Kenali Penyebab Oli Motor Bocor yang Kerap Terjadi

Salah satu masalah yang sering dialami para pemilik sepeda motor adalah oli motor yang bocor. Tentunya hal ini bisa merusak mesin motor dan membahayakan pengendara jalan lain karena oli yang bocor menyebabkan jalanan licin. Yuk kenali penyebab oli motor bocor yang sering terjadi serta cara mengatasinya.

Penyebab Oli Motor Bocor

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penyebabnya terlebih dahulu. Kamu perlu memahami faktor apa saja yang menyebabkan oli motor bermasalah. Setelah itu barulah kamu baru bisa mengetahui cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebab umum oli motor bocor.

Volume oli berlebihan

Di dinding mesin kendaraan biasanya kamu bisa menemukan informasi mengenai volume cairan pelumas yang disarankan. Lewat informasi itu,  kamu bisa mengetahui seberapa banyak kuantitas pelumas yang ada di dalam mesin kendaraan. Apabila oli yang terisi dalam mesin berlebihan tentu saja bisa menyebabkannya merembes sampai keluar.

Nah, opsi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan dipstick. Tak hanya berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli saja, perangkat ini juga biasa digunakan untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli. Kamu juga bisa melihat bagaimana kondisi kekentalan oli dengan alat ini. Apabila oli sudah sangat kental dan berwarna hitam pekat maka sudah waktunya diganti.

Usia packing mesin

Penyebab oli motor bocor berikutnya karena dipengaruhi packing mesin motor yang bocor. Hal ini biasanya disebabkan karena usia pakai atau karena motor sudah berusia tua. Untuk itu jika motor dirasa sudah cukup tua, segera lakukan pengecekan secara menyeluruh. Salah satu bagian yang wajib dicek adalah bagian packing mesin. 

Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

Dari ketiga penyebab di atas, kamu memang bisa mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut. Nah, ada beberapa hal atau cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi oli motor bocor. Apa saja ya?

Mengganti bagian seal

Seal atau karet yang sudah berada dalam kondisi tidak prima juga bisa menjadi penyebab oli motor bocor. Ini terjadi ketika komponen tersebut pecah atau mengalami keretakan karena usia pakainya yang melampaui batas.

Bahan seal jika terpapar oleh panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras. Hal inilah yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya mengganti dengan seal baru

Ganti ring baut

Penyebab oli motor bocor juga bisa karena adanya masalah pada ring bautnya yang mulai rusak atau aus. Ring baut oli  bisa menjadi rusak dan kurang rapat ketika digunakan untuk menutup. Tentu saja, untuk mengatasi masalah pada ring baut yang aus tersebut, kamu harus menggantinya dengan ring baut yang baru. Untuk mencegah terjadinya kebocoran secara sementara, kamu bisa selotip pipa air untuk mencegah oli merembes keluar. 

Mengganti oli yang berkualitas

Siapa sangka, ternyata penyebab oli motor bocor juga bisa dipicu karena oli yang kurang berkualitas. Hal ini tentu saja tak bisa dilepaskan begitu saja mengingat berkaitan erat dengan keawetan mesin itu sendiri.

Oleh karena itu, cara mengatasi oli mesin motor rembes adalah dengan mengganti oli yang lebih bagus dan berkualitas. Kamu bisa menggunakan oli mesin motor yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan. Meski sedikit lebih mahal namun hal ini jauh lebih baik sebagai tindakan pencegahan kerusakan pada bagian mesin.

Oli yang kualitasnya rendah akan membuat mesin motor cepat panas yang mana akan memicu penguapan oli berlebih. Tentu saja, jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan memicu kerusakan pada mesin yang nantinya berdampak pada kebocoran oli.