Tips Ketika Motoran Jarak Jauh ke Luar Kota

Semakin banyaknya orang yang memiliki motor maka semakin banyak pula orang yang bisa bepergian jarak jauh. Motor tidak hanya dipakai untuk beraktivitas ke kantor misalnya tetapi juga untuk motoran jarak jauh ke luar kota. Jika kamu ingin memakai motoran untuk keluar kota, ketahui sederet aturannya.

Memastikan Sepeda Motor dalam Kondisi Prima

Sebelum memulai motoran jarak jauh, kamu harus memastikan motor dalam kondisi prima. Coba periksa dari mulai kondisi rem, roda, oli, lampu, rem hingga komponen lainnya. Ingat bahwa ini adalah modal utama supaya perjalanan tidak terhambat apapun. Jika motor dalam kondisi yang kurang prima pastinya bisa menghambat perjalanan dan berisiko kecelakaan. Hal utama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan servis. Sampaikan keluhan kondisi motor kepada petugas servis.

Buat Motor dalam Kondisi Kecepatan Stabil

Ada baiknya kamu tidak ugal-ugalan ketika memacu sepeda motor. Jangan terlalu kencang ketika membawa motor dalam perjalanan jauh. Tentunya ini dapat mengancam keselamatan pengendara. Tak hanya itu, hal ini juga bisa merusak bagian mesin motor. Kamu bisa memacu motor pada kecepatan yang terbaik.

Pastikan juga kamu nyaman dengan kecepatan tersebut. Hal ini akan membuat kamu punya kontrol penuh terhadap sepeda motor yang sedang dikendarai. Maka kurang cocok jika kebut-kebutan ketika melakukan motoran pada jarak jauh.

Cek Kondisi Ban

Ban merupakan bagian penting untuk menggerakan sepeda motor serta bersentuhan jalan secara langsung. Maka dari itu, bisa sangat berbahaya jika kamu memaksakan kehendak dengan melakukan perjalanan pada ban yang aus atau gundul. Maka dari itu, pengecekan ban adalah hal penting sebelum melakukan perjalanan jauh.

Periksa Bagian Rem

Keamanan menjadi hal penting dalam perjalanan jarak jauh. Salah satu yang harus diperiksa adalah bagian rem belakang maupun depan. Apalagi jika kamu memakai motor matic. Maka hal yang harus dicek adalah bagian pengereman. Kamu harus memastikan kondisi rem dan kampas dalam kondisi baik. Jika sudah aus maka bisa berisiko mengancam keselamatan berkendara.

Jika dalam kondisi yang tidak prima, cobalah untuk membawa ke bengkel terdekat supaya bisa diganti. Jangan paksakan pergi jika kondisi rem dalam keadaan bermasalah. Apalagi jika kamu bepergian pada saat musim penghujan. Hal ini benar-benar membahayakan.

Memastikan Kondisi Lampu

Komponen berikutnya yang harus diperhatikan adalah kondisi lampu. Komponen ini memang tampak sederhana namun sangat penting dalam hal keberadaannya.  Kamu harus memastikan semua jenis lampu bisa berfungsi dengan normal. Sebut saja mulai dari lampu depan, belakang sampai lampu sein.

Jangan sampai lampu justru menyebabkan kecelakaan karena kamu tidak bisa melihat jalanan secara jelas. Biasanya lampu yang mati juga berbahaya untuk kendaraan lainnya. Lampu minim ini sangat tidak sehat karena bisa mengecoh pengendara lain. Dengan demikian bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Memastikan Kapasitas Bagasi

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah bagian bagasi. Biasanya ketika motoran jarak jauh, ada kecenderungan membawa banyak bawaan. Namun, pastikan kamu hanya membawa barang yang memang dibutuhkan selama perjalanan di bagian bagasi. Jangan sampai melampaui kapasitasnya.

Membawa barang yang berlebih bisa membuat bobotnya lebih berat. Selain itu, dapat pula mengancam keselamatan selama berkendara. Kamu harus memastikan bagian bagasi terikat pada bagian rel supaya lebih kuat dan menjaga keseimbangan hingga kestabilan kendaraan. Dengan begitu kamu akan lebih aman di sepanjang perjalanan.