Bocoran Honda Vario 160 yang Diluncurkan 2021

Para pecinta motor matic akan bersiap menyambut varian terbaru dari Honda. Setelah mengumumkan akan meluncurkan PCX 160, ternyata para pecintanya juga dikejutkan dengan kehadiran Honda Vario 160. Keduanya merupakan motor skutik yang memiliki platform mesin yang sama.

Di varian sebelumnya yaitu seri 150, keduanya memiliki dapur pacu SOHC dengan 2 katup berkekuatan mesin 159 cc. Produk yang sedang dijual di pasaran ini memang memiliki kemiripan. Hanya saja performa keduanya sedikit ada perbedaan. PCX memiliki power 10,8 kW pada 8.500 rpm. Sementara Vario, powernya 9.7 kW di 8.500 rpm. Lantas seperti apa produk honda terbaru ini? Apakah menyerupai dengan PCX 160?

Bocoran Fitur Honda Vario 160

Tentunya para pecinta motor sekutik penasaran mengenai varian terbaru Vario 160. Akankah lagi-lagi bersaing dengan PCX? Dalam varian terbaru ini, Honda akan mengembangkan mesin eSP+. Selain itu, generasi terbaru Honda Vario 160 akan memiliki dapur pacu yang ternyata sama dengan PCX 160.

Honda akan menyematkan mesin eSP+ 156 cc dengan 4 klep. Untuk bore x stroke: 60,0 mm x 55,5 mm dan rasio kompresi 12:1. Mesin satu ini akan mengeluarkan tenaga 15,8 dk pada 8.500 rpm serta torsi 15Nm pada 6.500 rpm.

Meski dari mesin memang akan sama dengan PCX 160, tetapi Honda memang membuat Vario berada di bawah PCX dari segi positioning. Dengan demikian, Vario tidak akan mendapatkan fitur canggih yang ada di motor PCX. Beberapa fitur yang ada di PCX antara lain rem cakram depan dan belakang, kontrol traksi HSTC hingga fitur Anti-lock Braking System atau ABS.

Namun fitur ini masih belum diketahui apakah akan ada pada Vario 160 atau tidak. Namun melihat positioning, maka fiturnya mungkin tidak sebagus PCX. Honda Vario sendiri sebenarnya berkompetisi secara langsung dengan kompetitornya yaitu Yamaha Aerox 155. Bila memang Vario 160 mendapatkan upgrade, pastinya akan bisa lebih unggul bila dilihat dari sisi mesinnya.

Positioning Vario 160

Setiap motor pastinya punya positioning untuk menyesuaikan kebutuhan para penggunanya. Jika ditinjau dari segmen pasarnya, Vario memang menyasar segmen yang lebih rendah bila dibandingkan PCX. Hal tersebut bisa dilihat dari segi desain. Motor Vario akan dibuat lebih ramping dan modern.

Selain itu, ada bocoran yang mengatakan bahwa Honda Vario 160 tidak memiliki fitur yang terlalu advance.  Bila berdasarkan segmen pasar, keluarga Vario dibuat untuk menyasar segmen yang lebih rendah dibanding PCX. Dari sisi desain, motor ini kabarnya akan menjadi lebih ramping dan modern. Tak hanya dari segi desain, tentu saja teknologi juga ikut menyesuaikan.

Salah satunya adalah Honda Vario 160 yang tidak akan dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan rem ABS. HSTC ini berfungsi untuk mencegah ban selip karena bisa mengatur putaran roda belakang. Hingga saat ini memang pihak Honda belum memberikan spesifikasi secara rinci. Pastinya sangat ditunggu oleh para pecinta motor Vario ya.