Tertarik ingin punya motor kustom yang bikin kamu ‘tampil beda’!

Pernah gak kamu berpikir untuk membeli kendaraan model lama dan dimodifikasi agar terlihat keren? Atau kamu memang pengendara yang ingin motornya tampil seperti itu-itu saja?

 

Motor adalah salah kendaraan yang memilki peminat tinggi. Selain harga yang lebih murah dari mobil, kemudahan dalam penggunaan pun jadi pertimbangan.

Kamu yang merupakan pengguna motor pasti pernah berpikir untuk memodif tampilan motormu.

 

Untuk saat ini motor lansiran lawas memang sedang naik daun, bahkan untuk yang lansiran di awal tahun 2000-an.

 

Kadang-kadang harganya cukup fantastis, bisa untuk membeli motor lansiran terbaru dengan jumlah lebih dari satu.

 

Dimata para rider genre klasik atau retro itu punya passion tersendiri, ada yg nostalgia, ada yg emang hobi bahkan ada juga yg sekedar suka dengan style nya.

 

Apa sih enaknya bro pake motor dengan fasilitas yg minim??

Yaa…emang sih motor motor sekarang udah dengan fasilitas yg cukup mumpuni, kaya Abs, Keyless, Mobile Charging, Alarm Security, dll..
tapi untuk pecinta Retro dan Classic gak akan kehabisan akal kok, banyak yg di modif sedemikian rupa biar waktu dikendarai atau touring makin enak.

 

Lalu untuk sparepart? apa gak susah dan mahal?

Naahh disitulah tantangan bagi pecinta motor Retro atau Klasik, tapi selama kita gabung Grup, Club atau Komunitas, gak perlu takut kesusahan part dsb.

Kan banyak tuh motor yg terbilang modern yg di modif, sampe potong potong rangka, apa gak sayang?

biasanya semua udah di pikirin mateng mateng bro..
apalagi selama hasil yg kita dapat sesuai harapan, malah makin seneng.

gak takut ketilang?

Sampe saat ini sih peraturan yg dulu sempet heboh soal denda 24jt itu belum pernah kejadian ya, dan selama kita safety plus kelengkapan surat surat ada, menurut saya masih sah sah aja, terkecuali kita udah menambah volume silinder sehingga merubah cc, otomatis kita harus lapor ke samsat.
Perlu diketahui, tidak semua jenis motor bisa dijadikan objek modifikasi ala retro klasik. Untuk mengusung konsep ini, biasanya motor-motor yang empuk dijadikan sasaran adalah motor-motor sport touring seperti Yamaha Scorpio, Yamaha V-Ixion, Suzuki Thunder, dan Honda Tiger.

“Untuk hal ini, bukan berarti motor-motor diluar motor sport touring tidak bisa dijadikan objek, karena pertama kami harus sesuaikan rangkanya. Kalau motor bebek atau motor matik mau dijadikan ala-ala retro klasik kan cukup sulit karena dari segi rangkanya saja sudah berlawanan, jadi jangan sampai salah.

Nah menurut saya itulah beberapa pertanyaan pertanyaan mendasar saat orang awam liat motor jenis Retro atau Klasik entah bawaan pabrik atau modifan.Jenis motor bergenre Retro atau Klasik itu sendiri. Misalnya Cafe Racer motor bergenre Cafe Racer sendiri asalnya dari Inggris. kenapa di sebut Cafe Racer??
jadi pada jaman dahulu kala anak muda di Inggris yg berjiwa pembalap itu sering balapan dari kafe ke kafe lainnya sebagai tanda start dan finish.
ciri ciri Cafe Racer sendiri itu seperti stang jepit dan body tawon (hornet)
untuk posisi riding nya sendiri nunduk ala motor sport.

 

Tetapi daripada susah susah banyak merubah  menjadi classic mendingan berburu motor lawas dengan mesin dan perangkat lainnya diperbaruhui. Karena biasanya motor yang kita dapatkan sudah kusam dan rusak.

Memiliki bahan motor klasik biasanya dihadapkan pada dua pilihan, merestorasi sesuai bawaan standar atau dicustom mengikuti trend sekarang.

Beda sama custom, sewaktu-waktu pasti akan ada rasa bosannya.Bangun motor juga enggak buru-buru ,

 

Terkadang tidak mudah mencari sepeda motor klasik. Seorang pehobi bisa saja berburu sampai ke luar kota bahkan luar negeri untuk mendapatkan sepeda motor idamannya.

