Cara Membuat Motor Mengkilap Seperti Baru

Banyak orang yang ingin membuat motornya tetap kinclong meski bukan motor baru lagi. Tentunya ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan sebagai cara membuat motor mengkilap. Dengan cara mencuci yang tepat maka kamu bisa membuat motor mengkilap sama seperti baru.

Pakai Cairan Pembersih yang Tepat

Banyak masyarakat yang salah kaprah mengenai cara membuat motor mengkilap. Banyak yang menganggap bahwa mencuci dengan deterjen bisa membuat bodi motor jadi mengkilap karena kotoran bisa dibersihkan dengan mudah. Padahal, deterjen bisa membuat cat bodi motor menjadi kusam.

Apalagi ketika dalam kondisi musim hujan. Pemakaian deterjen justru akan membuat warna cat motor menjadi pudar. Jika memang kamu ingin membuat bodi motor mengkilap, tentunya kamu memakai cairan pembersih yang tepat.

Pakai cairan yang memang digunakan untuk motor. Pakai cairan pembersih yang memang sudah banyak direkomendasikan orang. Hindari pemakaian cairan yang memiliki bahan seperti potassium hidroksida, acid hydrochloride dan sodium hidroksida. Bahan ini bisa berbahaya dan mengkikis lapisan cat motor.

Cuci Motor dengan Rutin

Cara membuat motor mengkilap berikutnya adalah harus rutin mencuci motor. Jangan mencuci motor hanya saat sempat saja. Cuci motor satu hingga dua kali dalam satu minggu. Jika kamu membiarkan motor dalam keadaan kotor terlalu lama adalah bisa membuat motor jadi kusam.

Debu serta sinar matahari bisa merusak bodi motor. Dengan demikian, motor bisa menjadi kusam dan tidak menarik. Jika malas untuk mencuci motor secara rutin, sekarang sudah banyak tempat pencucian motor yang bisa membuat motormu menjadi bersih dan tidak kusam lagi.

Bersihkan Komponen Metal di Motor

Biasanya banyak orang yang fokus membersihkan bagian bodi dan lupa membersihkan komponen penting. Salah satu komponen penting adalah bagian metal. Misalnya saja bagian pelek, mesin, knalpot serta bagian mesin lainnya. Banyak orang tidak memperhatikan untuk membersihkan komponen metal tersebut.

Komponen metal punya fungsi tersendiri sehingga kamu harus merawatnya dengan baik supaya bisa berfungsi dengan tepat. Untuk membersihaknnya, ada baiknya kamu tidak memakai siat kawat yang membuat komponen tersebut jadi karatan. Kamu cukup membersihkannya dengan spons untuk memastikannya tetap bersih. Beri polesan sesekali untuk membuat komponen metal tetap mengkilap.

Pakai Minyak Kayu Putih

Ada beberapa cara yang mudah untuk membuat motor mengkilap. Jika kamu tak punya banyak dana untuk memoles motor, kamu bisa menggunakan cairan minyak kayu putih untuk membuatnya semakin mengkilap. Jika ada noda membandel, kamu bisa memakai minyak kayu putih.

Untuk memakainya, kamu cukup mencuci motor seperti biasa. Setelah itu, lap sampai benar-benar kering. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih dengan kain yang halus dan bersih. Gosok dengan perlahan supaya bodi tidak lecet akibat gesekan kain. Kamu akan bisa melihat perbedaan badan motor sesudah dan sebelum diberi minyak kayu putih.

Bisa Memakai Kompon

Kompon merupakan gel atau pasta yang bisa menghilangkan goresan halus. Kamu bisa memakai kompon untuk membuat motor mengkilap. Kamu bisa menemukan kompon dengan mudah di toko bangunan. Jika ingin menghilangkan baret halus, kamu harus menggosok bodi dengan kompon beberapa kali.

Pertama kamu cukup mengoleskan sedikit kompon di bagian bodi motor. Setelah itu, pakai kain lembut untuk menggosoknya dengan cara memutar. Setelah goresan sudah hilang, kamu bisa memakai cairan poles ke seluruh badan motor. Sebaiknya kamu jangan memakai kompon terlalu banyak supaya bagian cat tidak mengkelupas.

Ternyata ada beberapa trik mudah untuk membuat motor mengkilap seperti baru. Kamu bisa memakai bahan-bahan yang mudah ditemukan untuk membuat motor layaknya seperti baru. Namun untuk tampilan lebih maksimal, tentu kamu bisa membawanya ke salon motor.