir ke sini?

Seperti namanya, kita sebenarnya melayani segala jenis skuter. Baik itu Vespa, model lain dari Piaggio seperti Piaggio Zip, Madley, ataupun MP3, hingga dari merek lain seperti Peugeot Django misalnya. Tapi 95 persen dari merek Piaggio

 

Kebanyakan yang disediakan part lokal atau impor?

Beragam sih. Untuk spare part standar, pastinya kita pakai merek asli Piaggio. Sementara part mesin, kita pakai Malossi dan Polini. Nah untuk aksesori ada dari merek lokal ataupun impor. Entah itu shockbreaker, spion, ban, velg, lampu LED dan banyak lainnya.

 

Ada garansi yang diberikan?

Konsumen kita berikan garansi dua minggu. Jika ada kesalahan pemasangan atau yang lainnya, kita garansi. Biaya servisnya gratis. Kecuali jika ada penambahan part lain yang harus diganti, baru dibebankan ke mereka.

 

Di sini juga sudah terdaftar sebagai agen resmi Malossi dan Polini. Hebat nih.

Garasi Skuter Bandung satu-satunya distributor resmi kedua merek ini di Bandung. Kebetulan dulu saya pernah kerja sama dengan pemegang merek Polini dan Malossi di Indonesia. Berkat jalinan kerja sama yang baik, mereka percaya dengan saya. Begitu saya buka bengkel, mereka siap support. Enaknya di sini, semua pembelian barang Malosi dan Polini pasti ada garansinya. Jika ada kerusakan akibat salah pemasangan atau cacat produk, bisa kita ganti gratis. Beda kalau beli barang black market. Jika ada trouble, tidak akan ada garansi.

 

Menyediakan trade in part cabron juga ya, bagaimana caranya?

Ini untuk memudahkan konsumen agar lebih hemat. Daripada mereka beli spare part baru, dan yang lama nganggur, kita sediakan layanan trade in part carbon. Jenisnya sendiri ada yang karbon celup dan serat karbon asli. Untuk update stok, bisa hubungi langsung ke kita. Prosedurnya mudah, tinggal pilih part, lakukan pembayaran dan pengiriman part asli. Jika sudah kita terima, kita kirim balik part versi karbon. Selain lebih murah, konsumen bisa lebih cepat mendapatkan part carbon dibanding menunggu proses karbon yang cukup lama.

 

Tentang Kang Admy

Mulai kapan gila sama Vespa?

Dari kecil saya sudah diracuni Vespa sama orang tua. Tapi dulu masih yang klasik, bermesin 2 tak. Nah, gara-gara suka Vespa saya jadi suka touring. Tapi karena Vespa klasik banyak permasalahan kalau untuk jalan jauh, pada 2002 saya putuskan beli Vespa matic. Begitu ke dealer, yang kudunya ambil Vespa matic, eh saya malah beli Piaggio X9. Setelah itu saya beberapa kali ganti model, seperti ET 4  hingga LX. Saya juga aktif di Move Indonesia, Chapter Bandung. Komunitas ini adalah yang terbesar di Indonesia. Anggotanya ada di semua pelosok, mulai Aceh, Makassar, hingga Lombok.

 

Apakah Vespa matic ini bisa bertahan lima atau sepuluh tahun ke depan? Mengingat bentuknya monoton.

Vespa tidak ada matinya. Meskipun modelnya gitu-gitu saja, tapi harganya makin naik. Sama seperti yang klasik, perubahan modelnya sangat minim, tapi bisa menjadi salah satu motor yang ikonik selama puluhan tahun. Vespa ini juga cocok buat investasi karena harga purnajualnya bisa stabil.

 

 

 

Tren modifikasi Vespa matic sekarang arahnya lebih ke mana?

Di masa awal, antara 2011 sampai 2015, tren modifikasi Vespa matic di Indonesia lebih condong ke fashion atau tampilan. Saat itu pemilik Vespa 4 Tak lebih suka menempelkan banyak aksesori seperti backrack, crash bar, atau windshiel dan flyscreen di Vespanya. Tapi belakangan juga dilirik sebagai opsi kendaraan berperforma tinggi. Aksesoris dicopot-copotin, dan diganti lebih ke racing look, termasuk mengganti mesin supaya lebih kencang. Biaya untuk mengganti sistem transmisi dan jeroan mesin pun bisa dikatakan tidak murah. Apalagi kalau penggantian blok mesin berbahan aluminium, bisa tembus puluhan juta rupiah. Trend racing look ini kurang lebih terpengaruh dari makin banyaknya ajang balap road race di dunia Vespa yang mulai menyediakan kelas untuk Vespa mesin 4-tak atau matic. Kalau untuk kosmetik, sekarang sudah ke carbon look. Pasang bar end, lampu diganti LED, lingkar velg diperbesar. Konsumen juga sekarang sudah mulai berani bayar mahal untuk aksesori impor yang premium seperti merek Marus, Ohlins, atau Bitubo.

 

Garasi Skuter Bandung

Buka: Senin – Minggu

Jam Operasional 08.30 – 17.30

Kelas Malam 19.00 – 20.30

Alamat

Jl. Peta No 121 Bandung

(Sebelum Perempatan kopo dari arah Tegal Lega)

08112196886