Royal Enfield Meteor 350 Jadi Incaran, Ini Alasannya!

Kamu adalah pecinta merk motor Royal Enfield? Bersiap-siaplah sebab Royal Enfield baru saja merilis produk baru untuk segmen cruiser di Indonesia. Produk tersebut adalah Meteor 350. Jenis motor ini merupakan penerus dari motor cruiser Royal Enfield yang sudah ada sejak 1990-an. Sebut saja Citybike hingga Lightning.

Pada 2002, Royal Enfield kemudian membawa generasi pertama Thunderbird dan pada 2008 membawa UCE twin-spark Thunderbird. Sebelum membawa Meteor 350, brand satu ini meluncurkan Thunderbird X. Pada peluncurannya kali ini, Royal Enfield menyediakan tiga varian motor dengan harga paling murah ada di angka Rp 85 jutaan. 

Lalu bagaimana spesifikasi dan fitur yang disiapkan untuk motor ini? Motor 350 memiliki mesin 1-silinder 349cc dengan berpendingin udara dan transmisi manual. Dari sinilah motor ini akan menghasilkan 20,2 hp dan torsi 27 Nm pada 4.000 rpm.  Motor ini dilengkapi pelek alloy dan ban tubeless sebagai pilihan standar. Ban depan menggunakan ukuran 100/90 – 19 dan 140/70 – 17 di belakang.

Sementara rem cakram depan 300 mm dan 270 mm di belakang. Motor ini juga memiliki fitur dual channel ABS. Spidometer menggunakan model analog ‘dancing needle’ dengan fungsionalitas layar LCD bakal indikator gigi, pengukur bahan bakar, jam, dan tripmeter. Tersedia juga colokan USB di bawah stang untuk mengaktifkan pengisian daya ponsel saat dalam perjalanan.

Salah satu yang membuat motor ini menjadi incaran adalah fitur terbarunya. Royal Enfield Meteor 350 memiliki fitur pod navigasi TBT (Turn-By-Turn), atau yang dikenal sebagai Royal Enfield Tripper. Ini merupakan sebuah perangkat tampilan navigasi untuk penunjuk arah secara real time yang dirancang dengan Google Maps Platform.

Fitur ini dapat menampilkan rute terbaik untuk mencapai tujuan menggunakan navigasi roda dua dari Google Maps. Dalam keterangan resminya, Royal Enfield mengakui bahwa Meteor 350 adalah seri terbaru dari serangkaian model motor yang sedang disiapkan. Keberadaannya terinspirasi dari kesuksesan model Twin 650 yang diluncurkan dua tahun lalu. 

Meteor 350 tersedia tiga pilihan yakni Fireball Rp85,1 juta, Stellar Rp86,5 juta, dan Supernova Rp87,9 juta. Semua harga masih off the road yang berarti belum dilengkapi surat-surat kendaraan. Tertarik untuk membelinya?