Modifikasi Suzuki Intruder 800 cc yang dipersiapkan Untuk Menjelajah Segala Medan…

Yang terlihat tidak berubah dari suzuki-intruder ini hanyalah blok mesin dan sebagian rangka bodi nya.  Intruder ini mengalami make-over yang merubah total penampilannya. Modifikasi jok , suspensi dan setang menjadikan posisi pengemudi Cruiser segala medan ini agak condong ke depan. Desain modifikasi nya perpaduan antara cruiser dan gaya klasik, dengan setang yang lebih rendah dari setang cruiser pada umumnya.

Tangki bensin tampak sangat dominan dan kuat, hitam dengan garis kuning emas yang indah, mewah dan gagah. Konsep desain nya yaitu ingin membentuk cruiser yang all-terain dan dipersiapkan untuk menjelajah segala medan, baik on-road maupun off-road. Kapasitas mesin tandem V-twin yang dimiliki motor ini terlihat sangat sesuai dengan konsep modifikasi nya.

Tangki bensin ini, selain mempunyai kapasitas besar, juga terasa mengubah total konfigurasi bentuk dan penampilan. Tangki bensin di desain dengan detail yang baik, dikerjakan dengan hati-hati dan seksama baik dari segi fungsional maupun juga terutama dari fungsi estetika nya.

Sentuhan sport off-road terlihat jelas dari setiap komponen yang terpasang dalam modifikasi ini. Mulai dari setang, tangki bensin, suspensi depan belakang, jok, dan ban yang dipakai.

Setang rendah memang akan memberikan pengalaman sport off-road yang lebih menyenangkan, kontrol untuk manuver yang lebih baik, mudah dan stabil dalam  menghindari rintangan sekaligus menahan getaran sus pensi depan. Hal lain yang menjadi pertimbangan dalam desain adalah kenyamanan pengemudi ketika harus  mengendarai motor ini dalam waktu yang cukup lama.

Fork lebar selain untuk mengakomodasi ban yang besar, secara visual juga diperlukan untuk mengimbangi dimensi tangki bensin. Selain fork, jok single-seater yang dipasang tampak lebih cocok untuk motor all-terain ini. Penyebabnya adalah karena single-seater lebih cocok untuk off-road. Pasti akan  terasa sangat tidak nyaman dan akan lebih berbahaya untuk membawa penumpang di medan-medan yang menantang. Selain itu adanya penumpang sudah barang tentu akan memberikan beban lebih pada mesin.

Single-seater ini dilengkapi dengan lampu led merah di bagian belakang nya. Lampu ini lebih berfungsi sebagai variasi dengan pertimbangan estetis bila dibandingkan dengan fungsinya yang juga adalah lampu rem.

 

Suzuki Intruder 800 Specifications

  • Type:Liquid-cooled, 45-degree tandem V-twin
  • Valve arrangement:SOHC, 2 intake, 2 exhaust valves, operated by rockers, threaded adjusters
  • Displacement, bore x stroke:805cc, 83 x 74.4mm
  • Compression ratio:10.0:1
  • Carburetion:2, 26mm, Mikuni CV
  • Lubrication:Wet sump, 3.5qt., spin-on filter
  • Minimum fuel grade:87 octane
  • Transmission:Wet multiplate clutch, 5 speeds
  • Final drive:Shaft, 3.2:1

 

Wajah gagah meyakinkan dari single seater 800 cc ini makin diperkuat dengan sadel custom berbentuk segi-tiga klasik yang dipasang di atas suspensi belakang. Bentuk dasar tangki bensin cenderung kotak persegi, meskipun  begitu tetap tidak dilupakan faktor aerodinamiknya. Dengan warna yang sangat serasi dengan warna gold suspensi depan motor ini

Warna hitam doff menjadi pilihan yang tepat. Warna ini  tampak sesuai dengan sosok kekar nya. Warna yang mengesankan kekuatan dan keperkasaan yang didukung oleh mesin kuat bertenaga. Sentuhan warna emas sebagai aksen mewah menambah daya pikat kendaraan tangguh ini. Warna metalik sering dipakai untuk memberikan kesan mewah dan high-tech. Karena  umum nya sesuatu yang gemerlap dan memantulkan cahaya akan berkesan mewah.

