Waspadai Ini Tanda Motor Akan Turun Mesin

Motor turun mesin merupakan kondisi berbahaya yang sangat dihindari oleh banyak orang. Maka dari itu, kamu harus merawat motor dengan benar supaya kondisi ini tidak terjadi. Sebenarnya, kamu bisa mengetahui tanda motor akan turun mesin. Selain itu, ada juga penyebab dari turunnya mesin motor tersebut.

Penyebab Motor Akan Turun Mesin

Tentunya kamu harus mengetahui bahwa motor turun mesin ada penyebabnya. Misalnya terlambat ganti oli. Oli dalam mesin bertujuan untuk memberi pelumas pada bagian-bagian mesin serta mengurangi risiko gesekan dalam motor. Oli juga berfungsi mendinginkan dan mengurangi risiko gesekan dalam motor

Oli juga berguna untuk membuat suhu motor jadi dingin setelah sudah overheat. Jika terlambat ganti oli maka bisa jadi kebiasan dan bisa berujung pada turun mesin. Hal berikutnya yang menyebabkan turun mesin adalah tidak pernah melakukan service besar-besaran. Padahal service rutin tiap bulan saja tidak cukup.

Salah satu yang perlu dilakukan saat service besar antara lain membersihkan ruang pembakaran dari kerak, penyetelan ulang komponen mesin serta penggantian oli. Berikutnya pengendara yang tidak peduli terhadap cara mengemudi. Biasanya motor turun mesin karena pengemudi selalu melebihi batas kecepatan dan kerap kali menggeber gas motor sehingga mesin jadi cepat rusak.

Penyebab lainnya adalah kerap melakukan tune-up pada mesin. Biasanya memaksakan performa yang tidak seharusnya bisa membuat mesin cepat aus dan lemah. Hal berikutnya adalah malas mengecek air radiator. Air ini berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin. Jika air radiator habis kemudian diabaikan, mesin jadi overheat dan tidak awet.

Tanda Motor Akan Turun Mesin

Sekarang kamu perlu mengetahui tanda bila motor akan turun mesin. Dengan tanda-tanda ini, kamu bisa mulai membawa motor ke tempat service. Tentunya untuk menghindari kerusakan yang semakin parah.

Muncul Asap Putih dari Knalpot

Motor yang turun mesin akan memberikan tanda tertentu yang harus dipahami. Salah satunya adalah munculnya asap putih. Tanda ini sangat umum terjadi apalagi motor yang kamu pakai adalah motor 4 tak.  Asap putih yang muncul dari knalpot menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam proses pembakaran.  Bila tidak diatasi dengan cepat, hal ini bisa berakibat fatal. Bisa jadi komponen yang terbakar atau malah seluruh motor ikut terbakar dilalap api.

Mesin Tidak Bertenaga

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mesin yang tidak bertenaga. Biasanya turun mesin bisa menyebabkan seher atau ring seher hilang tenaga. Blok mesin juga bisa mengalami baret sehingga kompresi motor bocor. Bila hal ini terjadi, motor bisa menjadi tidak bertenaga dan mati mendadak.

Motor Susah Dinyalakan

Motor yang susah dinyalakan termasuk tanda jelas motor akan turun mesin. Kendaraan yang susah nyala bisa dipicu oleh banyak keadaan. Salah satunya oli ikut naik dan masuk ke proses pembakaran. Jika oli mengenai bagian busi, tentunya motor akan sulit untuk dinyalakan. Bila tidak cepat ditangani, turun mesin harus jadi solusi.

Busi Cepat Mati

Jika busi cepat mati, bisa jadi itu pertanda akan turun mesin. Lagi-lagi karena oli naik ke ruang pembakaran lalu ikut terbakar bersama bahan bakar. Kadang tidak cukup hanya terus-terusan ganti busi. Bersiaplah untuk pergi ke bengkel.

Mesin motor mengeluarkan suara yang kasar

Oli motor bertugas sebagai pelumas komponen mesin agar dapat bekerja dengan maksimal. Tanpa oli, mesin akan bekerja sangat keras dan menyebabkan gesekan yang terjadi antar komponen sangat kuat. Hal ini dapat membuat bagian mesin tersebut cepat aus dan harus segera diganti.