Catat, Ini Cara Agar Motor Irit Bensin

Motor termasuk kendaraan yang tidak boros dari segi bahan bakar. Namun jika pemakaian salah bisa jadi justru akan sangat boros. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui ada beberapa trik yang diperhatikan agar motor irit bensin. Ini dia sederet triknya.

Kurangi Pengereman yang Tidak Perlu

Ternyata teknik untuk mengerem harus diperhatikan supaya aman dalam hal berkendara. Tak sampai situ saja, teknik yang tepat juga berhubungan dengan konsumsi bahan bakar. Mengerem sendiri sebaiknya dilakukan ketika memang sedang benar-benar dibutuhkan. Kalau terlalu sering dilakukan justru bisa membuang energi atau istilahnya loss.

Bagaimana cara melakukan pengereman yang tepat? Prinsip utama yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai melakukan pengereman mendadak. Taruh pandangan seluas-luasnya ke depan supaya tahu ketika harus mengantisipasi melakukan pengereman.

Pemakaian Bahan Bakar yang Sesuai Oktan

Cara berikutnya supaya motor irit bensin adalah dengan memakai bahan bakar oktan yang sesuai. Tak hanya menghemat bahan bakar saja, tentunya tips ini bisa membuat mesin jadi lebih awet. Dengan oktan yang sesuai maka pembakaran dari bahan bakar bisa jauh lebih sempurna. Mesin jadi lebih bersih karena tidak ada kerak yang menempel di bagian dinding mesin.

Servis Secara Berkala

Tentunya perawatan motor menjadi penting untuk mendapatkan performa yang maksimal. Agar bisa menghemat bahan bakar, kamu harus merawat mesin motor supaya sistem pembakarannya jauh lebih baik. Dengan demikian bahan bakar juga jauh lebih optimal. Pastinya hal ini bisa membuat bahan bakar jauh lebih irit dan juga lebih efektif.

Memperhatikan Pemakaian Ban

Bagian ban ternyata memainkan peran penting. Pada kontes kendaraan yang mengedepankan hemat energi, pemakaian ban menjadi hal penting yang sangat diperhatikan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ban mengalami kekurangan angina.

Semakin lebar tapak yang bersinggungan dengan aspal, maka ban akan semakin berat untuk memutar. Ban sebaiknya diisi dengan tekanan angin yang sesuai dengan anjuran pabrikan. Misalnya untuk ban ring 17 biasanya membutuhkan tekanan angin 29 Psi untuk ban depan dan 35 Psi untuk ban belakang.

Memakai Teknik Berbelok yang Tepat

Trik agar motor irit bensin berikutnya adalah dengan teknik berbelok. Saat mengambil belokan atau berbelok, ada baiknya mengambil dari sudut luar. Kalau belokan yang terlalu patah juga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros.

Namun perlu diingat bahwa trik satu ini bisa diterapkan pada jalan yang belokannya tidak terlalu patah dan sudutnya juga luas. Jangan lupa untuk berbelok pada kecepatan yang aman supaya bisa lebih aman. Teknik ini juga bisa kamu pakai ketika berada di jalanan pegunungan dengan kecepatan yang sesuai.

Berkendara Secara Wajar

Ketika akan berkendara, ada baiknya jangan melakukannya secara berlebihan. Salah satu hal yang sering berlebihan adalah asal geber dengan gas. Apalagi pada pengguna motor matik yang umumnya asal langsung menarik tuas gas. Hal ini bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Hal lainnya yang justru tidak membuat motor irit bensin adalah menggeber gas yang terlalu mendadak. Ada baiknya kamu melakukan tarikan gas dengan perlahan namun tepat. Perilaku menarik gas secara mendadak tidak hanya membuat bensin jadi boros tetapi juga mesin justru jadi cepat rusak. Apalagi jika dilihat dari segi keamanan, perilaku ini bisa membahayakan orang lain dan juga diri sendiri.