Belajar Kustom Street Naked dari Raja Custom Surabaya

Tren modifikasi nyaris tidak pernah ada matinya. Setiap waktu selalu ada saja ide kreatif baru dunia kustom bike yang muncul, seperti Street Naked yang kini digandrungi penggemar motor custom.

Aliran Street Naked bike ini dominan menonjolkan ukuran kaki – kaki besar dan sangar. Selain itu, juga memamerkan mesin motor yang hanya dilindungi oleh frame bar alias tanpa fairing.

 

Proses modifikasi Raja Custom

Di Indonesia, khususnya kota Surabaya, aliran modifikasi Street Naked Bike mulai diminati sejak tahun 2015. Ciri khas motor aliran ini menggunakan ban ukuran besar dengan pelek cast wheel yang  diapit monoshock untuk sektor buritan. Sedangkan ajrutan depan biasa menggunakan shock teleskopik atau pun up side down.

Raja Custom Surabaya sendiri merupakan salah satu rumah kustom yang piawai membangun motor kustom bergenre Street Naked. Bersama Suhendra selaku pemilik Raja Custom Surabaya kami pun ngobrol seputar dunia street naked yang mulai naik daun ini.

 

Bagimana cerita awalnya terjun di dunia modifikasi motor?

Proses yang masih setengah

Berawal dari hobi mengutak atik motor sendiri dan kemudian mengubah beberapa bagian part motor asli dengan part aksesori supaya beda dengan lainnya, tapi karena masih merasa belum puas yang semula part aksesoris kembali saya modifikasi supaya sesuai dengan selera hati.

Dari rasa penasaran serta tidak mudah puas inilah akhirnya lebih serius terjun dan belajar seputar modifikasi motor dengan harapan bisa membangun motor yang sesuai dengan selera pribadi.

 

Tahun berapa resmi mendirikan Raja Custom?

Raja Custom resmi berdiri sejak tahun 2009. Namun, kami harus berpindah lokasi karena jumlah konsumen semakin banyak dan memerlukan lahan yang lebih luas. Dan kami baru dua tahun ini menempati lokasi yang sekarang.

 

Apa konsep bengkel modifikasi Raja Custom ini?

Konsep utamanya adalah one stop service. jadi, pelanggan tidak perlu bingung mencari bahan – bahan untuk modifikasi karena kami sudah menyediakannya.

Pelanggan cukup mengirimkan motor yang akan dimodifikasi tanpa harus repot membawa aksesori atau pun part custom-nya. Namun ini enggak mutlak, terkadang ada pelanggan yang bawa part custom sendiri dan kami tinggal memasangkannya.

 

Motor apa yang pertama di full kustom dan apa aliran modifikasinya?

Proses pembuatan motor custom

Honda Tiger dengan gaya Street Fighter.

 

Gaya modifkasi apa saja yang dikerjakan oleh Raja Custom?

Street Naked bike dan Klasik. Untuk klasik biasanya pelanggan baru karena masih ingin melihat kualitas karya kami.

 

Siapa saja pelanggan Raja Custom ?

Mulai dari pelajar SMA, mahasiswa, dan profesional muda. Dan saat ini lebih didominasi oleh profesional muda atau orang yang baru bekerja serta mulai mengenal dunia kustom.

 

Selain mengerjakan modifikasi apa lagi yang bisa dikerjakan ?

Kami juga menerima jasa pembuatan fiber untuk segala keperluan. Selain itu ada juga jasa khusus pengecatan motor atau pun mobil.

 

Apa mahakarya Raja Custom yang pernah mendapatkan gelar prestasi di lomba modifikasi ?

Bajaj Pulsar 220 dan Suzuki GSX 250, kedua motor tersebut murni dari hasil karya kami mulai dari konsep awal hingga pengerjaannya.

 

Berapa lama proses pengerjaan untuk satu unit motor yang full custom ?

Sekitar dua hingga tiga bulan.

 

Selain custom body apakah juga bisa custom engine ?

Raja Custom hanya menerima modifikasi bodi motor saja, karena kami belum memiliki tenaga spesialis untuk modifikasi mesin.

 

Untuk konsep modifikasi dari Raja Custom atau dari pelanggan ?

Konsep modifikasi sepenuhnya dari pelanggan, kami hanya mengubah beberapa bagian saja supaya lebih bagus dan tetap fungsional. Biasanya pelanggan memberikan foto atau gambar gaya modifikasi yang dimau.

 

Motor apa saja yang sering dimodifikasi ?

Rata – rata motor sport seperti Honda CBR, Bajaj Pulsar, Honda Tiger, Yamaha Scorpio, dan Suzuki Thunder.

 

Pelanggan Raja Custom dari mana saja ?

Sisi dalam bengkel Raja Custom

Masih didominasi area Jawa Timur saja.

 

Menurut Raja Custom modifikasi yang bagus itu seperti apa ?

Modifikasi yang tetap mengutamakan keamanan serta kenyamanan bagi pengendaranya. Jadi, kami tidak asal main pasang part modifikasi dan asal potong sasis, Namun, harus tetap melakukan pengukuran secara akurat sehingga saat motor digunakan sasis modifikasi tersebut tetap stabil.

 

Bagian mana dulu yang pertama dikerjakan saat melakukan modifikasi ?

Tergantung konsep dari pelanggan, apabila konsepnya Street Naked yang pertama dikerjakan sektor kaki – kaki motor, karena gaya Street Naked lebih menonjolkan karakter kaki motor.

 

Tentang Suhendra

Sosok Suhendra

Suhendra, seorang builder lokal kelahiran kota Surabaya 30 tahun ini, semenjak duduk di bangku SMA sudah menggemari dunia modifikasi motor dengan rombakan ringan. Lulus SMA mulai mengerjakan motor modifkasi milik beberapa teman dekatnya dengan aliran modifikasi Thai-look yang mengandalkan aksesori serta pernak-pernik dengan warna eye catchy.

 

Tentang Raja Custom Surabaya

Model motor yang masih dikerjakan

Awal mulanya bengkel modifikasi Raja Custom Surabaya dimiliki oleh Wiwin, sahabat Suhendra. Namun seiring dengan kesibukan aktivitasnya, Wiwin mempercayakan sepenuhnya Raja Custom Surabaya kepada Suhendra.

Brand rumah modifikasi Raja Custom Surabaya sudah dikenal luas oleh penggemar modifikasi aliran Street fighter dan Street Naked sekitar Jawa Timur. Salah satu karya Raja Custom Surabaya pernah moncer juara III nasional kelas Street Naked di gelaran HMC 2018.

 

Nama Bengkel : Raja Custom Surabaya
Alamat : Jl. Upa Jiwa no. 11, Surabaya
No. Telepon   : 0878 5928 8882
Jam Operasional  : 10.00 – 18.00  wib
Instagram   : @bon_bon_dfighter, @rajacustomsurabaya