 

Salah seorang pehobi motor klasik dan sekaligus hobi restorasi  adalah Philip Kembar, kenapa dipanggil Kembar, karena dia tinggal didaerah Kembar, Cigereleng, Bandung.

Modifikasi motor tua memang sampai saat ini masih banyak yang menyukai karena motor tua yang sudah di restorasi terlihat lebih keren dan menjadi pusat perhatian bagi yang melihatnya terlebih kalau modifikasinya sedikit diberi sentuhan aksesoris modern.

 

Menurut dia untuk merestorasi custom motor lawas  adalah :Pertahankan Tampilan Asli Inilah hal penting yang wajib dilakuin buat merestorasi ulang motor tua yaitu mempertahankan tampilan asli motor terutama bagian rangka agar aura klasiknya tidak hilang.

 

Usahakan Semua Fitur Berfungsi

Yang dimaksud adalah fitur standar motor tersebut saat kondisi baru semisal kelistrikan, elektrik starter, atau bisa juga pompa oli (untuk yang 2tak) yang masih normal.

 

Pemakaian Piranti yang Mendukung Tampilan Klasik. spion bulat

Ini juga mempunyai pengaruh yang cukup besar brosis semisal penggunaan spion bulat, velg jari – jari dan beberapa piranti klasik lainnya.

 

Blok  chrome

Ini juga mulai menjadi tren di kalangan modifikator motor klasik, semisal area mesin, tabung shock depan, tromol depan maupun belakang dan swing arm.

 

Selain untuk menyalurkan hobi, motor klasik ternyata bisa jadi investasi jangka panjang buat pemiliknya.Lantaran motor klasik bisa dijual di masa depan dengan harga yang cukup tinggi.

Sebenarnya sudah sejak lama saya menyukai sepeda motor. Motor-motor itu saya utak-atik sendiri menjadi motor classic.

 

Tujuan sebenarnya untuk mengumpulkan orang-orang sesama pecinta motor kustom Sampai akhirnya, banyak teman saya yang datang dan minta tolong ke saya untuk memodifikasi motor mereka. Lama-kelamaan, mereka berpikir ‘kenapa tidak buka bengkel modifikasi sendiri saja?’

 

Darimana mempelajari modifikasi motor?

Saya belajar secara otodidak. Saya banyak melihat referensi di internet dan majalah, lalu bergaul dengan teman-teman mekanik. Ada teman saya yang seorang mekanik, lalu saya ajak bergabung.

 

Nah, salah satu permasalahan dalam merawat motor klasik yaitu sulitnya mencari sparepart.

Tapi tidak usah khawatir karena masih ada toko yang menjual spare part lawas, atau kadang bisa pergi mencari ke tempat yang menjual barang bekas spare part lama.

 

Letak lokasinya ada di wilayah Jakarta, Depok dan Bogor.

  1. Lapak Setengah Tua, Jalan Raya Kelapa Dua Wetan No.1, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur (0812-8913-3333).
  2. Lapak Antik, Raya Pd. Gede, RT.4/RW.2, Halim Perdana Kusumah, Makasar, Jakarta Timur ((021) 91089052 ).
  3. Lapak Satu Setengah, Buhar, Tugu, Cimanggis, RT.1/RW.5, Tugu, Depok, Jawa Barat, (021) 92989862 ).
  4. MR Classic, jalan Raya Lenteng Agung Blok Kancil 2 No.80, Jagakarsa, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (0812-1020-0037)
  5. Antik Motor, Jalan Ciracas Raya, RT.4, Ciracas, Jakarta Timur, (021) 8705909 ).
  6. Nano 90, Jalan Raya Bogor Km 37,5 no.6 rt01/rw10, Sukamaju -cilodong, Cilodong, Depok,( 0813-1482-2869 ).
  7. Polaris Variasi, Kebon Jeruk III No.51, RT.1/RW.4, Maphar, Tamansari, Jakarta Barat, (021) 62309552 ).
  8. Rangkuti Motor Classic,  Raya Parung No.528, Parung, Bogor, Jawa Barat (0812-8522-8367).

Bagaimana  apakah anda tertarik dengan restorasi kustom motor classic lawas ?