Tips Aman Mengendarai Motor Matic Bagi Wanita

Keamanan berkendara adalah hal yang utama khususnya untuk motor dan perempuan. Banyak orang yang mengatakan perempuan sering salah ketika berkendara. Maka dari itu, kamu khususnya perempuan perlu mengetahui sederet hal agar aman mengendarai motor matic. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Tahap Persiapan

Tahap persiapan menjadi hal penting dalam keselamatan berkendara. Motor dan pengendara harus dalam kondisi baik. Tidak hanya kondisi motor yang prima, orang yang mengendarai juga harus siap. Setelah semuanya siap, proses pertama adalah menyalakan motor matic. Ingat bahwa menyalakan motor matic berbeda dengan motor bebek maupun kopling. 

Kamu perlu menekan electric starter dibarengi dengan menarik tuas rem untuk menyalakannya. Jika motor tidak mau menyala juga, pastikan standar samping sudah terangkat. Terdapat  beberapa motor matic yang tidak mau menyala jika standar samping mereka masih turun.

Jika sudah menyala, kamu perlu memperhatikan posisi duduk jika ingin mengendarai motor matic dengan aman. Posisi duduk ini bisa mempengaruhi kualitas pengalaman berkendara. Jangan menjalankan motor sebelum posisi sudah aman. Pastikan juga motor yang kamu gunakan tidak terlalu tinggi agar mudah untuk mengontrolnya. 

Saat Motor Jalan

Ketika motor mulai jalan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah cara menarik gas.  Beberapa mengatakan bahwa untuk memegang handle gas dengan sebagian jari dan menyiapkan jari lain di tuas rem. Dengan posisi seperti ini maka kamu bisa mendapat reflek rem dengan cara yang lebih cepat.

Padahal hal ini ternyata kurang tepat. Posisi yang benar adalah menggenggam penuh handle gas dengan seluruh jari kamu. Dengan posisi tangan seperti ini, kamu akan bisa lebih mengendalikan kontrol sepeda motor. Posisi ini juga memudahkan kamu saat melakukan pengereman. Artinya gas akan terlepas sedikit sehingga kecepatan berkurang. 

Hal ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman ketika menarik tuas rem. Tidak hanya soal posisi tangan, kamu juga harus memperhatikan tarikan gas. Motor matic dan motor lainnya berbeda. Tarikan gas pada motor matic memang berat karena mesinnya dirancang untuk dapat berjalan saat mencapai RPM tertentu. 

Jadi untuk awal-awal berkendara memang tarikannya akan terasa berat. Namun tak perlu khawatir. Sebab ketika motor sudah berjalan, maka tidak akan terasa berat lagi. Bahkan kalau kamu mau menarik gas sekencang-kencangnya, kecepatan motor matic tidak akan kalah dengan motor lainnya kok.

Selain gas, kamu juga perlu memperhatikan cara pengereman. Agar mengendarai motor matic dengan aman, kamu harus menggunakan rem depan dan belakang. Agar kualitas pengereman sesuai dengan yang diharapkan, gunakanlah rem belakang dan depan secara bersamaan.

Catatan Lain Saat Mengendarai Motor Matic

Ada hal lain yang perlu kamu perhatikan saat mengendarai motor matic yaitu saat berada di turunan dan tanjakan. Menggunakan motor matic di jalan yang menurun dan menanjak memang sedikit berbeda. Pada saat berada di turunan, cobalah untuk sedikit melambat dengan cara melepas gas dan gunakan rem. 

Jika dibiarkan melaju terlalu kencang akan berbahaya bagi kendaraan–kendaraan di sekitar dan tentunya membahayakan kamu juga. Sedangkan saat di tanjakan, tentunya kamu harus menambah kecepatan sebelum jalannya menjulang ke atas. Terakhir, pastikan kamu membiasakan diri dengan kendaraan. 

Setiap motor memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Meskipun motor matic memiliki karakteristik mesin yang sama, tapi ada perbedaan yang cukup signifikan. Maka kenali terlebih dahulu motor yang kamu miliki. Dengan demikian kamu bisa mengendarai motor matic dengan lebih aman dan nyaman.