Ini Daftar Cara Merawat Motor Kopling Agar Awet

Perawatan motor harus dilakukan dengan tepat supaya awet dipakai. Banyak orang kerapkali salah dalam merawat motor khususnya motor kopling. Padahal jika melakukan sederet cara merawat motor kopling berikut ini, maka dijamin motor bisa tetap enak dipakai meski sudah lama.

1. Merawat Motor Kopling dengan Ganti Oli Secara Rutin

Ini bisa disebut syarat yang paling utama guna membuat mesin motor kopling bisa tetap prima. Apalagi jika kamu memakai motor ini untuk berbagai perjalanan jauh. Dalam kondisi tersebut maka oli dalam mesin bisa semakin kental dan keruh.

Kondisi ini bila dibiarkan maka akan membuat mesin menjadi cepat rusak. Kamu harus secara rutin mengganti oli setiap 2.000 kilometer perjalanan. Ini bisa menjadi patokan yang paling mudah dan bisa menjaga motormu semakin awet dan mesin juga tetap tangguh.

2. Merawat Motor Kopling dengan Membersihkan Kabel Kopling

Saat memakai motor kopling, ada beberapa masalah yang kerap dialami. Salah satu yang cukup sering dialami adalah tarikan pada motor yang terasa sangat berat. Sebenarnya apa penyebabnya? Ternyata ini disebabkan karena kabel kopling dalam kondisi yang kotor dan kering. Biasanya disebabkan oleh kabel kopling yang karat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini. Kamu bisa menuangkan cairan pelumas yang berfungsi sebagai anti-karat. Tuangkan cairan tersebut ke dalam kabel melalui tuas di bagian handling kopling. Setelah memasukkan cairan tersebut, coba tarik handling kopling secara pelan-pelan dan lakukan beberapa kali.

Di saat itulah kamu akan merasakan perubahannya. Jika tarikannya nampak masih berat, coba untuk tambahkan cairan tersebut. Namun, ingat bahwa kamu harus menambahkannya secara perlahan. Coba tarik kopling secara terus menerus sampai akhirnya kamu merasa tarikannya sudah enteng

3. Cek Kampas Kopling

Ada hal penting yang tak boleh terlewatkan saat merawat motor kopling. Kamu perlu secara rutin mengecek kampas kopling. Jika bagian ini bermasalah, maka dapat mengganggu kinerja mesin. Apalagi saat melakukan perubahan transmisi. Jika saat mengganti transmisi mengalami masalah maka dapat pula berpengaruh terhadap kinerja laju motor itu sendiri.

Manfaat lain dari pengecekan pada bagian kampas kopling adalah membuat berkendara jadi lebih lancar. Maka ketika melihat kampas sudah aus maupun terkikis, kamu harus segera langsung menggantinya ya!

4. Jangan Malas Ganti Gigi Saat Berkendara

Banyak pengendara mungkin termasuk kamu merasa malas untuk mengoper gigi. Sebut saja saat berada di lampu merah. Sebenarnya ada hal buruk yang akan kamu dapatkan bila malas mengganti gigi. Salah satunya adalah motor yang akan membutuhkan energi lebih besar ketika menarik gas di awal. Jika dibiarkan tentu saja akan berdampak pada bagian kampas motor jadi cepat aus.

5. Perhatikan Bahan Bakar

Bisa jadi cara ini termasuk cara merawat motor kopling yang paling gampah. Bahan bakar yang berkualitas harus kamu berikan kepada motor kopling. Salah satu indikatornya adalah mengandung oktan tinggi yakni minimal 92. Namun, tidak semua motor cocok atau disarankan memakai bahan bakar dengan oktan tinggi.

Salah satunya karena bisa berisiko mesin menjadi cepat panas. Namun umumnya motor keluaran terbaru sudah memiliki cairan pendingin. Dengan demikian tak masalah jika kamu memakai oktan tinggi. Pembakaran sudah tak lagi menjadi masalah dalam kondisi ini.

Mengapa perlu memakai bahan bakar dengan oktan tinggi? Ternyata oktan tinggi bisa melakukan pembakaran dengan sempurna. Hal ini bisa menimalan risiko timbal besi yang dibawa oleh bahan bakar tersebut. Maka, motor kamu bisa jadi lebih bertenaga dan halus.

Ternyata merawat motor kopling bisa dilakukan dengan mudah asalkan kamu tahu teknik yang tepat. Perawatan motor tentu harus dilakukan secara berkala dan rutin. Dengan demikian, motor pastinya bisa jauh lebih awet.