Dalam hal pemilihan warna, kita memang harus jeli karena hal ini tidak dapat dianggap sepele atau di nomor dua kan. Kepribadian dan selera personal dari pengemudi akan tercermin dalam konfigurasi warna sebuah kuda besi. Meski pun demikian tetap harus dipahami bahwa warna adalah soal selera, dan menjadi pilihan pribadi masing-masing.

 

Mono-schock, yang secara  total mengubah penampilan dan bentuk motor secara keseluruhan, dilakukan untuk menambah kenyamanan. Modifikasi rangka bodi yang cukup besar perlu dilakukan untuk dapat memasang kan mono-shock. Tetapi kerja keras itu sungguh sepadan dengan hasil akhir yang didapat. Dengan mono-shock, motor ini tampak lebih sporty dan nyaman dikendarai.

Terlihat diameter shaft dan kekuatan spring yang digunakan juga diperhitungkan dengan cermat agar dapat memberikan kenyamanan yang maksimal bagi pengemudi.

Ke handalan dan ke ahlian mekanik sangat dibutuhkan dalam melakukan modifikasi seperti ini karena harus dilakukan dengan cermat serta persisi yang tinggi. Banyak hal detail yang harus dipertimbangkan dalam mengerjakannya.

 

Selain hal terssebut di atas, bentuk dari mesin intruder ini terlihat sangat khas dengan bentuk Tandem V twin, double intake, double exhaust yang dilengkapi cairan pendingin radiator

Knalpot samping kecil dan ringan, memberikan suara  dengan bas yang dominan membahana. Hal ini memang tampaknya sengaja diciptakan.. Aslinya mesin motor jenis ini memakai dua knalpot horizontal memanjang ke belakang penumpang. Dalam modifikasi ini kang Yudi melakukan perubahan dan menjadikannya satu kenalpot pendek.

 

Ban depan dan belakang yang menjadi penggerak kuda besi 800 cc ini cocok untuk all-terain. Siap untuk menjelajahi jalan tanah, berbatu, pasir atau bahkan lumpur. Hal ini berbeda dengan ban intruder aslinya yang dikhususkan untuk menjelajahi jalan aspal.

Jari-jari pelek terlihat manis dan memberi kesan klasik dengan detail yang menarik dan kuat, Rem cakram di depan dan belakang dipasang untuk standar keamanan yang tinggi.

 

Kang Yudi, Arsitek modifikasi motor merangkap mekanik asal Bandung ini sudah lebih dari sepuluh tahun terakhir menjalankan profesi nya dengan semangat yang tinggi. .

Kesan pertama adalah suasana tenang, sederhana namun menunjukkan keseriusan dan dedikasi maksimal. Tidak terhitung motor yang sudah dikerjakannya selama dia menjalani profesi ini.

Dalam menyelesaikan proyek-proyek modifikasinya Kang Yudi, demikian panggilan akrabnya, biasa bekerja sama dengan pihak luar, beberapa komponen yang ia butuhkan dipesannya dari pihak luar (Out-sourching) selebihnya dia kerjakan sendiri.

Tidak jarang pelanggan datang dengan menunjukkan foto-foto motor sebagai contoh konsep atau ide dasar dari tampilan akhir yang diharapkan. Berangkat dari situlah Yudi mulai mencurahkan sentuhan kreatif, pengetahuan dan keterampilan nya untuk mewujudkan hasil akhir yang diinginkan.

Selama proses modifikasi seringkali Yudi berdiskusi dengan pemilik dan pembuat komponen, melihat kendala-kendala apa yang ada, serta jalan keluar atau solusi terbaik untuk problem yang dihadapi. Diskusi dengan pemilik biasanya lebih bersifat usaha untuk menggali harapan-harapan atau pun kebutuhan-kebutuhan dari pihak pelanggan.

Tidak jarang pula pelanggan menyerahkan sepenuhnya konsep modifikasi ke tangan Yudi. Nama nya sebagai ahli modifikasi yang sudah dikenal dikenal membuat banyak pemilik motor tidak mau ambil pusing dan mempercayakan seluruh aspek kreatif ke tangan mekanik asal  Bandung ini.

Di lantai dua rumah nya, Yudi menyediakan tempat untuk melakukan pengecatan-pengecatan pada komponen-komponen motor yang sedang di modifikasi nya, Tampaknya mekanik yang berdarah seni ini ingin memastikan detail-detail warna dibuat sesuai dengan keinginannya. Hmm….perfeksionis juga ternyata.