Ini Produk Motor Asli Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Siapa sangka bahwa terdapat produk motor asli Indonesia yang beredar di pasaran. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa industri motor Indonesia cukup menarik perhatian. Ada beberapa brand yang memang datang dari perusahaan lokal. Apa saja produknya? Berikut ini daftarnya.

Motor asli Indonesia

Viar, motor asli Indonesia

Viar 

Motor asli Indonesia ini sangat terkenal di pasaran domestik. Banyak yang menyangka Viar adalah brand asli China namun ini adalah asli Indonesia. Produk sepeda motor tiga ini punya pabrik perakitan yang berlokasi di Semarang. Pihak Viar sendiri mengakui bahwa mereka adalah pemilik merk dan bukan agen saja. 

Secara prinsip memang Viar dimiliki oleh perusahaan lokal Indonesia. Hanya saja ada beberapa komponen yang harus diimpor dari negara lain terutama Taiwan. Memang kamu banyak mengenal produk Viar dari sisi niaga atau motor roda tiga. Namun, Viar juga memproduksi sepeda motor untuk segmen lain. Pabrikan ini sudah memproduksi motor adventure, motor touring bahkan motor listrik.

Motor asli Indonesia

Gesits, motor asli Indonesia

Gesits

Merk motor asli Indonesia ini sempat terkenal beberapa waktu lalu. Gesits merupakan motor listrik yang punya penampilan cukup mirip dengan Honda Vario. Uniknya motor ini membuat masyarakat penasaran karena sempat dicoba oleh beberapa menteri bahkan oleh Presiden. Apalagi motor ini merupakan motor listrik pertama buatan Indonesia yang dijual ke pasaran.

PT Garasindo yang bekerjasama dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) yang merupakan produsen dari motor ini. Bahkan nama Gesits pun merupakan gabungan dari dua entitas tersebut. Tentunya keduanya juga menjadi kebanggaan Indonesia ya. 

Lalu bagaimana dengan harganya? Motor listrik ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 24 jutaan per unit. Memang harga itu tidak terlalu mahal untuk sekelas skutik 150cc. Salah satu hal yang menjadi daya jual utama Gesits adalah penghematan yang bisa dilakukan.

Motor asli Indonesia

Kaisar, motor asli Indonesia

Kaisar Motorcycle

Kaisar Motorindo Industry yang berdiri pada 15 Januari 2003 merupakan produsen dari merk Kaisar. Tentu saja ini berarti Kaisar merupakan produk motor asli Indonesia. Perusahaan ini awalnya bergerak di bidang perakitan sepeda motor di Bogor. Namun akhirnya sampai saat ini Kaisar dikenal sebagai merek lokal secara nasional. 

Sebagai motor asli Indonesia, Kaisar juga menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di Indonesia. Rangkaian produknya juga cukup unik misalnya motor Ruby V250 yang memiliki desain klasik dan mewah baik dari segi desain hingga mesin V2. Tentunya Kaisar juga memiliki produk untuk segmen niaga. 

Kaisar memiliki lini Triseda yang terdiri dari varian standard, RX, dan XP. Bahkan, Triseda juga sudah memecahkan rekor MURI sebagai motor roda tiga terkuat di kelasnya dengan menarik truk kontainer seberat 20 ton. Wah tentunya jadi kebanggaan produk motor asli Indonesia nih! 

Motor asli Indonesia

Happy, motor asli Indonesia

Happy

Motor asli Indonesia berikutnya adalah Happy. Banyak yang menyangka bahwa motor satu ini berasal dari China. Tapi sebenarnya motor ini berasal dari Indonesia.  Happy merupakan produk motor yang dinaungi PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor.

Awalnya hanya sebuah pabrik perakitan di Malang, perusahaan ini lantas berkembang menjadi produsen motor dan sudah punya banyak dealer dan channel di berbagai wilayah. Happy memang terkenal sebagai salah satu merk motor roda tiga melalui keluarga Perkasa. Namun, brand ini juga merilis sepeda motor trail (Happy Trail RX200) dan motor sport berdesain retro (Happy Klasik CS200).