Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor

Motor dengan bodi mulus merupakan salah satu keinginan semua pemilik motor. Sayangnya ketika berkendara, pastinya tidak luput dari kecelakaan minor misalnya bersenggolan dengan motor lain atau mungkin motor terjatuh. Terkadang menimbulkan goresan. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menghilangkan goresan pada motor.

1.Bersihkan dari Kotoran

Sebelum menghilangkan goresan pada motor, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkannya terlebih dahulu. Misalnya ketika motor habis jatuh. Tentunya ada beberapa kotoran menempel yang mudah dibersihkan. Untuk membersihkannya, kamu cukup memakai air dan sampo yang khusus untuk motor.

Campur sampo dan air tersebut dan langsung usapkan dengan busa ke seluruh bagian bodi motor. Jangan lupa untuk mengusahakan mengusap bagian yang terlihat kotor. Biasanya bagian yang benar-benar lecet akan terlihat dengan jelas. Sebab, bisa jadi bagian lecet tersebut sebenarnya adalah kotor belaka. Memang tidak bisa membersihkan lecet dengan sempurna tapi motor akan tampak lebih rapi.

2.Memakai Amplas

Setelah dibersihkan, tentu kamu bisa melihat dengan jelas bagian yang memang mengalami goresan atau baret. Untuk menghilangkan goresan pada motor yang tidak terlalu dalam, kamu bisa memakai amplas untuk bisa menyamarkan bagian tersebut. Siapkan amplas dengan ukuran minimal 2000. Jika bisa memakai yang lebih halus juga lebih baik.

Sebelum dipakai, kamu ada baiknya meredam amplasnya terlebih dahulu. Jangan lupa bagian bodi motor yang tergores juga dalam kondisi basah. Jangan sembarangan untuk mengamplas bagian bodi motor. Caranya perlu diamplas dengan berirama atau satu gerakan. Gosokkan juga harus dilakukan secara perlahan. Jika sudah tampak hilang atau samar, keringkan motor dengan kain halus.

3. Memakai Compound

Cara menghilangkan goresan pada motor berikutnya adalah memakai compound. Kamu bisa memakai compound setelah proses amplas. Jika dilihat jika goresan terlalu dalam atau masih kelihatan, kamu bisa menambahkan compound pada bagian bodi motor. Gosok dengan lap yang halus supaya bekas amplasnya bisa hilang.

Pemakaian compound termasuk yang ampuh untuk menghilangkan baret motor yang umumnya cukup dalam. Kamu bisa melakukan proses ini berulang-ulang supaya bekas compound tidak terlihat. Agar lebih cantik, kamu bisa melanjutkan ke proses pemolesan bodi motor.

4. Memakai Scratch Remover

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah memakai cairan scratch remover. Cairan ini bisa menyamarkan goresan atau baret pada motor. Cara memakainya juga cukup praktis. Pertama, kamu aplikasikan langsung di bagian yang lecet. Namun memang pemakaiannya cocok untuk lecet yang dangkal. Agar semakin tampak memudar, kamu perlu memakai kain microfiber. Lakukan hal ini dengan berulang.

5. Memakai Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata masuk ke dalam deretan cara menghilangkan goresan pada motor. Pastinya ini bisa dilakukan untuk baret yang tidak terlalu dalam. Kamu juga perlu memakai kain dengan tekstur lembut pada pasta gigi. Sebelum memakai pasta gigi, bagian bodi yang baret harus terlebih dahulu dibersihkan.

Jika sudah basah, langsung saja basahkan kain dan oleskan pasta gigi. Gosok bagian tersebut dengan gerakan melingkar. Hal ini dilakukan supaya pemolesan bisa dilakukan secara rata ke semua bagian. Kamu juga bisa melakukan langkah ini beberapa kali hingga baretan pada bodi motor bisa menghilang dan lebih tersamarkan. Setelah itu, lap bagian bodi motor dengan kain halus.

Pastinya cara menghilangkan goresan pada motor di atas bisa dilakukan untuk baret kecil atau yang tidak dalam. Kamu perlu datang ke ahlinya jika memang mengalami kerusakan cukup berat pada bagian bodi motor.