Minority Custom Motorcycle (MCM): Ahlinya Bikin Tracker dan Cafe Racer

Dunia kustom semakin berkembang seiring menuanya zaman. Generasi baru terus terlahir hingga menghasilkan konsep baru yang tidak jarang terkesan unik dan spektakuler.

Salah satu bengkel yang terus bersaing untuk menghadirkan konsep baru ialah Minority Custom Motorcycle (MCM). Tim Otoraja sempat bertemu dengan Jonathan Evan, sang punggawa MCM yang enggan menyerah melawan tren modifikasi yang terus berubah-ubah.

 

Hasil karya MCM dengan aliran retro

Selama membesarkan nama MCM, rumah modifikasi yang berlokasi di daerah perumahan Gunung Harapan, Kota Surabaya itu kerap menempati posisi tiga besar di ajang kontes modifikasi. Tak tanggung-tanggung, skala juara regional maupun nasional sempat mereka libas.

 

Model bersama motor hasil karya MCM

Tracker dan Cafe Racer merupakan karya wajib dan menjadi andalan mereka setiap kali bertandang ke ajang kontes modifikasi. Salah satu rahasia terpenting dalam goresan prestasi mereka rupanya terletak pada kerapihan dan juga tingkat presisi tinggi, sehingga juri kerap kali tak bisa berpaling dari karya MCM.

Lalu apa lagi rahasia sukses MCM lainnya? Berikut obrolan tim Otoraja bersama MCM.

Bagaimana awal ceritanya terjun ke dunia modifikasi motor ?

“Awalnya dari hobi membuat sketsa berbagai model modifikasi, terus mengaplikasikannya ke motor sendiri. Dulu saat masih SMP sempat terpilih sebagai wakil salah satu main diler motor jawa timur untuk di ikutkan ke kontes modifikasi. Nah dari situlah semakin serius untuk mendalam dunia modifikasi.”

Minority Custom Motorcycle, ini apa ya arti dan maknanya?

“Minority artinya minoritas atau beda, maksudnya saya punya ciri khas serta karakter tersendiri yang tidak bisa ditiru orang lain. Sehingga orang yang melihat hasil modifikasi saya akan langsung tahu kalau karya tersebut merupakan hasil modifikasi MCM.”

 

Crew MCM sedang mengerjakan part motor kustom

Apa saja yang bisa dikerjakan oleh MCM?

“Restorasi, custom, dan air brush. Restorasi berarti membangun ulang motor ke model standar pabrikan dan biasanya ini dilakukan oleh klien yang menemukan ‘harta karun’ alias motor tertentu dengan tipe yang langka namun kondisinya masih berantakan.”

Basic motor apa yang ideal untuk dimodifikasi ?

“Yamaha Scorpio dan Honda CB 400 SF. Namun rekomendasi paling ideal ya Yamaha Scorpio karena sudah memiliki rangka ala moge serta kapasitas mesin yang cocok dengan karakter modifikasi gaya tracker ataupun cafe racer.”

 

Pengerjaan tangki kustom

Bagian part motor apa saja yang diproduksi sendiri oleh MCM dan menggunakan bahan apa?

“Jok, Body, pelek dan sasis. Kami menggunakan bahan plat galvalum yang ringan namun tetap presisi. Dan untuk modelnya disesuaikan dengan gaya modifikasi yang dipilih klien. Sedangkan sasis motor kami gunakan bahan dari pipa gas.”

Satu project modifikasi dikerjakan dengan waktu berapa lama?

“Tiga sampai empat bulan, tergantung tingkat kesulitan serta detail pengerjaannya.”

Bagaimana memilih konsep modifikasi yang akan dikerjakan ?

“Untuk konsep modifikasi biasanya berdiskusi dulu dengan klien, konsep apa yang diinginkan kemudian saya buatkan sketsanya. Setelah klien setuju dengan konsep serta sketsa modifikasi yang ditawarkan baru disodorkan untuk biaya modifikasi.”

Berapa harga jasa modifikasi di MCM ?

“Apabila menggunakan part lokal custom mulai harga Rp. 25 juta, dan jika memilih part custom import harga mulai Rp. 35 juta.”

 

Honda CB200 The Ronin (Pipeburn)

Hasil modifikasi terbaik atau masterpiece MCM?

“Honda CB 200 milik orang Kupang, sudah sering menjuarai kontes modifikasi nasional.”

Bagaimana prospek bisnis modifikasi kedepannya?

“Masih menggiurkan, karena untuk presiden saat ini mendukung usaha kreativitas modifikasi namun harus tetap dibuatkan regulasi jelas tentang motor modifikasi yang layak jalan. Harapannya modifikator semakin terpacu menciptakan hasil karya yang tetap mengutamakan unsur safety. “

 

Sosok Jonathan Evan

Sosok Jonathan Evan

Jonathan Evan yang akan berulang tahun ke-30 pada akhir bulan Maret ini merupakan lulusan Fakultas Psikologi salah satu perguruan tinggi swasta ternama kota Surabaya. Mulai gemar modifikasi motor sejak duduk di bangku SMP.

Berawal dari sekadar hobi, Jonathan akhirnya memutuskan untuk menggelutinya secara serius dan resmi membuka rumah modifikasi MCM pada tahun 2014 silam di kediamannya sendiri.

 

MCM memiliki lima personel yang memiliki tugas masing – masing, di antaranya membuat body custom, grafis air brush, hingga finishing. Meski sudah memiliki anak buah, Jonathan tetap melakukan pengawasan langsung untuk setiap project yang dikerjakan.

 

Tentang Minority Custom Motorcycle

Bagian depan bengkel Minority Custom Motorcycle (MCM)

Rumah modifikasi yang digawangi oleh Jonathan Evan ini tidak berada di tengah kota, melainkan di salah satu kompleks perumahan wilayah Surabaya Selatan. Meski begitu klien MCM datang dari berbagai wilayah Indonesia.

 

Etalase dalam bengkel MCM

Sekalipun brand MCM sudah dikenal, namun Jonathan tetap aktif mengenalkan hasil modifikasinya baik secara online dan offline lewat pameran – pameran otomotif. Langkah ini ditempuh untuk lebih memperluas brand image MCM di kalangan masyarakat umum atau pun penghobi modifikasi yang belum mengenal MCM. Hasilnya jumlah klien MCM semakin bertambah.

 

Nama Bengkel : Minority Custom Motorcycle
Alamat : Gunung anyar harapan za 21a
Telepon : 089677916303
Akun IG : @minority_custom
Jam Oprasional : 10.00 – 20.00 WIB