Ubah Motor Bebek Jadi Modifikasi Monkey Bobber, Ini Tipsnya!

Modifikasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu gaya modifikasi yang bisa kamu coba adalah mengubah motor bebek menjadi sesuatu yang lebih gahar. Kamu bisa membuat motor bebek berubah menjadi seperti Honda Monkey yang tampilannya lebih maskulin.

Konsep ini sebenarnya adalah Honda Monkey yang dimodifikasi sehingga alirannya menjadi bobber. Jika kamu tertarik untuk membuat gaya modifikasi ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Sebut saja bahan motornya hingga berbagai perlengkapan yang mendukung gaya monkey bobber.

Kesan bobber biasanya akan terlihat dari pemakaian ban tebal, setang lumayan tinggi, jok rendah single seater, dan bentuk rangka belakang yang melandai. Kamu juga harus memilih posisi duduk yang sesuai. Dengan motor yang kecil, posisi duduk harus tetap diutamakan.  

Salah satu cara agar posisi berkendara nyaman adalah dengan memastikan posisi duduknya agak ke bawah dan setangnya kita bikin agak tinggi. Bentuk rangkanya mengikuti rangka bobber lama, yang kerap disebut drop seat. Dudukan juga sengaja dibuat single seater. 

Pemilihan Bahan Motor 

Sebagai langkah awal sebelum melakukan proses modifikasi, tentu kamu harus memilih bahan motornya dulu. Untuk basis atau motor yang digunakan dianjurkan untuk memakai motor bebek yang masih menganut sistem karburator. Semua bebek karburator, bisa dipakai tapi yang paling direkomendasikan adalah mesin Honda Karisma, Supra, atau keluarga Astrea Grand.

Ada banyak faktor mengapa kamu perlu memilih motor bebek sebagai bahan kustom. Ternyata menggunakan jenis bebek dinilai lebih efisien dari segi harga dan waktu. Salah satu syarat jika ingin bangun dari motor bebek adalah pilih yang 125 cc seperti Karisma. Salah satu faktornya karena tenaganya sudah cukup untuk bawa motor dengan ban besar.

Apalagi konsep modifikasi Monkey Bobber adalah tubuh kecil tampilan kekar. Sebenarnya konsep modifikasi ini memang belum banyak digarap di Indonesia. Aliran kustom ini umumnya jadi favorit di Thailand dan Jepang. Tetapi di Thailand dan Jepang rata-rata menggunakan bahan dari Honda Super Cub 125 yang baru. Di Indonesia agak sulit mendapatkannya maka banyak menggunakan motor bebek jadul.

Proses Pengerjaan 

Proses pengerjaan membangun monkey bobber agak sedikit rumit karena seluruh rangka bawaan motor harus diubah. Kamu harus mengubah motor ini hampir 100 persen. Sebab, komponen utuh yang masih digunakan hanya mesin saja. 

Ubahannya yang bisa dibilang total ini dilakukan dari seluruh aspek. Sebut saja mulai dari rangka hingga tangki. Untuk modifikasi ini biasanya akan ditiru dari Honda Monkey yang asli. Sementara untuk bagian kaki-kaki biasanya akan menggunakan ring 14. 

Untuk menambah kesan gambot, suspensi juga harus dimodifikasi. Umumnya menggunakan suspensi depan berjenis upside down aftermarket dipadukan dengan suspensi monoshock di belakang.

Selebihnya untuk pemanis, pada bagian depan sudah menggunakan lampu LED Daymaker, single seater, knalpot aftermarket, sein LED, dan juga setang yang dibuat meninggi. Tentunya kamu harus tetap memperhatikan kelengkapan jalan motor. Sebut saja harus ada spion, lampu dengan belakang, plat nomor dan pastinya sein. 

Biaya yang Harus Disiapkan

Tentu pertanyaan berikutnya adalah berapa biaya yang harus kamu siapkan. Hal pertama adalah menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan motor yang dibutuhkan variatif namun berkisar di angka Rp 5 juta. Sementara untuk modifikasi membutuhkan uang sekitar Rp 20 juta. 

Pengerjaannya harus bersabar karena cukup lama. Mungkin kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 bulan. Sebelum memulai modifikasi biasanya akan dilakukan restorasi dari bahan motornya agar nyaman dipakai.