Mengenal Dunia Kustom Mocil (Motor Kecil) ala Carlos Garage

Dunia motor kustom terus mengalami perkembangan setiap harinya. Berbagai elemen masyarakat semakin tertarik dengan kultur tersebut.  Bahkan, motor kustom yang dulunya identik dengan mesin berkapasitas besar atau di atas 500cc, kini sudah merambah ke kubikasi yang lebih kecil, 250cc, 200cc, hingga 100cc, menyesuaikan dengan kondisi tempatnya berkembang, seperti Indonesia, khususnya Kota Malang.

 

Hasil karya Carlos Garage dengan mesin kecil C70

Kami pun bertemu dengan Aan Subiantoro, pemilik rumah kustom Carlos Garage untuk mengungkap berbagai rahasia terkait dunia kustom di daerah Malang dan sekitarnya.

Dialog santai sore itu berlangsung di sela-sela kesibukannya yang tengah mengerjakan beberapa proyek sekaligus, yaitu restorasi Honda CB100, kustom Honda Tiger menjadi tracker, dan pembangunan ulang sebuah motor bergaya cafe racer.

Berikut kami sajikan wawancara bersama Mas Aan yang sudah kami terjemahkan dari bahasa Jawa ‘Malangan’ ke dalam Bahasa Indonesia.

 

Mas Aan sedang mengerjakan kustom mesin

Sejak kapan terjun ke dunia motor kustom? Apa yang menuntun masuk ke profesi Mas Aan sebagai builder?

“Awalnya saya ‘bermain’ di dunia Honda CB. Kemudian saya buka bengkel, waktu itu masih modifikasi Honda CB tahun 2001, lokasinya sampai sekarang ya di sini, Ngijo, di rumah saya. Baru sekitar tahun 2007 belajar kustom motor secara otodidak.”

Apa motor pertama yang dibuat? Kenapa suka jenis itu?

“Pertama kali saya bikin motor ‘odong-odong’ itu (sambil menunjuk motor kustom bergaya chopper pertamanya). Ya saya suka saja dengan gaya motor chopper, gagah tapi santai.”

Inspirasi untuk membangun motor kustom datang dari mana?

“Biasanya pelanggan sudah bawa gambar sendiri ya. Ingin modelnya seperti apa, warnanya juga. Tapi tidak saya tiru persis, ada beberapa bagian yang diubah supaya terlihat lebih manis saja. Untungnya selama ini belum ada yang datang tapi tidak tahu akan dibuat seperti apa.”

 

Motor kustom yang masih dalam proses pengerjaan

Kira-kira sudah berapa banyak motor yang dibangun? Jenisnya apa saja?

“Banyak mas. Kan sudah sejak 2007, mungkin sekitar 200-an. Kalau jenisnya macam-macam, tergantung permintaan, ada scrambler, tracker, chopper.”

Saat mulai membangun motor, bagian mana yang didahulukan?

“Kalau saya kaki-kaki dulu, ban, shockbreaker. Baru bodi-bodi saya buat polanya. Meskipun baru pola, bentuk motor itu sudah terlihat”

Bagian mana saja yang dikustom atau dibuat sendiri?

“Semua bisa saya buat, tergantung permintaan konsumen. Seperti itu (sambil menunjuk motor kustom bergaya chopper karyanya), itu sisa mesinnya saja, dari Yamaha Scorpio. Selebihnya ya saya buat sendiri, seperti rangka, tangki, bodi-bodi.”

Menurut Mas Aan, motor kustom yang bagus itu seperti apa?

“Yang sesuai pakem atau aturan. Jadi kan jenis motor itu ada pakemnya. Kalau chopper itu begini, tracker, scrambler. Bisa diubah sesuai permintaan, tapi kan tetap harus terlihat manis dan enak dipandang.”

Apa bagian tersulit saat membangun motor kustom?

“Tergantung permintaan konsumen. Ada yang suka detail di tangki, bodi samping. Ya ada kesulitannya sendiri-sendiri sih mas. Tapi yang lumayan butuh waktu ya pengaturan kabel dan pengecatan.”

