Tips Menyalakan Motor Ditinggal Lama Agar Tak Rusak

Banyak yang bilang kalau motor yang jarang dipakai itu akan awet. Justru hal tersebut tidak benar. Justru motor malah semakin rentan mengalami kerusakan bila dibiarkan begitu saja. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa hal yang diperhatikan ketika menyalakan motor ditinggal lama agar tidak rusak. 

Tips Menyalakan Motor yang Ditinggal Lama

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya motor tetap aman ketika sudah lama tak dinyalakan atau digunakan. Hal pertama harus dilakukan sebelum menghidupkan mesin motor yang lama tak dinyalakan adalah mengengkol sebanyak 15 kali. Hal ini dilakukan supaya olinya bersirkulasi.

Setelah itu, kamu bisa coba nyalakan mesin sepeda motor dengan bantuan choke. Tentu saja cara ini cocok untuk motor yang masih memakai choke. Kalau tidak ada choke, nyalakan mesin dengan memakai engkol.

Komponen lain yang harus diperiksa sebelum motor dinyalakan adalah aki. Kalau aki soak karena dibiarkan terlalu lama tidak dipakai, maka pengisian listrik menjadi sia-sia. Hasilnya, mesin mungkin saja tidak bekerja dengan normal. Maka dari itu, coba cek bagian aki ketika memang tidak bisa menyala. 

Jika memang ada masalah pada aki, pasangkan kabel negatif pada battery. Sebab, sepeda motor yang hendak disimpan dalam waktu lama sebaiknya kabel negatif pada battery dilepaskan agar kondisi battery tidak drop atau rusak. Umumnya batas waktunya dalam seminggu. 

Lalu buka choke sampai ke posisi maksimal, lalu hidupkan sepeda motor. Apabila disimpan sangat lama gantilah oli mesin atau pelumas mesinnya. Apabila motor bebek atau sport melumasi rantai roda beserta gearnya. Tak lupa, kamu untuk cek tekanan angin ban.

Selain itu, jika motor kamu adalah injeksi yang tidak memiliki kick starter ada cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa mengawali proses penyalaan mesin dengan memutar kunci kontak ke ON, kemudian kembali lagi ke OFF. Lakukan cara ini secara berulang-ulang sebanyak tiga kali. 

Ternyata cara ini ampuh dilakukan untuk mempercepat bahan bakar turun ke injektor. Setelah sudah diputar ON-OFF tiga kali, baru kamu bisa menekan start. Pasti motor langsung nyala karena beban kerja aki lebih ringan.

Bagian yang Bisa Rusak Karena Motor Ditinggal Lama

Kira-kira apa saja yang membuat motor rusak? Salah satu contoh kerusakan yang biasanya muncul adalah munculnya karat pada komponen mesin. Jadi, sangat disarankan mesin motor sesekali dihidupkan.

Tapi ingat, untuk kamu yang ingin menghidupkan mesin motor yang lama tidak dipakai itu butuh perlakukan khusus. Ini penting untuk diperhatikan agar kerusakan pada komponen mesin akibat kurang pelumasan bisa dihindari atau paling tidak diminimalisir.

Contohnya, jika motor disimpan lebih dari satu bulan, oli mesin biasanya akan mengendap di bak penampungan. Sementara ketika mesin dihidupkan, komponen mesin di bagian atas butuh pelumasan yang tidak sedikit. Jangan sampai ketika mesin dihidupkan, komponen di kepala silinder dalam kondisi minim pelumasan.

Tentu saja ada bagian lain yang mungkin rusak misalnya bagian spare part yang bisa bekarat. Apalagi jika kondisi motor tidak dilumasi dengan baik dan disimpan di tempat yang salah. Kamu perlu membawa motor ke bengkel jika kondisinya sudah cukup parah.