Modifikasi Ko Yonk, Iron Max, Motor Matic Jelajah 400 cc Yang Garang Dan Meyakinkan

Ko Yonk demikian panggilan pengusaha aksesori motor asal Bandung ini, dengan bangga menunjukkan Iron Max 400 cc hasil modifikasinya. Motor ini adalah hasil modifikasi yang ia lakukan dari ujung depan sampai ujung belakang. Striping racing dengan manis menghiasi motor matic garang ini mengekspresikan tema racing yang diusungnya. Aksesori yang tampak terpasang mendukung tema racing ini.

Modifikasi yang langsung terlihat adalah knalpot dengan peredam yang tampak gagah, serasi dan terlihat mengimbangi bodi bongsor bagian depan dari motor ini. Modifikasi velg dan ukuran ban batlax sebagai penggerak bodi kekar Iron Max, secara visual memberikan kesan kokoh dan stabil di jalanan. Roda dilengkapi double cakram untuk standar keamanan yang tinggi

Suspensi pastilah memegang peranan yang sangat penting dalam desain motor gagah ini. YSS dipasang di fork depan dan shock belakang yang dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan Pengemudi dan penumpang ketika berkendara. Secara visual shock belakang dan fork depan ini tidak terlalu terlihat karena tertutup oleh body cover motor yang rapat.

Desain body cover yang seperti ini tampaknya menjadi konsep desain skuter matic sejak dilaunchingnya N Max. Bodi tertutup yang tidak memperlihatkan rangka adalah desain yang membedakannya dari desain motor manual. Secara aerodinamis desain seperti ini juga sangat baik dan terlihat clean. Desain clean bodi tampaknya akan menjadi trend kedepannya.

 

Secara singkat dapat dirinci modifikasi X Max ini sebagai berikut :

  • Mesin 400 cc
  • Modifikasi Kruk as block injector, eccu
  • velg dd piringan tdr
  • Caliper brembo
  • Bagian belakang brembo dengan caliper SR1
  • Dudukan bawah knalpot Termignoni
  • Jok Spain
  • Pijakan kaki model Spain dari SR1
  • Winshield Spain
  • Spion original  R15
  • Grip heater Spain
  • Dudukan gps SR1
  • Sterring Damper Oholins
  • Ban Battlax
  • Tail tidy Spain
  • Headlamp modifikasi
  • Slang radiator Samco
  • Slang rem TDR
  • Stabilizer depan SR1
  • Stoot bar SR1
  • Shock depan belakang YSS ban belakang racing
  • depan fork upgrade YSS

 

Ciri khas dari skuter matic adalah bagian belakang yang besar.

Bagian depan yang besar dan dominan jelas berbeda dari desain skuter-skuter yang lazim kita temui sebelumnya, posisi pengemudi yang tegak dengan setang yang tinggi menjadikan motor ini lebih cocok sebagai motor cruiser matic.

Motor jelajah dengan transmisi otomatis memang terlihat menjadi konsep Yamaha yang dimulai dengan N Max.

Perbedaannya adalah pada posisi kaki N Max yang menjulur ke depan dan mempunyai kemiripan dengan chopper. Berbeda dengan N Max pendahulunya, Iron Max keluar dengan desain tegak, yang menjadi ciri motor touring dan cruiser.

Sentuhan racing sebenarnya lebih bersifat nuansa dari performa dalam hal akselerasinya. Akselerasi yang menjadi keunggulan sangat cocok untuk alat transportasi luar kota, terlebih dalam tarikan jarak pendek.

Performa mesin, efisien, hemat bahan bakar dan tenaga lebih besar hanyalah salah satu faktor dari performa kendaraan bermotor roda dua secara keseluruhan. Banyak faktor-faktor lain yang juga merupakan faktor penting yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah produk kendaraan bermotor roda dua.

