Intip Gaya Modifikasi Motor Ala Jepang yang Keren

Tren modifikasi ternyata banyak berasal dari negara-negara di Asia. Sebut saja negara Thailand dengan gaya Thai Look yang nyentrik. Salah satu negara yang cukup memberikan inspirasi dalam modifikasi motor adalah Jepang. Penasaran apa saja aliran modifikasi motor ala Jepang yang bisa kamu pilih?

Motor Modifikasi Bosozoku

Modifikasi Gaya Bosozoku

Salah satu tren yang cukup banyak dikenal berasal dari negeri sakura ini adalah Bosozoku. Gaya satu ini bahkan merambah sampai Thailand. Pada mulanya, Bosozoku merupakan geng motor yang berasal dari Jepang. Namun sekarang gaya dari geng motor tersebut diadaptasi menjadi sebuah gaka modifikasi. 

Ada beberapa ciri khas dari gaya modifikasi motor ala Jepang ini. Ciri khas modifikasinya adalah ubahan yang memancing perhatian. Jangan heran jika kamu menemukan modifikasi ekstrim seperti fairing tinggi, stang ala chopper hingga warna atau grafis yang mencolok. Bagian knalpot juga dibentuk sedemikian rupa.

Di Jepang, gaya modifikasi ini banyak diaplikasikan pada berbagai motor dengan berbagai jenis mesin. Sementara untuk di Thailand, gaya Bosozoku banyak diterapkan pada motor-motor kecil, seperti Honda Monkey, Dax ST70, Chaly, dan lainnya. 

Dari gaya modifikasi yang diaplikasikan, penggunaan warna dari Bosozoku pastinya yang mencolok. Tidak ada hanya warna saja, gayanya juga ditambah dengan glitter hingga airbrush yang menarik. Bagian motor juga dipenuhi aksesoris dan knalpot aftermarket. Untuk bagian kaki-kaki, modifikasi ini menggunakan ban berukuran besar atau gambot. 

Modifikasi Japs Style

Modifikasi Japs Style

Modifikasi Japs Style

Jika modifikasi Bosozoku lebih nyentrik, kamu bisa mencicipi gaya retro ala Jepang. Gaya modifikasi motor ala Jepang ini membawa nuansa motor retro ala Jepang. Gaya ini biasa disebut dengan Japs Style. Modifikasi aliran Japs Style ini memang sudah cukup lama beredar.

Sejak tahun 1990-an aliran Japs Style sudah dikenal di Husibuya Tokyo Jepang. Awalnya modifikasi ini memiliki sebutan Braddty Style. Dalam perkembangannya, Japs Style memiliki berbagai macam aliran, antara lain Braty Style, Street Tracker, Flat Tracker, Street Demon, Japaneesse South Carolina, dan juga Cafe’ Racer. Jadi, pada awalnya orang Jepang mencontek gaya builder Amerika yang dikenal dengan desain Socal (South California).

Jika melihat tampilan secara keseluruhan, memang motor ini memiliki gaya seperti motor-motor Amerika. Hanya saja diberi beberapa sentuhan retro ala Jepang yang kala itu sedang banyak digemari. Hingga saat ini pecinta aliran ini tersebar di negara-negara Asia termasuk Indonesia.

Modifikasi ala Jap Style ini hanya menggunakan motor-motor lama buatan pabrik Jepang. Sebut saja motor mulai dari GL Series, CB, bahkan Astrea 800 pun dapat dimodif dengan gaya JAP Style. Modifikasi dilakukan dengan mengganti rangka motor agar sesuai dengan gaya Jap Style yang terlihat sangat macho. Tambahkan pula modifikasi pada ban atau lampu depannya yang dibuat bulat.

Modifikasi Low Rider untuk Motor Matic

Ternyata motor matic di Jepang banyak dimodifikasi dengan stands yang amat rendah, alias ceper. Tak sedikit matic yang eksis di Jepang sudah menggunakan sistem hidrolik untuk menaik-turunkan ground clearance motor. Tak cuma itu, biasanya motor yang dimodif juga sudah diubah jadi sangat panjang secara ukuran.

Gaya modifikasi matic ini termasuk yang paling banyak dipakai oleh modifikator Jepang. Memang agak sulit menerapkannya di Indonesia mengingat perbedaan medan jalan yang dilakukan. Uniknya, modifikasi ini tidak hanya untuk pameran. Motor matic yang sudah dimodifikasi tetap bisa digunakan untuk sehari-hari.