 

Deretan motor yang sudah hampir selesai dikerjakan

Konsumen Mas Aan berasal dari mana saja? Kalangan mahasiswa atau pekerja?

“Kebanyakan luar kota. Bahkan konsumen dari Kota Malang itu bisa dihitung jari. Ada yang dari Kalimantan, Sulawesi, Jawa sini, paling jauh saya kirim ke Papua.

Bervariasi, mahasiswa ada, pekerja juga ada.”

Kalau dari luar Malang prosesnya bagaimana? Motor bahan dikirim ke bengkel?

“Biasanya mereka telepon atau chatting lewat whatsapp menginformasikan budget sekaligus konsultasi dulu dan memberikan gambaran motor kustom setelah jadi.

Kalau yang luar Jawa biasanya cari motor bahan itu di sini. Begitu jadi nanti saya kirim.”

Motor paling banyak dikustom apa saja?

Rata-rata motor Jepang mesin kecil, GL, MegaPro. Tapi paling banyak Honda Tiger dan Yamaha Scorpio. Pernah juga modif yang 650 cc.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun satu motor kustom? Pengerjaannya berapa lama?

“Tergantung konsumen. Yang dibuat sendiri apa saja, yang dibeli apa saja. Kualitas cat juga pengaruh. Kalau motor bahannya kita yang beli ya otomatis makin besar lagi.

Sekitar 2 sampai 3 bulan. Yang lama itu proses pengecatan, karena dikerjakan teman saya. Jadi ya tergantung di sana ramai atau tidak.”

 

View this post on Instagram

Savor…#anorama……

A post shared by C A R L O S C U S T O M (@aan_garage) on

Berarti Mas Aan hanya khusus di pembangunan motor kustom awal saja?

“Ya, mulai kaki-kaki, bodywork, pengaturan kelistrikan itu saya sendiri. Yang dari luar itu cat, jok, lalu kalau ada yang butuh krom, nah itu ada teman saya yang mengerjakan. Anggap saja bagi-bagi rezeki.”

Seandainya saya punya motor bahan dan ingin dikustom dengan genre scrambler, kira-kira biayanya berapa?

“Sekitar Rp9 jutaan. Tapi itu harga tidak pasti. Bisa berubah tergantung permintaan konsumen.”

Karya-karya Mas Aan sudah pernah ikut kontes?

“Suryanation pertama di Malang ada 1 motor saya. Tapi bukan atas nama saya, sudah pakai nama konsumen. Jadi mereka pesan motor di saya untuk ikut kontes. Kalau menang ya syukur. Tapi saya tidak pernah bangun motor kustom hanya untuk kontes.”

 

Tentang Aan Subiantoro

Aan Subiantoro, seorang builder lokal yang lahir dan besar di Malang ini telah melanglang buana di dunia roda dua selama lebih dari 20 tahun. Mulanya, ia adalah seorang anggota komunitas Honda CB di Malang.

 

Sosok Mas Aan

Tak heran jika ia mengawali karir di dunia kustom dengan membuka bengkel khusus Honda CB sejak tahun 2001.

 

Tentang Carlos Custom

Bagian Depan Carlos Garage

Rumah kustom yang cukup tenar di lokal Malang ini diberi nama Carlos Custom karena lokasinya yang berada di Jalan Raya Ngijo no.1 Malang. Bengkel yang namanya terinspirasi dari lokasinya, Karangploso atau disingkat Karlos ini hanya sebesar garasi mobil, namun terisi penuh dengan motor pesanan pelanggannya. Di sana juga ada karya pertama Mas Aan yang kini teronggok tak berdaya.

 

 Nama Bengkel  Carlos Custom atau Aan Garage
 Alamat  Jalan Raya Ngijo no.1, Karangploso
 No. Telp  81217600175
 Instagram  @aan_garage
 Jam buka  Senin-Sabtu 09.00 – 17.00