 

Dewasa ini, perkembangan industri otomotif terjadi dengan sangat pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi, motor pun tidak ketinggalan dalam perkembangan ini. Dari tahun ke tahun diluncurkan produk produk kendaraan yang semakin lama semakin canggih dan menarik. Hal ini juga disebabkan oleh tumbuh dan munculnya produsen produsen kendaraan bermotor.

Persaingan untuk merebut pangsa pasar di dunia otomotif itu mengakibatkan para produsen kendaraan bermotor berlomba-lomba untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen. Jepang adalah negara yang telah memberikan pengaruh sangat besar pada kemajuan teknologi dan trend kendaraan bermotor di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Perkembangan  yang terjadi di dunia otomotif ini kemudian menjadi pendorong bagi tumbuh dan menjamurnya produsen dari komponen-komponen variasi dan modifikasi. Motor sebagai alat transportasi pribadi mempunyai pasar yang amat sangat besar. Selain volume pasar yang sangat besar, perlu diingat bahwa kemungkinan dari jenis produk yang dapat ditawarkan mempunyai kemungkinan yang tidak terbatas.

Saat ini, kita saksikan banyak workshop modifikasi yang mengkhususkan diri untuk menjual komponen variasi motor. Workshop seperti ini berbeda dengan dengan toko penjual spareparts yang biasa kita kenal. Toko toko spareparts hanya menjual komponen komponen standar dari motor berbagai merek.

 

Sebelum melakukan modifikasi, Kita dapat berkeliling melihat-lihat berbagai jenis komponen dan bermacam pilihan yang disediakan. Barang-barang yang jadi pajangan sungguh menarik dan merangsang selera kita untuk melakukan modifikasi dan mempercantik motor kita. Berada di Yonk Jaya Motor akan memberikan gambaran pada kita mengenai kemungkinan-kemungkinan variasi yang sangat menggoda. Yonk membuka pintu selebar-lebarnya bagi kreatifitas dan ide variasi yang dimiliki oleh pelanggan.

Toko spareparts dahulu kita kenal umumnya hanya menjual saja, untuk pemasangannya, konsumen harus melakukan sendiri atau menggunakan jasa bengkel dan mekanik dari luar.

Dewasa ini toko yang mengkhususkan diri untuk menjual komponen komponen modifikasi dan variasi motor sering juga berupa workshop dengan para mekanik yang siap untuk membantu konsumen dalam memasang komponen variasi yang dibelinya. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari usaha untuk memuaskan para pelanggan yang datang.

 

Demikian pula Yonk Jaya, workshop variasi besar yang sudah mempunyai nama di Bandung. Toko ini berlokasi di jl. A.Yani di bilangan pusat kota. Para pemilik kendaraan bermotor roda dua dapat memuaskan hasrat modifikasi dan variasinya disini. Kelengkapan komponen yang tersedia dapat memanjakan para pelanggannya.

Mekanik-mekanik yang berpengalaman dengan cekatan melakukan pemasangan komponen yang tidak jarang memerlukan proses bongkar pasang, baik itu yang sederhana maupun bongkar pasang yang cukup besar,  yang tentu akan sangat merepotkan bila kita lakukan sendiri. Terlebih lagi untuk motor-motor matic.,

Kecanggihan teknologi dari motor matic sekelas N Max dan X Max membuat modifikasi hampir harus selalu dilakukan oleh mekanik berpengalaman, Modul-modul komponen sudah dibuat sedemikian rupa dan dipasangkan dengan compact pada motor-motor jenis ini. Pada N Max dan X Max  modifikasi visual terutama dilakukan pada striping bodi dan aksesori yang terlihat seperti spion, lampu-lampu, winshield, jok, tail dan ban.

 

Banyaknya pilihan yang tersedia dipasaran pasti terasa sangat menggembirakan bagi penggemar variasi dan modifikasi. Tetapi disisi lain juga memberikan tantangan baru bagi kita. Tantangan yang dimaksud adalah dalam hal memadupadankan komponen-komponen tadi untuk mendapatkan hasil akhir yang baik.