Modifikasi Motor Matic Agar Nyaman Dipakai Ibu-Ibu

Motor matic memang menjadi pilihan bagi perempuan untuk berkendara. Tidak hanya karena pemakaian yang mudah, motor matic juga lebih ringan saat dibawa. Jika kamu ingin memakai motor matic untuk perempuan, ada sederet modifikasi yang bisa digunakan. Tentunya dengan pilihan motor matic yang juga tepat untuk para ibu-ibu ini.

Modifikasi Motor Matic untuk Ibu Ibu

Modifikasi terkadang perlu dilakukan untuk membuat motor semakin nyaman. Tidak hanya modifikasi dari segi tampilan fisik motor saja. Ada beberapa bagian yang membuat motor semakin aman dan nyaman dipakai. Salah satunya adalah modifikasi bagian CVT. Modifikasi ini bisa membuat tarikan mesin semakin mantap.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat melakukan modifikasi. Teknik pertama yaitu dengan mengurangi berat roller CVT. Hal ini akan membuat tarikan pertama akan lebih responsif pada putaran bawah. Namun, ada baiknya kamu jangan menurunkan bobot terlalu banyak. Dengan begitu, putaran atas tetap bertenaga. 

Kemudian, kamu bisa mengganti per CVT standar dengan per CVT racing. Jenis per ini mampu membuat mesin lebih bertenaga di putaran bawah. Untuk ukuran per CVT racing sesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika mesin pada motor matic masih standar lebih baik pilih per CVT racing dengan ukuran 1000 sampai 1500 RPM.

Kamu juga bisa melakukan modifikasi atau mengganti bagian kampas gandanya dan rumahnya. Pada bagian rumah yang dimaksud adalah mangkuknya yang digunakan sebagai tempat kampas ganda. Dengan modifikasi motor matic ini dapat mengurangi suara bising dari mesin. 

Apa yang bisa dilakukan untuk bagian ini? Rumah atau mangkok kampas gandanya dapat dilubangi. Hal itu bertujuan agar kotoran yang berasal dari kampas ganda ini ikut terbuang ketika rumah atau mangkunya berputar. Dengan demikian motor tidak lagi mengeluarkan suara bising. Sebagian besar debu alias kotoran ikut terbuang ketika pengendara menggunakan motor tersebut.

Lalu sebaiknya hindari penggunaan modifikasi yang bisa membahayakan. Salah satunya adalah menempelkan sarung tangan pada setang motor. Hal tersebut terkadang dipakai untuk mencegah tangan terkena sinar matahari langsung.

Dengan model yang melekat pada bagian stang, otomatis sarung tangan ini tidak fleksibel melindungi tangan ketika terjadi musibah. Perlu kamu ketahui bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang akan merespon pertama saat terjadi kecelakaan ketika berkendara motor.

Jenis Motor yang Cocok Dipakai Ibu Ibu

Setelah mengetahui modifikasi motor matic yang bisa kamu lakukan, sekarang saatnya memahami jenis motor yang cocok bila dipakai oleh ibu-ibu. Apa saja merk motornya? Ini dia daftarnya

  1. Honda Vario

Motor satu ini cocok banget buat ibu-ibu apalagi yang sering berbelanja ke pasar. Motor ini memang tidak terlalu tinggi yakni sekitar 1091 milimeter saja. Dari segi berat memang sangat ringan yakni cuma 99.3 kilogram saja. Tentunya akan lebih seimbang kalau dipakai untuk membawa barang belanjaan dalam jumlah banyak sekalipun.

  1. Honda Beat

Tinggi motor memang jadi pertimbangan penting bagi para perempuan. Honda Beat sendiri hanya memiliki tinggi yakni sekitar 1072 milimeter saja. Ukurannya pun juga bisa dikategorikan langsing, karena beratnya cuma 93 kilogram saja. Tentu saja hal ini akan membuat para ibu semakin aman saat berkendara. 

  1. Yamaha Mio

Motor berikutnya yang bisa menjadi pilihan bagi para ibu-ibu adalah Yamaha Mio. Motor satu ini juga cuman punya tinggi 1050 mm dan berat 92 kg. Motor ini pas dipakai ibu-ibu bertubuh mungil. Apalagi ruang pijakan pun cukup luas yaitu sekitar 1260 mm. Tentunya cocok untuk ibu-ibu menaruh barang.