Daftar Motor Touring yang Cocok Dipakai Pemula

Salah satu kegiatan anak motor yang banyak digandrungi adalah touring. Banyak orang yang senang melakukan kegiatan ini karena pastinya menantang dan bisa menambah relasi atau pertemanan. Jika kamu tertarik untuk melakukannya, ketahui ada beberapa jenis motor touring yang bisa kamu pakai sebagai pemula. 

Jenis Motor yang Bisa Dipakai

Tentunya motor touring harus memiliki spesifikasi yang cocok dibawa berjalan jauh. Motor-motor ini tentunya bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang mencari motor touring. Berikut daftarnya! 

Motor touring

Motor touring

Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Motor ini memiliki tenaga mesin 2 silinder berkapasitas 250cc. Tentunya nyaman dibuat touring karena Versys-X 250 Tourer memiliki suspensi depan panjang yang dikombinasikan dengan velg jeruji. Selain itu, motor touring ini sudah dilengkapi side panniers, fog lamps, engine guard, hand guard, dan DC outlet untuk mengisi beragam gadget yang kamu bawa.

Motor touring

Motor touring

Suzuki GSX S150 

Motor touring berikutnya adalah dari Suzuki. Uniknya, motor ini memiliki tipe atau versi motor untuk touring. Versi GSX S150 touring ini memiliki windshield smoke dan bracket black. Selain itu dilengkapi pula hand guard dan bracket & side bag soft. Tentunya akan menambah kegagahan saat sedang melakukan touring. Tertarik untuk memilikinya?

Motor touring

Motor touring

Yamaha XMax

Kamu senang melakukan touring tapi malas pakai motor kopling? Tak perlu khawatir sebab ada pilihan motor touring matic yang sangat cocok kamu pakai. Kamu bisa memakai Yamaha XMax   yang menawarkan kenyamanan berkendara secara maksimal. Apalagi motor ini memiliki bodi yang besar dengan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System). 

 

Tips Touring Bagi Pemula

 

Jika motor sudah siap, kamu juga harus mempersiapkan diri sebelum melakukan touring. Pertama, kamu bisa bertanya kepada teman-teman yang punya pengalaman mengenai keadaan yang akan dilalui nanti. Coba cari tahu tempat yang nyaman untuk istirahat. Intinya cari tahu situasi perjalanan terutama bagian yang harus diwaspadai dan perlu diperhatikan. 

 

Jika sudah memperoleh informasi yang cukup, kamu bisa melakukan persiapan sepeda motor, termasuk surat-surat kendaraan. Pastikan surat-surat kendaraan (STNK) dan SIM masa berlakunya masih lama. Cek keadaan motor apakah sudah siap jalan jauh. Pengecekan dilakukan pada kondisi mesin, oli, memeriksa kelayakan rem depan dan belakang. Periksa juga kelayakan lampu-lampu, lampu petunjuk dan isyarat.

 

Periksa kelayakan roda belakang dan depan. Jika sudah tipis segera diganti, karena kita tidak bisa memprediksi cuaca di perjalanan. Jangan lupa siapkan jas hujan celana dan baju. Jangan pakai jas hujan model ponco karena dikhawatirkan pada kondisi macet jas hujan tipe ini berisiko tersangkut kendaraan di sampingnya.

 

Gunakan pakaian dan jaket yang nyaman dipakai. Jangan memakai jaket yang sempit atau pun terlalu longgar.

 

Pada saat perjalanan pastikan badan dalam keadaan sehat atau fit. Jangan paksa diri kamu untuk terus berkendara karena ingin cepat sampai di tujuan. Istirahatlah di tempat yang teduh dan aman. Taati peraturan lalu lintas atau road safety. Tetap menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari.

 

Selanjutnya hindari membawa barang berlebihan, ataupun menaruh secara berlebihan di bagian depan dekat stang . Kondisi ini akan mempengaruhi manuver dan keseimbangan motor.

Saat berkendara, sebaiknya kamu jangan mudah terbawa emosi terhadap pengendara lain sehingga terlihat seperti orang balapan dengan pemotor lain di jalan.

 

Tips berikutnya adalah seputar pengisian bahan bakar. Coba Isi bensin kembali di SPBU terdekat walaupun kondisi penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kamu tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan. Intinya persiapan adalah yang utama ketika kamu ingin mencicipi pengalaman touring.