Cara Modifikasi Yamaha Scorpio Jadi Motor Trail

Bagi kamu pecinta motor trail, ada beberapa cara untuk mendapatkan gaya motor trail yang kekar. Salah satunya adalah melakukan modifikasi Yamaha Scorpio. Ternyata kamu bisa melakukan beberapa ubahan sehingga membuat motor trail yang kekar namun tetap bisa nyaman serta membuat kamu jadi lebih aman ketika berkendara.

Gaya Modifikasi Yamaha Scorpio Jadi Motor Trail 

Memang modifikasi ini cukup memakan waktu karena membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 3 bulan. Untuk pengerjaan awal, framing dimulai dengan membongkar total memotong rangka yang tidak diperlukan. Biasanya hanya menyisakan frame bawah mesin, yakni double rangka dudukan khas mesin Scorpio.

Setelah itu pengerjaannya akan  mengikuti sasis milik motor trail seperti KLX. Bahan yang digunakan berupa pipa seamless ukuran 20 mm dan 26 mm.  Langkah selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan sektor kaki-kaki yang kokoh dan seimbang. Bagian Shockbreaker depan akan dipakai dari Honda CRF 85.

Kaki kaki ini bisa mempertegas rebound yang soft dan mampu meredam getaran medan yang ekstrim. Untuk sektor kaki belakang, kamu bisa menggunakan menggunakan shockbreaker KLX dan swing arm aftermarket. Langkah berikutnya adalah memilih ban. Pastikan pemilihannya tepat supaya lebih nyaman. 

Kamu bisa memilih ban depan merek Maxxis Soft 80/100 ring 21 dan ban belakang merek yang sama ukuran 100/100 ring 18. Kedua ban tersebut dipasang pada velg  TK buatan Jepang. Tidak sampai situ saja. Bagian mesin juga di-boreup dari 225 cc menjadi 250 CC.

Modifikasi ini dilakukan agar bagian pengapian bagus dipasang CDI Racing BRT. Dengan begitu, modifikasi Yamaha Scorpio ini bisa menghasilkan raungan mesin yang ciamik, siap melintas segala medan baik aspal maupun berlumpur.

Tak hanya itu, bagian jantung mesin ditanam karbu PE-28 Sudcoo buatan USA. Bagian penggerak, masih mempertahankan gir depan milik Scorpio  dan gir belakang milik KLX yang disambungkan dengan rantai buatan TX. 

Demi mempertajam karakter motor trail, kamu memilih body milik motor trail seperti KLX. Kamu bisa melakukan modifikasi warna sesuai selera. Bisa menggunakan warna putih atau warna gelap dengan sentuhan metalik untuk membuatnya semakin gahar. 

Gaya Modifikasi yang Lebih Retro

Motor trail sendiri juga memiliki look jadul alias retro. Tampilannya ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mau melakukan modifikasi Yamaha Scorpio. Untuk mengubah trail klasik, kamu perlu mengubah bagian rangka belakangnya. 

Untuk mendapat proporsi yang ideal maka tangkinya bikin sendiri alias custom. Untuk desainnya akan mengikuti desain tangki Yamaha DT. Kaki-kaki standar akan diubah sehingga tampak lebih jangkung. Bagian pelek depan menggunakan lingkar 21 inci dan belakang 18 inci. Suspensi depan punya asli Scorpio namun dibuatkan kondom agar lebih kekar.

Tampilannya semakin menarik dengan tambahan setang tinggi yang juga custom. Untuk lampu depan akan memakai Daymaker 5,75 inci. Gayanya sendiri memang tampak seperti trail gahar namun dibuat bersih dan klasik. Bagian catnya juga bisa dibuat semenarik mungkin dengan tambahan stiker pada body. Tertarik untuk membuat modifikasi Yamaha Scorpio jadi motor trail