Cara Mencegah Motor Agar Tidak Dimasuki Tikus

Ternyata hama tikus tidak hanya menyerang perkebunan maupun sawah saja. Hewan pengerat ini nyatanya kerap menjadi musuh bagi pemilik kendaraan. Tidak hanya kamu yang memiliki kendaraan roda dua, tetapi juga bagi para pemilik kendaraan roda empat. Tikus sangat sering bersarang di bagian ruang mesin bahkan sampai bagian kabin.

Penyebab Tikus Masuk ke Motor

Lalu, bagaimana dengan motor? Biasanya tikus ada dan bersarang di bagian dek bawah motor matik. Tikus juga biasanya ada di pijakan kaki pengemudi. Tikus biasanya tidak menetap di situ. Lokasi tersebut hanya dipakai untuk mengumpulkan sisa makanan hingga sampah. Maka dari itu, bagian tersebut bisa jadi tercium bau dan kotor.

Dalam kondisi yang lebih parah, tikus tidak hanya mengotori bagian bawah motor tersebut. Tikus dapat menggigit kabel yang ada di bagian dek. Komponen kabel sangat penting dalam motor karena berhubungan dengan kelistrikan misalnya sensor mesin, starter hingga lampu.

Tentunya ini akan membuat masalah yang lebih serius sebab kamu harus memperbaiki bagian tersebut. Apalagi ketika kerusakan fatal yang membuat motor malah tidak bisa nyala ketika akan distarter. Selain itu, motor juga jadi sasaran untuk bersarangnya tikus karena terdapat bagian rongga kosong dalam mesin.

Ada banyak faktor mengapa tikus memasuki bagian motor. Misalnya saja memang karena area parkir motor berdekatan dengan sarang tikus sehingga membuat tikus lebih mudah masuk ke motor. Selain itu, aroma bahan kabel terutama pada motor baru juga dapat memancing tikus. Aroma yang seperti permen karet ini bisa membuat tikus tertarik untuk masuk ke bagian dalam motor.

Cara Mencegah Agar Motor Tidak Dimasuki Tikus

Agar mencegah tikus masuk ke dalam motor, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Pertama adalah dari posisi parkir. Agar aman dari tikus, pastikan motormu jauh dari area rerumputan. Hal ini memang cukup berpengaruh mengingat tikus banyak yang di area perkebunan atau rumput.

Apalagi jika motor ditinggal dalam waktu yang lama. Ada baiknya kamu menaruh di tempat yang aman misalnya di dalam rumah. Namun, pastikan pula bagian parkiran atau mungkin garasi untuk parkir juga aman dari sarang tikus. Ingat bahwa bagian bodi motor adalah tempat yang nyaman bagi tikus untuk bersembunyi dan bersarang. 

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah taruh kamper atau kapur barus di bagian dalam mesin atau bodi motor. Cara ini termasuk ampuh untuk mencegah motor agar tidak dimasuki tikus. Jika terasa banyak tikus yang sempat masuk ke dalam motor, kamu harus menaruh kamper ini khususnya untuk motor matic. Sebab, banyak rongga di motor matic.

Kamu bisa memasukkan kamper di bagian bawah motor atau bisa memakai kamper gantung. Bau menyengat kamper akan mencegah tikus masuk ke area dalam motor. Tentunya jangan lupa untuk rutin membersihkan area bawah motor supaya tidak memancing tikus memasuki area tersebut. 

Jangan sampai tikus merusak bagian kabel dan bila sudah terjadi kamu harus melakukan servis pada bagian tersebut. Perlu diperhatikan bahwa kabel di motor cukup banyak dan variatif. Untuk melakukan perbaikan biasanya kamu harus mengeluarkan biaya Rp 50.000 untuk melakukan penyambungan kabel atau pengecekan kelistrikan.