Jangan Asal Modifikasi Kaki Kaki Motor, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Modifikasi kaki kaki motor menjadi salah satu yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tidak hanya mengubah penampilan saja, modifikasi kaki kaki tersebut juga bisa membantu performa motor. Sayangnya kamu jangan sampai asal dalam melakukan modifikasi. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan modifikasi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Kaki Kaki

Ketika kamu ingin melakukan modifikasi kaki kaki, ada baiknya kamu memperhatikan kualitasnya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bagian yang aman untuk diganti. Tak hanya memperhatikan gaya saja, namun perhatikan keamanan juga.

 

Hindari Pemakaian Aksesoris Murah

 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah aksesoris atau komponen murah. Kamu bisa memakai limbahan motor lain yang sudah teruji dari pabrikan. Pilih yang sesuai dengan ukuran serta patokannya. Ketika memilih lengan ayun untuk Honda CB 150R dan Yamaha Vixion, pilih velg yang sudah memiliki cakram. Daripada menambah cakram sendiri, tentunya akan lebih ribet. 

Ganti Part yang Sederhana

 

 

Jangan terlalu ribet dalam melakukan modifikasi kaki-kaki motor. Gunakan bagian yang sederhana dan aman supaya tidak repot. Misalnya kamu bisa mengganti velg dengan lengan ayun. Ukuran ban juga perlu disesuaikan.

Saat memilih ukuran, pastikan pas dan tidak mengubah komponen yang ada di sekitarnya. Untuk ukuran ban ada baiknya tidak beda jauh dengan ukuran asli. Komponen ban menjadi hal penting dalam menjaga keselamatan. 

 

Perhatikan Fungsi Kenyamanan Suspensi

 

Suspensi boleh diganti tapi jangan memperhatikan fungsi dan kenyamanan. Banyak orang yang melakukan kanibal komponen. Dengan demikian, hal ini tak sebanding dengan harga. Pilih yang paling sesuai dengan dimensi dan bobot motor agar berfungsi maksimal.

Tips Merawat Modifikasi Kaki Kaki Motor Agar Awet

Setelah memahami modifikasi kaki kaki yang tepat, saatnya mengetahui cara untuk merawatnya. Misalnya jangan membiarkan shockbreaker kotor.  Merawat bagian belakang motor yang satu ini bisa dikatakan tidak terlalu rumit. Apalagi di bagian belakang motor tipe matic, sport atau bebek rata-rata posisinya di luar.

Sebab karena posisinya ada di luar, pemilik motor mesti rajin merawatnya. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah komponen yang ada di dalam dalam per. Hal ini harus rajin dibersihkan. Ketika sudah terkena kotoran, langsung siram dengan air bersih. Jangan sampai tunggu kering sehingga  susah untuk dibersihkan. 

Selain itu, kamu bisa memakai kain lap bersih serta kuas untuk membersihkan kotoran terutama di area dalam pegas dan as. Kotoran yang melekat jika dibiarkan bisa membuat karat pada pipa. Kondisi ini bisa merusak bagian shock breaker. Jika sudah ada karat maka agak susah untuk diservis. Sebenarnya merawat modifikasi kaki kaki itu mudah. Hanya saja banyak orang yang menganggap kotoran tersebut sepele. 

Selain menjaga kebersihan, kamu juga harus menjaga beban. Tujuannya agar tidak mengalami overload atau mentok akibat kelebihan beban. Dengan demikian kaki kaki motor yang sudah dimodifikasi bisa jauh lebih awet.