Modifikasi Motor Matic Tanpa Mahal, Ini Triknya!

Banyak orang ingin melakukan modifikasi motor matic dengan berbagai gaya. Namun sayangnya kerap kali kamu terbentur dengan budget atau dengan dana. Nah, kamu tidak perlu khawatir jika ingin melakukan modifikasi motor matic dengan budget terbatas. Ini dia beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba. 

Menambahkan Wind Shield

Salah satu gaya modifikasi motor matic yang cukup banyak dipakai adalah menambahkan wind shield. Bagian area depan akan terlihat semakin elegan karena memiliki fitur penahan terpaan angin atau Wind Shield. Kamu bisa mendapatkan spare part modifikasi ini dengan mudah di berbagai e-commerce.

Kamu juga perlu melihat ukurannya karena ada wind shield karena ukurannya berbeda-beda. Ada yang dipakai untuk ukuran motor kecil namun ada pula yang besar. Salah satu kelebihan dari cara modifikasi ini adalah langsung Plug and Play alias tinggal pasang. Harga yang murah namun berkualitas adalah sekitar Rp 100 ribuan.

Mengganti Filter Udara

Modifikasi motor matic tidak hanya dilakukan dari segi fisik saja. Kamu juga perlu melakukan modifikasi dari segi kekuatan mesin. Salah satu caranya adalah dengan mengganti filter udara. Dengan demikian, mesin motor matic bisa bernafas lebih baik. Selain itu, cobalah untuk melakukan modifikasi pada bagian knalpot. Kedua hal ini akan meningkatkan torsi dan power motor matic. 

Tampil Keren dengan Ban

Cara berikutnya untuk melakukan modifikasi motor matic menjadi tampil keren adalah dengan melakukan upgrade ukuran ban.Misalnya jika kamu memakai motor matic Yamaha Mio M3 yang memiliki ukuran ban depan 70/90-14 inch. Cobalah untuk menggantinya dengan ban yang punya ukuran 2 tingkat lebih besar dengan ukuran 90/90- 14 inch.  

Modifikasi ban memang memberikan sentuhan berbeda. Sebab, modelnya juga banyak pilihan dari berbagai merk, dari mulai yang termurah seharga Rp 100 ribuan hingga yang termahal dari merk terkenal seperti Michelin, Pirelli, Metzeler dan lain-lain. Kamu bisa menyesuaikan dengan konsep modifikasi yang diinginkan. 

Ganti Lampu Standar ke Lampu Variasi

Mengganti lampu motor standar pabrikan, dengan lampu LED yang lebih terang juga bisa jadi modifikasi motor matic yang terjangkau. Kamu bisa memilih lampu LED variasi dengan berbagai model yang bisa disesuaikan dengan kendaraan. Selain membuat tampilan lebih bagus, lampu LED juga membantu pengendara melihat dengan lebih jelas pada malam hari. Sedangkan untuk motor sport, bisa dengan menggunakan lampu projie agar futuristik dan lebih keren lagi.

Pilih Velg Tapak Lebar

Jika sudah melakukan upgrade ukuran ban, tapi masih terlihat kurang sesuai? Ada cara lain yang bisa kamu pertimbangkan. Cobalah untuk melakukan pergantian velg bawaan yang memiliki tapak ang lebih lebar dan besar. Hal ini akan memberikan tampilan lainnya. 

Kamu bisa mencoba dengan berbagai ukuran. Selain itu, kamu juga bisa memilih motif serta jenis-jenisnya banyak terdapat di marketplace. Harganya bahkan ada yang mulai Rp 250-ribuan. Maka dari itu, kamu bisa memilih velg yang sesuai dengan konsepnya.

Ganti Knalpot  

Tak hanya tampilan saja, mungkin kamu ingin membuat motor matic menjadi lebih sporty dan racy dengan menggunakan knalpot racing. Banyak yang menjual berbagai macam knalpot buat segala jenis motor, termasuk untuk motor skuter matic seperti Yamaha Mio, Honda Vario dan-lain. Harganya mulai dari Rp 250 ribu hingga jutaan rupiah. Tentunya kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.