Tips Merawat Motor di Musim Hujan

Ketika musim hujan datang, tentunya banyak orang yang merasa kesal karena tentunya motor jadi cepat kotor. Namun, kamu memang harus paham tips merawat motor di musim hujan supaya tidak salah. Sebab, bisa jadi jika salah perawatan bisa merusak bagian bodi mesin. Bagaimana caranya?

Harus Segera Dicuci

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah motor terkena hujan adalah dengan cara mencucinya secara langsung. Setelah menembus hujan misalnya, kamu langsung bisa membersihkannya dengan air bersih. Air hujan mengandung kandungan asam yang bisa mempercepat korosi pada bagian motor. Tentunya bisa menyebabkan usia motor lebih pendek.

Bersihkan Bagian Kelistrikan

Saat motor terkena hujan, kamu sebaiknya langsung membersihkan bagian kelistrikan motor. Bila endapan air, ada baiknya untuk langsung dikeringkan. Jangan membuat air meresap dan masuk e sela-sela motor. Tentunya ini dapat mengganggu kelistrikan pada motor. Cek bagian kabel motor dan jangan sampai ada yang mengelupas hingga terkena air. Bila kamu biarkan begitu saja bisa berisiko menyebabkan konslet sehingga mengganggu kelistrikan motor.

Periksa Bagian Cakram Rem

Untuk merawat motor di musim hujan, kamu wajib memperhatikan bagian cakram rem. Apalagi jika motor setelah melewati kubangan atau banjir. Kamu harus sesering mungkin mengecek bagian kampas rem. Cakram letaknya terbuka sehingga berisiko membuat kotoran dari serpihan musim hujan di jalan. Tentunya bisa menyebabkan masalah pada kinerja rem.

Selain itu, kamu mungkin akan mendengar motor bunyi ketika rem. Jangan keburu panik karena memang air membuat cakram rem berbunyi. Pastikan bagian kampas rem tetap dalam kondisi prima untuk menghindari bunyi tersebut.

Periksa Tekanan Ban Motor

Setelah melewati hujan besar, ada baiknya kamu juga melakukan pemeriksaan di bagian tekanan ban. Ketika lewat jalanan banjir, ban umumnya bekerja lebih berat. Hal ini akan berpengaruh terhadap performa ban. Jadi usahakan ban selalu dalam kondisi tekanan angin yang cukup.

Cek Bagian Motor yang Detail

Selain ban dan bagian motor di atas, ada bagian motor yang harus diperiksa dengan lebih detail. Misalnya saja pada bagian rantai. Sifat asam hujan memang dapat menimbulkan karat di bagian rantai motor. Apalagi jika motor tidak memiliki tutup rantai. Tentunya bisa sangat rentan menimbulkan karat.

Untuk perawatannya, kamu bisa mengencangkan kembali setelan karat dan lumasi bagian karat dengan grease. Bagian motor lainnya yang penting dalam merawat motor di musim hujan adalah bagian knalpot. Kotoran air hujan umumnya akan menempel di bagian leher dalam knalpot.

Maka ada baiknya kamu secara rutin memeriksa bagian ini. Hal ini tentu bertujuan supaya sistem pembuangan motor bisa lebih berfungsi dengan sempurna. Untuk membersihkannya, kamu cukup mengeluarkan air hujan yang masuk ke area knalpot. Semprotkan oli ke bagian dalam knalpot dan oles grease ke bagian leher knalpot. Setelah itu, panaskan motor selama 5 menit.

Bagian lain yang harus dibersihkan antara lain jari-jari roda. Kamu bisa mengeringkan jari roda yang basah karena air hujan. Sama seperti bagian lainnya, jari roda yang tidak dibersihkan bisa berubah menjadi keropos. Mungkin keropos terjadi tidak tampak karena ada di dalam velg.

Jangan lupa kamu harus memperhatikan kabel bodi. Bagian soket dan kabelnya harus terhindar dari air. Jika dibiarkan bisa menyebabkan masalah kelistrikan serius. Komponen kelistrikan pada motor benar-benar bisa rusak bila kita biarkan begitu saja.