Begini Daftar Perbedaan Mesin Motor Honda dan Yamaha

Produsen motor Honda dan Yamaha termasuk yang memiliki persaingan cukup ketat di pasaran. Merk ini termasuk yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Jika kamu sedang memilih antara motor Honda dan Yamaha, ternyata ada perbedaan yang perlu diketahui seputar mesinnya. Seperti apa?

Segi Responsivitas Kecepatan

Salah satu yang cukup membedakan antara teknologi motor Honda dan Yamaha adalah dari segi responsivitas kecepatan. Motor buatan Honda umumnya memiliki responsivitas rendah terhadap kecepatan. Namun suspensi dari motor Honda membuat motornya jadi lebih nyaman apalagi saat dipakai pada jalanan yang tidak rata.

Untuk Yamaha sendiri memang memiliki motor yang punya responsivitas yang baik terhadap kecepatan. Mesinnya juga lebih ramah lingkungan. Hanya saja suspensi dari motor Yamaha bisa dibilang rendah. Namun hal ini ditutupi dengan kelebihan motor Yamaha untuk berkelok di jalanan yang punya kontur tingkungan tajam.

Ketahanan Mesin

Hal yang perlu diperhatikan antara motor Honda dan Yamaha adalah dari segi ketahanan operasional mesin. Ketahanan operasional mesin ini adalah kemampuan yang dapat ditujukan oleh mesin secara optimal terutama ketika dipakai dalam waktu yang panjang dan non-stop.

Untuk aspek ini memang harus memakai penelitian yang komprehensif. Namun secara umum banyak pakar yang mengungkapkan bahwa ketahanan operasional motor Honda lebih baik bila dibandingkan oleh Motor Yamaha. Terdapat berbagai uji coba yang menonjolkan ketahanan Motor Honda.

Banyak yang mengatakan bahwa mesin motor Honda bisa dipakai selama 40 jam non-stop. Sementara motor Yamaha hanya dipakai selama 30 jam non-stop. Nilai ini didapatkan dari uji durabilitas yang dilakukan pada motor Yamaha Mio M3 125 dari pabrikan Yamaha dengan Honda Beat eSP dari pabrikan motor Honda.

Bahan Bakar

Tentunya sebagai pengguna, bahan bakar motor irit juga termasuk pertimbangan saat membeli motor. Berhubungan dengan bahan bakar, Honda memang menjadi salah satu brand yang dikenal dengan motor yang memiliki teknologi untuk menghemat bahan bakar.

Teknologi Honda untuk menghemat bahan bakar sudah dipercaya sejak lama. Sampai saat ini, bahan bakar Honda memang lebih hemat bila dibandingkan dengan Yamaha. Meskipun memang Yamaha terus berusaha untuk memberikan kemampuan untuk menghemat bahan bakar.

Teknologi Mesin

Salah satu yang menjadi pembeda antara mesin motor Honda dan Yamaha adalah teknologi mesin yang diberikan. Kedua brand besar ini memang terus melakukan inovasi secara besar-besaran guna menarik hati konsumen. Sebut saja Yamaha yang hadir dengan teknologi Blue Core untuk membuat mesin semakin tangguh dan hemat bahan bakar.

Honda juga kemudian datang dan berinovasi untuk menghadirkan mesin yang dilengkapi dengan mesin PGM-FI untuk membuat pemakaian bahan bakar motor Honda lebih irit dari segi bahan bakar.

Keawetan Mesin

Selain ketahanan mesin yang dipakai terus menerus, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah keawetan mesin. Dari tingkat awet mesin motor ini bisa melihat bagaimana motor bisa memberikan performa optimal tanpa perlu mengalami masalah. Tentunya tingkat keawetan mesin ini memang harus diteliti lebih lanjut.

Terdapat beberapa faktor yang harus dilihat mengenai keawetan mesin motor. Salah satunya adalah proses perawatannya. Jika proses perawatan dilakukan dengan baik maka mesin akan lebih awet. Jadi tentunya disesuaikan dengan bagaimana pemilik motor merawat motornya masing-masing.

Jika dilihat dari segi garansi yang diberikan oleh produsen, Yamaha akan jauh lebih awet karena garansinya lebih lama karena diberikan hingga lima tahun. Untuk motor Honda sendiri sekitar tiga tahun. Meski demikian hal ini memang menyesuaikan dengan kondisi motor itu sendiri.