Ini Motor yang Cocok Dimodifikasi, Cocok untuk Pemula!

Banyak orang yang ingin mencoba melakukan modifikasi. Selain bisa sebagai ajang kreativitas, modifikasi motor juga bisa jadi hobi yang menyenangkan. Jika kamu baru mencoba hobi satu ini, ada sederet motor yang cocok dimodifikasi. Motor ini sangat cocok untuk para pemula. Selain itu, ketahui pula tips dan trik saat melakukan modifikasi.

Daftar Motor yang Cocok Dimodifikasi

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah memilih motor yang dijadikan bahan modifikasi. Tentunya sebagai pemula, cari motor yang memang untuk dimodifikasi. Dengan begitu, proses modifikasi akan berjalan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Berikut daftarnya.

Honda CB series

Siapa yang tidak kenal Honda CB series. Motor ini sebenarnya terdiri dalam beberapa varian, seperti Honda CB 100, CB 125, dan lain-lain. Sampai sekarang motor ini masih sangat banyak penggemarnya. Maka masih banyak orang yang memakainya untuk aktivitas sehari-hari. 

Honda CB sering menjadi bahan restorasi atau mengembalikan tampilan seperti aslinya seperti dulu saat masa jayanya. Namun banyak juga yang melakukan modifikasi pada Honda CB mengikuti aliran yang cukup populer seperti cafe racer, scrambler, tracker, dan lain-lain. Ketersediaan spare part yang masih melimpah juga jadi alasan motor ini masih sangat digemari.

Vespa

Motor asal Italia ini pastinya tak lepas dari sentuhan modifikasi atau restorasi. Apalagi rata-rata penggemar bisa dibilang sebagai penggemar garis keras. Namun sebenarnya Vespa lebih banyak direstorasi karena berhubungan dengan usia motor. Meski ada juga yang suka melakukan modifikasi.

Sementara itu, varian yang tersedia juga di pasaran cukup beragam. Misalnya seperti Vespa Super, Vespa PS, atau bahkan Vespa PX. Tapi bagi yang awam sebaiknya lebih dulu memahami seluk-beluk Vespa. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa memperoleh unit yang masih memadai. Bila kerusakan cukup parah makan akan menyulitkan kamu sebagai pengguna.

Yamaha RX King

Motor yang cocok dimodifikasi berikutnya dari Yamaha. Motor ini terkenal dengan mesin 2-tak yang punya performa sangat baik. Yamaha RX King juga punya beberapa varian misalnya Yamaha RX-K, RX Special, dan lain-lain. Sementara seri Yamaha RX King sendiri baru muncul di akhir 90-an.

Namun modifikasi yang dilakukan pada motor ini kebanyakan lebih mengarah pada restorasi. Biasanya pemiliknya akan mengembalikan kondisinya seperti semula. Hal ini kerap akan memiliki kebanggaan tersendiri. Namun tentu saja ada beberapa orang yang menjadikannya bahan modifikasi.

Tips Modifikasi Motor Bagi Pemula

Setelah mengetahui motor yang cocok dimodifikasi, sekarang saatnya memahami beberapa tips modifikasi bagi pemula. Beberapa bagian ini bisa jadi referensi kamu untuk melakukan modifikasi bagi pemula. Hal pertama adalah dari segi velg. 

Salah satu fitur motor yang paling umum untuk dimodifikasi adalah velg. Sesuaikan velg variasi dengan tampilan dan ukuran yang ingin kamu pakai. Hal ini akan membuat tampilan motor menjadi lebih gahar.

Hal berikutnya adalah bagian knalpot. Jika ingin mengganti knalpot, ada baiknya memperhatikan kualitasnya. Knalpot berkualitas akan menghasilkan suara yang halus. Knalpot jenis tersebut pun memiliki sirkulasi udara yang bagus. Selain itu, dapat pula menaikkan torsi motor sehingga tidak mengganggu performa.

 

Modifikasi lainnya untuk menambah tampilan motor lebih gaya adalah dengan memasang windshield. Aksesori ini selain memberikan kesan retro pada motor. Namun aksesoris ini juga berfungsi untuk meminimalisir tekanan angin dari depan.

Sebagai modifikasi awal, kamu juga bisa mengganti bagian jok motor. Kamu bisa melakukan custom jok motor sesuai dengan keinginan atau tertarik dengan tema tertentu. Terakhir jika kamu ingin mengubah tampilan fisik motor secara signifikan. Kamu bisa mencoba mengganti stiker body motor. Hanya dengan stickering atau painting, efeknya sudah bisa mengubah penampilan secara drastis pada motor.