Ini Perawatan Agar Jok Motor Tetap Empuk

Jok motor menjadi elemen penting dalam berkendara supaya tetap nyaman. Pastinya ada beberapa cara untuk merawat agar jok motor tetap empuk. Hal ini pastinya bisa membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Seperti apa perawatan yang perlu dilakukan?

Kualitas Busa

Faktor kenyamanan jok ternyata bisa dilihat dari kualitas busa yang kamu pakai. Busa yang punya tekstur lembut tentunya bisa membuat rasa pegal saat berkendara jarak jauh bisa berkurang. Untuk itu kamu bisa mengganti busa yang lebih empuk dan tebal. Hal ini perlu dilakukan ketika jok motor tampak sudah keras dan tidak nyaman.

Saat mengganti busa, ada beberapa tips supaya jok tetap nyaman. Buat jok supaya bisa membentuk lekukan. Namun usahakan jangan membuat lekukan jadi terlalu tipis. Hal ini ternyata punya tujuan supaya kamu lebih nyaman saat berkendara serta memastikan posisi berkendara tidak perlu berubah-ubah.

Memakai Latex

Tak hanya melihat dari isi jok motor, kamu bisa mengganti lapisan sofanya. Kamu bisa memakai latex supaya jok motor tetap empuk. Jika kamu memakai motor dengan jok keras, kamu cukup mengganti sebagian busa dari jok motor dan tambahkan lapisan latex. Pemakaian latex agar jok tetap empuk juga tidak boleh sembarangan.

Pertama, kikis busa di bagian atas jok terlebih dahulu. Setelah itu, kamu tinggal memasang satu lembar lapisan latex. Coba untuk mendudukinya. Jika belum nyaman, tambahkan satu lembar lapisan latex. Maksimal pemakaian hanya dua lembar supaya berkendara bisa tetap nyaman dan tidak terlalu tinggi.

Salah satu kelebihannya adalah harganya murah yaitu tidak sampai angka Rp 300 ribuan. Kalau tanpa jahitan tengah harganya bisa lebih murah. Tapi memang agar lebih rapi harus memakai jahitan tengah. Meski lebih mahal tapi hasilnya lebih rapi dan lebih nyaman saat berkendara.

Menambahkan Per

Cara berikutnya agar jok motor tetap empuk adalah menambahkan pegas pada kerangka jok motor. Por yang dipakai sebaiknya besi kawat yang elastis dan rentangkan secara horizontal. Untuk memasangnya memang kamu harus melubangi kerangka jok bawaan dan langsung pasang pegas atau per. Barulah kamu bisa memasang busanya.

Untuk memakai cara ini, tentunya harganya lebih mahal. Pemasangan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000. Tentunya ini tergantung dengan jenis motor yang dipakai.

Mengganti Busa Jok dengan Merk Motor Lain

Kamu juga bisa mengganti busa dengan merk motor lain. Pakai busa jok motor lain yang memang punya busa lebih tebal. Biasanya yang dipilih yang punya ketebalan lebih sekitar 2 cm. Ukuran dan tekstur kedua jok juga harus diperhatikan supaya proses pemasangan bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk memasangnya kamu harus memotong busa bagian atas dari depan sampai belakang motor. Lalu langsung ganti dan memasang jok busa yang lebih tebal dengan lem. Tekstur yang baik juga penting supaya tidak bergeser atau pas dengan jok motor.

Harga yang dipatok untuk memasang pergantian busa ini juga sebenarnya lebih murah. Kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 150.000 dan dapat jok motor empuk dan kulit jok yang baru. Harga tersebut hanya jasa pemasangan saja dan di luar jok baru yang akan diganti.

Jika kamu merasa jok motor sudah tidak nyaman, kamu bisa memakai sederet tips di atas supaya bisa membuat jok motor tetap empuk. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget dengan perbandingan kelebihan dan kekurangan.

Apalagi pemasangan dan reservasi jok bisa dicari dengan mudah. Banyak bengkel yang menyediakan jasa ini. Kamu juga bisa mencari bahan dan memasangnya sendiri. Namun jika ingin hasilnya bagus tentu tinggal datang ke ahli jok supaya jauh lebih rapi.