Duh Fitur Keyless Bisa Dibobol Maling, Ini Tipsnya!

Teknologi motor sudah semakin berkembang. Salah satu yang dikembangkan adalah dari sisi keamanan. Teknologi tersebut adalah keyless. Lantas kira-kira apakah fitur keyless ini aman? Sayangnya tidak! Sebab ada beberapa kasus fitur ini dibobol maling.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui pentingnya menjaga supaya fitur keyless tidak dibobol maling. Berikut sederet tips yang perlu kamu perhatikan supaya keamanan motor tetap terjaga. Selain itu, ketahui pula bagaimana fungsi dan cara kerja dari fitur keamanan satu ini. 

Sejarah Fitur Keyless

Bicara sejarah singkatnya, konsep fitur keyless diperuntukkan untuk membuka dan menutup pintu mobil saja. Pencipta pertama kali teknologi ini adalah pria asal Prancis, Paul Lipschutz yang diaplikasikan pada mobil Renault Fuego pada medio 1983.

Meski memang teknologi ini belum sepenuhnya diaplikasikan pada sepeda motor, teknologi ini membawa babak baru pada industri roda dua khususnya dalam negeri. Kebiasaan menggunakan motor pun kini berubah. Kamu tak perlu lagi memasukkan anak kunci ke dalam lubang dan memutarnya untuk menyalakan. 

Selain menawarkan kepraktisan dan unsur kecanggihan, fungsi lain adalah memberikan keamanan, khususnya dari tindak pencurian. Benefit yang lain, tak ada lagi kasus anak kunci patah atau terlepas dari lubang ketika motor dikendarai.

Lalu bagaimana dengan cara kerjanya? Pada dasarnya teknologi keyless yang dipakai pabrikan sepeda motor punya mekanisme kerja yang serupa. Jadi remote alarm yang berisi modul immobilizer akan bekerja dengan pusat kontrol sistem keyless yang tadi disebut oleh Slamet, yakni Smart Control Unit (SCU).

Saat remote alarm didekatkan ke motor dalam jarak kurang dari 2 atau 1 meter. Fungsi immobilizer akan memancarkan sinyal dan SCU tadi akan mencocokan sesuai kode numerik yang didaftarkan. Kondisi ini akan membuat kenop kontak dapat diaktifkan.

Cara Mengamankan Fitur Keyless Agar Tidak Dibobol Maling

Ingat bahwa semua tingkat keamanan pada motor pasti memiliki peluang untuk ditembus oleh pencuri. Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk tetap menggunakan kunci ganda pada spot-spot tertentu. Tetap gunakan kunci ganda di area lain. Misalnya kunci disc (cakram), alarm, dan sebagainya.  

Meski pada motor Honda sudah dibekali kunci pengaman ekstra dengan tutup magnet di lubang kunci. Hal ini tentu bukan hal sulit untuk maling membobolnya dalam hitungan detik. Sebagai upaya memperlambat pencuri, ada baiknya memposisikan stang ke arah kanan ketika ingin mengunci stir.

Sebagai contoh beberapa motor, termasuk produk Honda juga sudah dibekali fitur keyless, misalnya pada PCX 160 atau ADV150. Namun dalam beberapa kasus, pencuri masih bisa mengakali dengan memalsukan sistem sinyalnya. Maka, jangan pernah berikan nomor pin atau barcode kepada siapa pun. Umumnya nomor rahasia ini diberikan ketika penyerahan unit baru ke konsumen.

Kamu juga perlu teliti dan waspada. Perhatikan kondisi keamanan lingkungan ketika meninggalkan motor dalam jangka waktu cukup lama. Pilih lokasi strategis dan aman ketika ingin meninggalkan motor. Sebisa mungkin pilih di tempat ramai dan hindari meninggalkan di lokasi gelap dan sepi. Kewaspadaan utama adalah dari kamu sebagai pengendara.