Modif Merah Putih yang Semakin di depan, Tahun boleh tua , tapi pesona tetap menyala…

Yamaha Vixion dapat dikategorikan motor tradisional road-racing. Yang dimaksud dengan tradisional disini adalah sirkuitnya. Pada masanya balap motor sering dilakukan di jalan raya yang sengaja ditutup khusus untuk event event balap. Sirkuit semacam ini kini sudah tidak populer. Dan balap motor racing lebih biasa kita lihat dilakukan di sirkuit khusus.

Vixion dengan cerdas mengadopsi style dari sejarah tradisional road-racing ini dalam disain nya. Sehingga hasilnya adalah motor yang berpenampian siap balap Meskipun sehari hari nya biasa dipakai untuk keperluan transportassi pribadi.

Meskipun tidak dipakai untuk balapan, kesan siap balap ini memang sungguh sedap dipandang karena sangat memperhatikan segi aerodinamis. Keluhan yg terkadang timbul dari sebagian orang mungkin adalah posisi berkendara condong kedepan yang cukup melelahkan bagi mereka yang mempunyai postur gemuk atau kurang fit.

Selama lebih dari satu dekade Yamaha Vixion telah berhasil mengukuhkan eksitensinya di kelas motor sport di tanah air. Desain yang sporty dan elegan menjadi daya tarik utama yang telah mengangkat kharisma dan gengsi Yamaha dikalangan pecinta otomotif, khususnya penggemar motor sport. Memang penampilan Vixion sejak launching yang pertama lebih dari satu dekade yang lalu sangat mempesona dan merupakan terobosan desain yg telah lama ditunggu tunggu. Bentuknya yang ramping dan elegan ganteng dan lincah di jalanan seperti memberi inspirasi dan semangat baru pada pengendara nya.

Racing style tampaknya sangat disukai oleh Pak Petrus, penggemar otomotif asal Bandung ini. Kesukaan beliau pada motor racing jugalah yang mendorong nya untuk memilih Vixion dibandingkan dengan motor lainnya. Posisi duduk mengurangi terpaan angin dari depan, kecepatan dan kegesitan manuver menjadi tujuan utama. Untuk itu kemudian Pak Petrus memutuskan untuk melakukan modifikasi pada body Vixion kesayangannya. Hasil akhirnya tampak memuaskan dan berhasil. Sehingga kita saksikan naked bike ini tampak oke.

 

Stang racing Ninja R dipilih dan disesuaikan dengan jangkauan tangan Pak Petrus supaya menambah kenyamanan.  Stang memang bersifat sangat personal karena akan berbeda dari pengemudi yang satu ke pengemudi yang lain. Pilihan yang tepat akan sangat berpengaruh dan akan langsung terasa oleh pengemudi. Pilihan ukuran dan posisi stang yang tepat tentunya  sangat terasa pada  handling ketika berkendara.

Tangki bensin  memakai cover agar tampak lebih sesuai dengan fairing nya. Warnanyapun dibuat serasi dan menyatu. Dari segi estetika tanki bensin mempunyai peranan yang sangat menonjol bagi sebuah motor. Mungkin tidak berlebihan bila disebutkan bahwa tangki bensin adalah bagian terpenting dari keindahan sebuah motor.

 

Bodi full fairing yang dipasang, khusus dipesan oleh pak Petrus, dari Surabaya terbuat dari serat fibre. Custom disain yang dipilihnya tampak sangat sesuai dengan konsep disain Vixion itu sendiri. Racing memang style Vixion.

Warna yang dipilih adalah merah putih menambah gagah   penampilan motor sport ini. Kebanggaan pada tanah air memancar jelas dari Vixion 2009 ini.

