Daftar Rekomendasi Motor untuk Postur Tubuh Tinggi

Pemilihan motor tentunya ditentukan oleh banyak faktor. Salah satu faktor penting dan kerap tidak banyak yang menyadari adalah dari segi postur tubuh. Banyak orang yang tidak memilih motor berdasarkan postur tubuh. Jika kamu termasuk orang yang punya postur tinggi, ada beberapa rekomendasi motor yang bisa dipakai loh!

Rekomendasi Motor untuk Postur Tubuh Tinggi

Ada banyak jenis rekomendasi motor untuk postur tubuh tinggi. Umumnya motor ini memang adalah motor besar yang cocok digunakan touring. Meski demikian tentunya jenis motor ini sangat aman dan nyaman bila dipakai untuk sehari-hari.

Motor untuk postur tinggi

Motor untuk postur tinggi

1.BMW R1200GS 

Motor produksi BMW Motorrad ini termasuk menjadi motor yang laris manis penjualannya. Dimensi ukuran tinggi jok yakni 35.0/38.0 inch serta inner leg curve 77.2/78.7 inch, membuat motor satu inipun cocok untuk rider bertubuh tinggi.

Sementara dimensi ukuran panjang, lebar, dan tinggi dari motor petualang tersebut yakni 2.240 mm x 990 mm x 1.525 mm. Motor ini mengusung mesin berpendingin flat twin Boxer 4-tak dengan electronic intake pipe injection. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 110 tenaga kuda dengan torsi maksimum 120 Nm. Motor mampu melesat dengan kecepatan 200 kilometer per jam.

Motor untuk postur tinggi

Motor untuk postur tinggi

2.Yamaha FJ-09

Yamaha FJ-09 merupakan model dari motor yang memiliki 3 silinder. Motor yang dipasarkan ini dibekali mesin berkapasitas 847 cc DOHC 12 katup. Ukuran dimensi panjang, lebar, dan tinggi motor yakni 2.161 mm x 949 mm x 1.346 mm dengan tinggi jok motor mencapai 845 mm. 

Yamaha FJ-09 memiliki suspensi yang lebih baik dari pendahulunya yaitu GZ-09 serta pijakan kaki yang lebih nyaman. Meski nyaman untuk rider bertubuh tinggi, namun beban motor lebih berat. 

3.Honda NC700X

Salah satu kelebihan dari motor ini adalah dari segi jok. Motor ini memang dirancang dengan jok yang nyaman. Dengan kenyamanan tersebut, Honda berharap para rider dapat menikmati perjalanan, meski harus menghadapi kemacetan.

Kenyamanan pada posisi duduk termasuk salah satu kunci untuk melakukan manuver dengan maksimal. Honda NC700X juga dilengkapi dengan transmisi dual-clutch yang memiliki fungsi sama dengan automatic gearbox.

4.Kawasaki Versys 650/1000

Varian Kawasaki Versys merupakan motor berkapasitas 1.000 cc dan 4 silinder yang pertama kali muncul di Amerika Serikat. Salah satu kelebihan dari Kawasaki Versys 650/1000 adalah beratnya yang yang lebih ringan sehingga memudahkan untuk melakukan manuver.

Kawasaki Versys dapat menjadi rekomendasi motor untuk postur tubuh tinggi. Sebab, bagian rider triangle seperti jok, handlebar, dan pijakan kaki memang dirancang senyaman mungkin bagi rider, khususnya yang memiliki yang memiliki tinggi badan lebih dari yang lain.

Tips Memilih Motor Sesuai dengan Postur Tubuh

Setelah mengetahui rekomendasi motor untuk postur tinggi, kamu juga wajib pintar memilih-milih motor yang sesuai dengan postur. Entah itu postur pendek, sedang maupun tinggi tentunya kamu perlu memilih motor yang tepat. Ada beberapa tips yang bisa dicoba ketika melakukan pemilihan motor ini. 

Hal pertama adalah melakukan uji coba. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menentukan postur yang sesuai adalah mendatangi dealer motor resmi. Pastikan bahwa motor yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan termasuk dari segi tinggi, lebar serta tingkat kenyamanan. Pastikan pula fitur-fitur yang diinginkan juga sudah sesuai. 

Pastikan keselamatan berkendara adalah yang utama. Pastikan melakukan pengecekan jarak antara tangan ke bagian kontrol transisi motor serta jarak dari kursi ke kaki. Pastikan pula jika kaki bisa menjangkau tanah. Jika berjinjit maka sebaiknya jangan dibeli karena akan mengancam keselamatan. 

Masing-masing orang tentu memiliki selera yang berbeda. Pastikan juga jika jenis motor pilihan bisa sesuai dengan yang kamu inginkan dan tentunya sesuai dengan postur tubuh untuk memaksimalkan fungsi dan keselamatan. Sebagai contoh, motor sport kurang cocok digunakan untuk orang berpostur agak pendek karena jangkauan kaki ke dasar akan jauh lebih sulit.