Modifikasi Ringan Vario yang Bikin Berkendara Lebih Nyaman

Modifikasi tidak hanya berhubungan dengan penampilan fisik motor saja. Kamu bisa melakukan modifikasi ringan yang pastinya bisa membuat berkendara lebih nyaman. Salah satu motor yang bisa kamu lakukan modifikasi ringan adalah Honda Vario. Motor matic ini pastinya bisa bikin lebih nyaman dengan beberapa modifikasi ringan berikut ini.

Kampas Ganda

Kamu bisa melakukan modifikasi atau mengganti bagian kampas gandanya dan rumahnya. Pada bagian rumah yang dimaksud adalah mangkuknya yang digunakan sebagai tempat kampas ganda. Dengan modifikasi ringan Vario ini dapat mengurangi suara bising dari mesin. 

Apa yang bisa dilakukan untuk bagian ini? Rumah atau mangkok kampas gandanya dapat dilubangi. Hal itu bertujuan agar kotoran yang berasal dari kampas ganda ini ikut terbuang ketika rumah atau mangkunya berputar. Dengan demikian motor tidak lagi mengeluarkan suara bising. Sebagian besar debu alias kotoran ikut terbuang ketika pengendara menggunakan motor tersebut.

Ketika sudah melakukan pergantian kedua komponen tersebut, ternyata tidak hanya mengurangi suara mesin. Kamu akan merasakan berkendara dengan lebih nyaman. Akselerasi di awal juga lebih mantap tanpa adanya gangguan suara yang berasal dari bagian CVT tersebut.

Untuk melakukan modifikasi ringan Vario ini, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pengendara agar Honda Vario semakin terawat dengan baik. Hal ini akan membuat motor tetap dalam kondisi prima ketika dipacu di jalanan untuk menempuh perjalanan jauh sekalipun.

Kamu wajib melakukan pembersihan pada bagian CVT dalam jangka waktu 4 sampai 6 bulan sekali. Hal itu bertujuan untuk membersihkan kampas ganda beserta rumahnya secara maksimal. Walaupun sudah dilubangi bukan berarti seluruh kotorannya dapat terbuang keluar seluruhnya.

Mengubah Bobot Komponen Roller di CVT

Keberadaan roller dalam sistem kerja CVT memiliki peranan yang cukup krusial yakni sebagai pengatur pergerakan sliding primary sheave. Komponen ini bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal, di mana ia akan menjauhi poros putaran yang dikelilinginya.

Keberadaan yang cukup penting tersebut, kamu bisa mengakali komponen roller ini dengan cara yang lebih cerdik yaitu mengubah bobot roller yang biasanya dibekali oleh pabrik dengan beban massa yang cukup berat. Penggunaan roller yang lebih ringan akan membuat kinerja sistem CVT motor kamu akan jauh lebih mulus saat digunakan berkendara.

Perpanjang Jalur Roller

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa roller bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal. Artinya, komponen ini memiliki jalurnya tersendiri di mana kamu dapat mengubah atau mengotak-atik jalur tersebut sesuai dengan preferensi.

Jika kamu mendambakan tarikan mesin motor yang lebih ringan, kamu bisa mengubah jalur tersebut menjadi sedikit lebih panjang. Dengan demikian, komponen roller akan bekerja mengangkat jalurnya lebih tinggi. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin pada putaran teratas dapat lebih berisi dan mengoptimalkan kinerjanya.

Untuk melakukan upgrade pada komponen ini,  kamu bisa langsung membawanya ke bengkel atau dengan mengopreknya sendiri dengan alat yang kamu miliki. Bisa dengan menggunakan mata bor tuner ataupun dengan menggunakan alat bantu yang biasa digunakan untuk mengeruk. Poin utamanya adalah untuk membuat jalur komponen roller tersebut lebih presisi dan landai agar ia dapat bergulir dan berfungsi dengan sempurna.

Ganti Komponen Per

Modifikasi ringan  Vario yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti komponen per yang sudah terpasang. Mekanik bengkel biasanya akan menyarankan kamu untuk menggunakan per yang memiliki karakter lebih keras dan sedikit lebih panjang. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses akselerasi dalam kendaraan.

Produk per CVT ini dapat dengan mudah kamu temukan di bengkel atau toko otomotif yang menjual barang-barang aftermarket. Pada dasarnya, kamu bisa menyesuaikan penggunaan per tersebut sesuai dengan preferensi. Namun juga harus disesuaikan dengan spesifikasi dari motor atau kendaraan roda dua yang kamu miliki.