Langkah Penting Merawat Motor Baru Agar Awet

Motor baru memang enak untuk dikendarai. Tentunya hal ini disebabkan karena spare part dan bagian motor yang berfungsi dengan baik. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk merawat motor baru. Dengan demikian, motor tersebut bisa lebih awet dan bisa dipakai dalam jangka panjang. Untuk merawatnya, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini. 

Memeriksa Oli Mesin

Cek kondisi oli mesin atau pelumas lebih sering terutama ketika akan bepergian jauh. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen didalam mesin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen di dalamnya lebih awet.

Kamu bisa mencatat jika memang motor sudah harus diganti olinya. Bahkan motor yang jarang dipakai sekalipun harus sering diganti loh olinya. Ganti oli standarnya setiap 2.000km/dua bulan tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Jadi jika motor jarang dipakai alangkah baiknya setiap 2 bulan ganti meski jarak tempuh kilometer belum tercapai.

Cek Bagian Aki Sepeda Motor

Aki menjadi komponen yang penting yang berguna sebagai kelistrikan dari motor. Baik kalian menggunakan aki kering atau pun aki basah tetap membutuhkan perawatan. Maka dari, itu selalu cek aki sepeda motor kamu. Apalagi jika menggunakan aki basah. Maka jika air aki habis silahkan diisi dan jika menggunakan aki kering maka lakukan setrum aki jika dayanya berkurang.

Agar tidak cepat soak, aki juga membutuhkan perawatan. Ada beberapa kinerja yang sebaiknya kamu lakukan terhadap sepeda motor untuk menjaga kinerja aki.Sebaiknya tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor.

Misalnya mengganti lampu dengan yang membutuhkan suplai listrik lebih tinggi, penambahan perangkat audio, atau mengubah tipe klakson motor melebihi standar pabrikan. Kemudian jangan paksa starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber dayanya. Namun jika tidak bisa digunakan, sebaiknya langsung gunakan starter manual (engkol). Jika dipaksakan, aki akan cepat soak dan akan terus menurunkan daya aki.

Periksa Kondisi Ban

Tidak kalah pentingnya adalah tekanan angin ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat. Tetapi jika terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

Untuk merawat motor baru agar awet, kamu harus memperhatikan pula kondisi ban. . Pakailah ban sesuai petunjuk yang mengacu pada load index dan speed symbol. Informasi ini bisa dilihat pada dinding ban. Sering membawa beban berlebih membuat tekanan ban jadi lebih besar. Hal ini membuat permukaannya yang menyentuh aspal jadi lebih banyak, sehingga bisa membuat ban cepat aus.

Periksa ketebalan kembangan ban. Selain untuk menjaga kenyamanan berkendara, bagian ini adalah langkah preventif mencegah terjadinya kecelakaan karena kondisi ban yang sudah botak atau aus. Perhatikan bagian Treat Wear Indicator (TWI) berupa tonjolan kecil di sela-sela kembangan, apakah posisinya sudah sejajar dengan bagian terluar ban atau belum. Jika sudah sejajar dengan karet terluar ban, itu artinya ban harus diganti.

Rutin Mencuci Motor

Bagi kamu yang memiliki sepeda motor, sebaiknya jangan hanya bisa mengendarainya saja. Kamu juga harus membersihkan motor tersebut agar enak dipandang dan yang paling utama bisa bikin nyaman pada saat dikendarai.

Apalagi pada musim hujan, maka air dan debu pun pasti akan dengan mudah  menempel ke bodi motor. Hal ini bisa membuat karat dan menjadikan motor nampak kotor. Dengan rajin mencuci motor maka akan membuat kendaraan menjadi terawatt seluruh bodi dan enak dipandang nantinya, minimal 1 minggu sekali.