Selain pertimbangan estetika dan aerodinamis fairing ini juga melindungi blok mesin dari kotoran terutama lumpur. Lubang udara yang disediakan didisain khusus sehingga temperatur mesin dapat tetap terjaga, bahkan dapat lebih diioptimalkan.Fairing ini juga dilengkapi lampu sein cantik dengan fungsi yang optimal

 

Mud Guard yang ditambahkan memberikan perlindungan lebih pada penumpang dan pengemudi, terlebih lagi dimusim hujan dan jalan berlumpur. Mud guard ini juga memberi perlindungan lebih pada body motor. Disamping itu penampilan pun tampak menjadi semakin sporty dan berkelas

Roda Ninja R berukuran 17” cocok dan proporsional dengan penampilan motor sport ini. Handling pun jadi semakin mudah. Ukuran yang dipakai 130/70 dan 100/70dengan pelek Ninja R 17′

 

Dalam pemilihan ban motor, hal yang harus diperhatikan adalah grip (daya cengkram). Grip dari ban akan meningkatkan akselerasi, memperbaiki pengereman dan performa di tikungan, Selain hal tersebut di atas tentu saja tidak bisa dilupakan kenyamanan, keamanan

Secara umum dapat dijadikan pegangan adalah bahwa makin lebar sebuah ban maka daya cengkramnya akan semakin baik. Meskipun begitu ada pertimbangan pertimbangan lain yang harus diperhatikan.

Pa Petrus kemudian menambahkan bahwa modifikasi yang ia lakukan pada motornya hanya dilakukan pada body. Mesin semuanya masih orisinil bawaan pabrik.

Ada hal lain yang menarik dari motor ini yang membuatnya istimewa. Motor ini pernah tampil tayang dalam beberapa episode sinetron Preman Pensiun. Suatu pengalaman yang langka bagi sebuah motor.

Bila kita renungkan modifikasi bodi sebenarnya adalah usaha kita untuk meningkatkan daya tarik sebuah motor dengan tanpa melupakan aspek keamanan dan tentu saja kenyamanan bagi pengendaranya. Ada banyak strategi yang dapat kita terapkan dalam mencapai tujuan ini. Namun yang terpenting adalah kita harus mengetahui karakteristik visual dari motor yang kita modifikasi. Setelah itu kreatifitas kitalah yang akan menentukan.

Sebagai acuan cara yang umum diikuti oleh para pemilik motor adalah modifikasi yang memperkuat atau mempertegas karakteristik yang sudah ada. Motor lelaki atau manual akan cenderung mengambil bentuk gagah  dan jantan. Sebaliknya motor matic cenderung feminim. Meskipun demikian itu tidak bersifat mutlak karena tidak sedikit motor matic yang berkesan sangat maskulin.

Cara lain yang dapat kita lakukan adalah memberikan style tampilan yang berbeda pada motor kita. Hanya saja cara terakhir ini biasanya akan cenderung memakan biaya yang lebih besar karena modifikasi yang kita lakukan akan lebih banyak mengunakkan dana untuk mecapai kepuasan yang lebih. Bahkan tak jarang harus merubah rangka motor

 

Selain itu kita juga sebaiknya mengenali bagian bagian motor yang akan menentukan tampilan secara keseluruhan. Seperti misalnya lebar ban vs diameter rim.  Sekilas kita akan menyadari bahwa lebar ban akan memberi efek yang lebih besar terhadap tampilan secara keseluruhan bila dibandingkan dengan diameter rim, Selain itu ada batas maksimum lebar dan diameter.

Contoh lain Rim racing akan langsung merubah tampilan pula. Contoh lain lagi ukuran dan bentuk tangki, Karena itu penutup tangki atau biasa dikenal dengan nama kondom tangki jadi makin popular biar terlihat kesan gambot dan semakin banyak dipakai khususnya untuk style racing.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kombinasi warna yang akan kita tampilkan. Keserasian warna adalah hal pertama yang akan terlihat dari motor kita. Sebuah motor dengan bentuk yang bagus atau hebat akan turun akibat   komposisi warna tidak serasi. sebaliknya modifikasi sederhana dapat terlihat sangat berkesan bila komposisi warna yang diambil tampak indah dan serasi. Sekali lagi komposisi wana adalah hal pertama yang akan  terlihat.

Meskipun pada kondisi dimana dana bukan masalah kita harus tetap mempertimbangkan faktor ekonomis dalam modifikasi kita.  Rasanya sangat masuk akal bila kita selalu berusaha mendapatkan hasil maksimal dari budget yang tersedia.