Tips Mudah dan Praktis Motor Anti-Maling

Salah satu kasus kejahatan yang banyak terjadi di berbagai kota adalah kemalingan motor. Tentu saja kamu tak ingin mengalami hal ini bukan? Maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui trik motor anti maling yang bisa dengan mudah dicoba di rumah. Dengan demikian motor kamu bisa aman dari pencuri.

1.Pakai Kunci Setang ke Arah kanan

Biasanya pemilik sepeda motor mengunci setang ke arah kiri. Padahal bisa lebih aman jika kamu meninggalkan motor dalam waktu lama dengan mengunci setang ke arah kanan. Mengapa demikian? Ruang gerak untuk membobol dengan kunci T akan tidak bebas dan lebih sempit. Dengan demikian, maling bisa membutuhkan waktu lebih lama dibanding arah ke kiri.

Apalagi dengan posisi kunci kontak sepeda motor yang umumnya ada di sisi kanan leher. Jika setang dikunci ke arah kiri maka akan banyak tempat di sisi kanan. Maling bisa dengan mudah membobol dengan kunci T yang bergagang panjang. Tentu cara ini tidak bisa dilakukan pada motor yang punya kunci kontak di tengah.

2. Memakai Pengaman Tambahan

Tips motor aman dari pencuri berikutnya adalah dengan memasang pengaman tambahan. Dengan demikian, risiko untuk motor hilang akan menurun. Biasanya pengaman tambahan yang dipakai adalah gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan. Selain itu juga rantai belakang jika motor kamu bukan motor matic. Meski repot ini jadi cara yang ampuh.

3. Gunakan Teknologi Side Stand Switch

Motor matic keluaran terbaru umumnya sudah memiliki fitur side stand switch. Ternyata ini bisa menjadi trik motor anti maling. Dalam fitur ini, motor tidak akan menyala ketika kondisi standar samping diturunkan. Pastinya ini akan mempersulit para pencuri motor yang beraksi.

Ketika parkir dalam waktu lama, kamu bisa tetap memakai standar tengah. Namun di saat yang bersamaan, turunkan pula standar samping. Hal ini dilakukan untuk mengulur waktu pencuri membawa kabur motor. Dengan demikian ada kesempatan pencuri bisa tertangkap.

4. Memasang Alarm

Mirip dengan alarm mobil, sekarang sudah banyak motor yang dipasang alarm. Tak hanya motor di kelas menengah ke atas saja, sekarang sudah banyak alarm yang terjangkau di pasaran. Tentu saja ini menjadi cara ampuh untuk mencegah maling motor.

Ada hal yang penting diperhatikan khususnya soal pemasangan. Sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang terbiasa memasangnya karena jalur kelistrikan sepeda motor cukup kompleks. Fungsi alarm ini akan memberikan peringatan saat motor dibobol. Suara yang ditimbulkan oleh alarm diharapkan bisa mencegah terjadinya pencurian.

5. Membuat Kunci Rahasia

Cara terakhir yang menjadi trik motor anti maling adalah melakukan modifikasi kabel dan kelistrikan agar menjadi kunci rahasia. Ada beberapa trik yang bisa dicoba baik dari yang mudah sampai yang sulit sekalipun. Hal paling mudah adalah mencabut cangklong busi saat meninggalkan sepeda motor.

Komponen ini berfungsi menyalurkan listrik dari koil menuju busi yang berguna untuk pembakaran. Jika cangklong dicabut maka mesin tidak akan hidup meski kunci kontak sudah menyala. Kamu harus memastikan agar posisi cangklong tersembunyi sehingga akan kesulitan bagi pencuri untuk memasangnya kembali.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencabut salah satu sekring. Posisi sekring ada di balik jok dan umumnya menjadi satu bagian dengan aki motor. Apa akibatnya jika sekring dicabut? Tentu saja mesin motor tidak hidup atau kunci kontak tidak menyala. Pastinya ini agak sedikit repot karena kamu harus memasang dan melepas sekring tersebut.

Namun, ini bisa dilakukan apabila kamu meninggalkan sepeda motor di tempat yang tidak aman. Jika ingin membuat kunci rahasia yang lebih permanen, kamu bisa membawa ke bengkel dan meminta modifikasi. Misalnya mesin akan menyala jika lampu sein menyala. Cara ini sangat cocok bila kamu memang tinggal di daerah yang rawan maling.

Ada banyak trik motor anti maling yang bisa kamu coba. Mulai dari yang sederhana sampai harus melakukan modifikasi. Intinya, kamu harus mewaspadai kejadian maling motor yang cukup sering terjadi.