Waspada, Ini Penyebab Motor Terbakar yang Sering Tak Disadari

Kecelakaan di jalan tidak hanya seputar kecelakaan antar kendaraan. Ada beberapa hal yang bisa mengancam keselamatan kamu selama di jalan. Salah satunya adalah motor yang terbakar. Untuk mencegah musibah ini terjadi padamu, kenali beberapa penyebab motor terbakar yang bisa jadi sering tidak kamu sadari. 

Modifikasi yang Berlebihan

Faktor pertama yang dapat jadi penyebab motor terbakar tiba-tiba adalah karena modifikasi berlebih yang dilakukan. Nah, jika kamu sering melakukan modifikasi pada kendaraan kesayangan, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan beragam spare part yang digunakan. 

Pastikan antara satu sama lain saling mendukung dan dilakukan dengan tepat. Dengan demikian hal ini tidak mengakibatkan timbulnya konsleting sehingga memicu terjadinya motor yang terbakar. 

Masalah pada Kabel Motor

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketahuilah bahwa penyebab motor terbakar bisa jadi karena kabel motor yang bermasalah. Perubahan pada motor rata-rata bukan hanya bagian fisik saja, tapi juga komponen di dalamnya. Maka tak heran jika bagian kabel juga bisa ikut terdampak karena perubahan tersebut.

Penyebab kabel bermasalah bukan dari jenisnya yang tidak cocok pada motor, tapi juga karena pemasangan tak sesuai standar. Jadi, mau tak mau komponen di dalam kendaraan roda dua tersebut harus memaksakan untuk saling cocok. Padahal hal ini sangat buruk. Bila dibiarkan akan meledak ketika kamu pakai berkendara.

Mengalami Kebocoran Bahan Bakar 

Bahan bakar yang bocor seringkali menjadi dugaan awal saat sebuah kendaraan terbakar. Ini biasa terjadi karena tangki motor yang tidak tertutup dengan baik ataupun lewat selang bahan bakar.

Nah, bahan bakar yang bocor atau meluber bisa jadi terkena percikan api dari sistem pengapian. Inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya motor terbakar saat dikendarai.Maka dari itu, hindari mengisi bahan bakar motor yang berlebihan sampai meluber. Jangan lupa juga untuk menutupnya dengan kencang, ya. Tutup tangki ini masuk ke dalam protokol keamanan saat berkendara.

Mesin Motor Terlalu Panas

Kondisi berikutnya mungkin sudah banyak diketahui. Keadaan panas atau overheat pada mesin terjadi karena beberapa hal. Sebut saja karena motor dibawa berkendara terlalu jauh dalam kecepatan tinggi, terlalu menahan pada RPM maksimal, atau bisa juga lantaran pendingin mesin sedang mengalami masalah.

Melihat faktor penyebab dari mesin panas, kamu berarti harus lebih rajin untuk melakukan servis. Kalau sudah waktunya servis, jangan pernah ditunda-tunda. Dengan servis rutin maka bisa melakukan pengecekan secara keseluruhan ke bagian dalam motor.  

Mengalami Kebocoran Pada Oli

Sebelum berkendara ada baiknya, kamu mengecek kondisi seluruh bagian motor termasuk  juga pada komponen yang menampung oli. Perhatikan apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ditemukan oli yang merembes, maka segeralah ganti komponen tersebut. Karena kemungkinan retak atau pecah. Oli yang bocor ini juga dapat berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa segera ditangani.

Kemungkinan terburuknya, motor yang kamu gunakan bisa mengalami kebakaran. Namun selain kemungkinan tersebut, mesin motor pun juga akan lebih mudah rusak atau bahkan jebol karena oli yang dibutuhkan untuk melumasi kinerja mesin kurang.

Tentu biaya yang dikeluarkan tidaklah murah. Sehingga daripada kamu harus merogoh kocek sangat dalam, lebih baik bawa motor tersebut ke bengkel resmi. Ada baiknya kamu langsung mengganti komponen tersebut agar tidak membuat oli bocor lagi. Sebab, ini juga menjadi penyebab motor terbakar yang sering tidak disadari.