Tiger jazzy Yang Milenial Dan Kekinian Yang mengubah Tiger Garang Jadi Ramah.

Honda Tiger tentu saja layak mendapatkan gelar nya sebagai legenda Honda. Betapa tidak motor ini adalah pelopor dari motor touring tanah air yang selalu menjadi primadona sejak awal kemunculan nya.

 

Kehandalan mesin dan performa nya yang memang mengesankan itu menjadi modal utama Tiger dalam menarik hati para penggemar nya.. Penampilan nya yang progresif juga sekaligus menjadi trend setter dalam desain dan penampilan yang kemudian seolah menjadi contoh bagi motor-motor lain di kelas nya.

 

Hal itu pulalah yang menjadikan Honda Tiger banyak dicari oleh para custom bike antusiast yang berminat untuk melakukan modifikasi atau perubahan-perubahan terutama dalam hal penampilan motor yang satu ini.

 

Kapasitas mesin yang lumayan besar ini memberikan keleluasaan pada para penggemar motor custom untuk melakukan modifikasi yang diinginkan. Mesin 200 cc nya menjamin motor ini tidak akan kekurangan tenaga setelah mengalami modifikasi yang kemungkinan besar akan memberikan beban lebih pada mesin.

 

Selain itu harganya yang relatif sangat bersaing juga menambah daya tarik dari Honda Tiger sehingga para penggemar motor custom seolah berlomba-lomba untuk dapat mewujudkan kreatifitas mereka pada motor ini.

 

Modifikasi yang dilakukan pada motor ini terlihat memiliki karakter yang kuat dan mempunyai ciri khas yang menonjol bila dibandingkan dengan modifikasi yang sering kita jumpai.

 

Kesan Jazzy terlihat menonjol dalam konsep desain modifikasi motor Tiger ini. Hasil akhirnya adalah motor yang terlihat sangat casual, sporty dan sekaligus berkelas.

 

Japs Style terlihat menjadi inspirasi utama dalam modifikasi nya. Meskipun demikian sekilas terlihat pula nuansa bobber dan vintage dalam konsep desainnya.

 

Dengan konsep desain modifikasi seperti ini motor ini dengan mudah dapat digolongkan kedalam kelompok caffe racer dan Japs style retro yang berhasil.

 

Kesan Jazy nya sendiri tampil terutama dari bentuk tangki bahan bakar custom yang simpel dan elegan. Tangki bahan bakar ini tampil dengan manis tetapi tetap tampak jantan.

 

Ban tapak lebar yang dipasang pada motor ini tampak terinspirasi oleh bobber style. Warna bobber dalam konsep desain modifikasi motor ini menambah tampilan casual dari bodynya secara keseluruhan.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Honda Tiger.

 

Tipe Mesin OHC, 4 Tak
Volume Dapur Pacu 196,9cc
Sistem Pendingin Udara
Bore × Stroke 63,5 × 62,2mm
Transmisi 6 Percepatan, 1-N-2-3-4-5-6
Rasio Kompresi 9,0 : 1
Power Maksimum 17 PS / 8,500RPM
Torsi Maksimum 1.6 kgf.m / 7,000RPM
Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Kapasitas Oli 1 liter
Dimensi 2,029 × 747 × 1,124mm
Jarak sumbu roda 1,327mm
Jarak terendah ke tanah 155mm
Kapasitas tangki 13,2 liter
Rangka Diamond
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Swing Arm, Double Shockbreaker
Ban depan 2.75 – 18 42P
Ban belakang 100/90 – 18 M/C 56P
Rem depan Cakram hidrolik, double piston
Rem belakang Tromol (Tiger 2000 SC)
Aki / Baterai 12V – 7Ah
Pengapian DC-CDI, Magneto
Busi ND X 24 EP – U9/MGK DP8

 

Mesin

Dapur pacu 200 cc  dari Tiger ini sangat dapat diandalkan dan menjadikan nya motor ini ideal sebagai motor touring tanpa khawatir akan kekurangan tenaga pada saat melewati medan terjal berbukit.

 

Rangka body

Rangka bakbone frame dari Honda Tiger memang dinilai efisien dan ekonomis untuk menjadi rumah dari mesin dengan kapasitas lumayan ini

 

 

Setang

Setang lebar dengan raiser menjadikan motor ini tampak lebih gagah dan mudah dikendalikan. Selain itu posisi setang yang relatif tinggi juga memungkinkan posisi mengemudi yang lebih tegak sehingga akan terasa lebih relax dan nyaman terutama untuk perjalanan jarak jauh.

 

Grip setang

Grip setang yang dilengkapi dengan reflektor lamp memang lazim dipasang pada motor-motor dengan stang lebar

 

Set Lampu

Head light memakai lampu desain bulat yang menguatkan gaya retronya. Ukurannya pun cukup besar sehingga tampak proporsional dan menyatu dengan konsep desain keseluruhan.

 

Fork

Suspensi depan nya tidak mengalami perubahan apa-apa. Perubahan yang terlihat hanyalah cover fork yang memberikan kesan kekar pada motor ini terutama dari sisi muka nya.

 

Shock

Shock springnya juga tampak memakai cover ala vintage klasik dengan desain minimalis yang elegan. Cover seperti ini memang banyak dijumpai pada motor-motor klasik.

 

Spedometer

Speedometer analog yang minimalis tampak cocok bertengger diatas lampu retronya. Speedometer dan lampu minimalis terlihat sangat harmonis satu satu sama lain.

 

Tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar dengan ukuran yang cukup besar dan bentuknya gemuk bundar dapat menampung volume BBM yang cukup untuk jelajah jarak jauh. Tangki bahan bakar ini kemudian dipadankan dengan body cover samping yang tampak cocok dan pas.

 

Jok

Jok Jap style tampak mempunyai desain tebal dan tampak agak berbeda dengan desain Jap style yang umumnya kita lihat. Melihat proporsi antara tangki bahan bakar dan joknya tampak jok ini lebih cocok untuk disebut sebagai jok semi single seater.

 

Knalpot

Muffler cone pendek terlihat berdesain minimals dengan warna chrome yang tampak kontras dengan warna orange dari tangki dan bodynya.

 

Spakbor dan tail

Modifikasi pada tail dan spakbor memberikan kesan tersendiri dan memberi ciri khas pada bentuk Tiger ini. Model tail dan spakbor yang diadopsi disesuaikan dengan konsep desain modifikasinya.

 

Velg

Velg hitam menimbulkan kesan ban yang lebih besar dan memunculkan nuansa bobber pada motor Honda Tiger ini.

Dimensi visual dari ban yang besar ini memberikan proporsi keseluruhan yang baik dan memberikan kesan stabil.

 

Ban

Ban tapak lebar khusus on road menunjukan peruntukan motor ini sebagai motor touring yang dapat diandalkan. Touring on-road dengan jangkauan jelajah yang akan membuat iri motor-motor lain dikelasnya.

 

Rem

Untuk sistem pengereman dipasang sistem cakram di depan dan sistem tromol di belakang. Sistem pengereman seperti ini sangat lazim dan memberikan kombinasi antara keamanan dan kenyamanan yang baik.

 

Warna dan striping

Warna orange segar menjadi tema utama dari motor ini. Warna hitam dari bodinya juga menjadi kombinasi manis yang menempatkan motor ini pada kelas tersendiri.