Begini Cara Merawat Rantai Motor yang Tepat

Sebagai pengguna motor, tentunya kamu harus merawat keseluruhan bagian motor. Salah satunya adalah merawat rantai motor. Elemen penting ini tentunya akan mempengaruhi performa dari motor itu sendiri. Berikut ini cara merawat motor rantai motor yang tepat.

Beri Pelumas pada Rantai Motor

Cara perawatan pertama untuk rantai adalah pelumas untuk merawat gear motor. Cara yang satu ini memang terbukti sangat efektif dan juga tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan. Kamu cukup menyemprotkan langsung ke permukaan gear set dan rantai kita sudah bisa menjaga performa gear motor tersebut.

Gunakan pelumas terhadap gear dan rantai juga bisa membuat kondisi gear menjadi tetap basah. Jika rantai dan gear kering serta tercemar kotoran maka potensi kerusakan akan semakin besar. Hal ini karena kotoran dan juga kondisi gear yang kering bisa membuat lapisan gear menjadi semakin mengikis.

Membersihkan Rantai

Selain ban, rantai motor menjadi salah satu bagian yang paling mudah kotor. Hal ini disebabkan motor seringkali terkena debu, pasir, air bahkan hingga lumpur sekali pun. Maka dari itu, perlu untuk memperhatikan bagian motor tersebut. 

Sebagai pemilik kendaraan, kamu harus rutin membersihkan bagian rantai yang kotor. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari karatan dan mungkin beberapa masalah pada rantai yang lain. Kamu bisa menggunakan berbagai macam produk cleaner (pembersih). Cairan inilah membantu mengembalikan kinerja rantai motor agar lebih optimal.

Perhatikan Posisi Rantai

Pastikan posisi dari gear motor ini sendiri. Sebaiknya kamu selalu setel gear pada posisi tengah atau center. Hal ini bertujuan agar saat berkendara menjadi lebih nyaman. Setiap pabrik dari motor ini sendiri biasanya sudah memberikan semacam tanda pada ujung lengan penjepit roda. Tanda biasanya berupa garis-garis yang berguna sebagai alat memastikan roda sepeda motor terpasang dengan lurus. Meskipun masing-masing memiliki ukuran berbeda.

Cara menggunakan alat ini adalah cukup dengan mengendorkan baut pada roda belakang. Kemudian kamu tinggal menyesuaikan kedudukanya. Jika sudah pas maka Anda tinggal mengencangkan kembali baut tersebut.

Gunakan Rantai Motor yang Original 

Rantai motor yang original tentu lebih disarankan untuk performa motor yang lebih baik. Memang jika dibandingkan secara harga, rantai motor palsu jauh lebih terjangkau. Namun perlu diketahui, bahwa biasanya harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Harga yang murah biasanya memberikan kualitas yang biasa-biasa saja atau bahkan cenderung buruk. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan produk rantai motor yang original atau resmi dari brand motormu.

Mencuci Rantai Saat Kehujanan

Pada saat motor kalian kehujanan atau bahkan kebanjiran, sesampainya dirumah sebaiknya kamu sesegera mungkin untuk melakukan penyemprotan bagian rantai dengan air yang bersih. Hal ini adalah cara paling sederhana dan juga mudah untuk dilakukan.

Namun jika kamu memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencuci rantai  dengan air sabun agar lebih bersih. Setelah rantai kering, berikan pelumas agar tidak menimbulkan karat pada gear akibat kotoran yang terbawa air hujan maupun banjir.

Jangan Pakai Oli Bekas Sebagai Pelumas 

Terkadang kamu sering memakai oli bekas guna melumasi rantai motor. Hal ini adalah salah satu contoh yang salah, namun sering kali masih dilakukan banyak orang. Perlu diingat bahwa rantai motor memiliki pelumas tersendiri supaya performanya maksimal. 

Oli bekas yang dipakai pada rantai malah bisa menimbulkan kerusakan sehingga bisa membuat rantai motor menjadi tidak awet. Ingat bahwa di dalam oli bekas sendiri terdapat berbagai macam kotoran yang ada pada mesin. Tentunya jadi sangat tidak dianjurkan menggunakan oli bekas untuk pelumas rantai.