Gaya Modifikasi Chopper, Ini Tips dan Triknya!

Ada banyak aliran modifikasi yang bisa kamu pilih untuk membuat motor semakin ganteng dan keren. Salah satunya adalah modifikasi chopper. Jika kamu berminat untuk membuat modifikasi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya lebih maksimal.

Langkah Tepat Modifikasi Chopper

Kamu perlu mengetahui langkah-langkah tepat sebelum melakukan proses modifikasi. Sebagai informasi modifikasi chopper ini mengambil kata chop yang artinya memotong. Maka dengan kata lain, kamu memang harus banyak memotong apalagi bagian rangka. Istilahnya kamu harus membuat rangka baru yang sesuai dengan konsep. 

Konsep ini memang menjadi ciri khas bagi rangkanya. Makanya, sasis atau rangka belakang harus dipotong dan dibikin ulang dengan konsep rigid. Sebelum memulai modifikasi, kamu harus memikirkan bagaimana konsep desain hingga budget yang akan dialokasikan untuk membuat motor ini.

Banyak referensi yang bisa didapatkan, seperti melihat karya-karya builder lokal hingga mancanegara. Setelah itu, masuk ke tahap pemilihan bahan, baik untuk frame maupun aksesoris yang akan digunakan.Hal yang paling utama adalah memilih bahan dan diameter pipa rangka yang akan digunakan. Baiknya, diameter rangka harus menyesuaikan dengan basic mesin yang digunakan.

Tentunya, ini akan berpengaruh dengan estetika motor yang akan dibuat. Untuk small engine, biasanya maksimal diameter lingkar luar dari pipa rangka hingga 32 mm. Untuk mesin-mesin moge diatas 450 cc, biasanya menggunakan frame berdiameter 41 mm. Setelah frame dipilih, masuk ke tahap berikutnya yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu pengelasan.

Teknik pengelasan ini harus bagus dan benar. Frame sebagus dan sekuat apapun jika teknik pengelasannya salah maka modifikasi chopper tidak berhasil. Bahan juga harus diperhatikan jangan sampai terlalu berat dan kebesaran pipa. Rangka harus lentur dan desain rangka harus punya center of gravity yang baik.

Setelah selesai urusan rangka dan pengelasan, pindah ke tahap perakitan kaki-kaki. Kenyamanan dan proporsional motor chopper yang akan dibangun adalah hal penting. Untuk mesin-mesin small engine biasanya menggunakan racikan kaki-kaki dengan diameter pelek depan 21 inci dan belakang berdiameter 16-18 inci.

Pelek bagian belakang harus lebih lebar dari pelek depan. Untuk mesin small engine, pelek belakang mulai dari 3,5 inci sampai 4,5 inci. Sedangkan pada bagian depan, mulai dari 1,65 inci hingga 3 inci. Terakhir, kamu masuk ke dalam tahap pembuatan part dan aksesoris pendukung.

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Modifikasi Chopper

Salah satu kunci sukses modifikasi chopper tentunya persiapan. Ada beberapa hal yang kamu perhatikan supaya proses modifikasi berjalan lancar dan pastinya mendapatkan hasil yang terbaik. 

Sesuaikan dana dengan kemampuan 

Jelas dana merupakan faktor yang sangat penting untuk disimak untuk jenis modifikasi apapun. Jangan terburu-buru untuk memodifikasi motor Chopper apabila uangmu belum mencukupi. Lebih baik ditabung terlebih dahulu hingga mencukupi.

Ingat bagaimanapun juga, kamu pasti ingin merasa nyaman dan keren mengendarainya, bukan? Oleh karena itu, persiapkan dana sesuai dengan yang dibutuhkan untuk modifikasi ini. Jangan sampai kamu asal-asalan melakukan modifikasi

Siapkan motor bahan yang tepat

Modifikasi motor Chopper tidak melulu harus melibatkan motor dengan kapasitas mesin yang besar. Modifikasi motor jenis ini bisa juga menggunakan motor Honda GL series. Tak hanya Honda GL 100, melainkan motor-motor seperti Suzuki Thunder 250, Honda Megapro, Yamaha Scorpio, hingga motor Honda Tiger, pun bisa digunakan.

Pilih builder yang terpercaya 

Lakukan riset builder atau modifikator yang akan dipercaya untuk menanganinya. Datangi terlebih dahulu dan lakukan konsultasi mengenai modifikasi chopper yang ingin kamu lakukan. Dengan demikian kamu akan tahu, apa saja yang diperlukan untuk mewujudkan modifikasi motor chopper impianmu.